Kiat Sukses Bangun Bisnis Jajan Pasar Mudah & Minim Resiko Rugi

Peluang bisnis jajan pasar prospeknya memang cerah dan sangat menggiurkan untuk dijalankan. Bahkan bisa dibilang bisnis yang sangat menjanjikan. Salah satu pebisnis yang sukses menjalankan adalah Dinda Rahmawati, pemilik Violetta Snack yang sudah berkecimpung di dunia bisnis jajanan pasar 9 tahun lamanya. Beralamat di Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Berhasil melakoni bisnis jajan pasar yang menggiurkan tersebut Dinda berbagi kisah dan tips yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis jajan pasar ini. Bisnis ini dinilai cukup mudah untuk dijalankan oleh siapapun. Penghasilanya pun tidak bisa dianggap remeh.

Persiapan Bisnis Jajan Pasar

Bisa mencapai omset 200 juta per bulannya. Siapa yang tidak kepengan punya bisnis jajan pasar ini? Nah bagi para pemula yang tertarik dengan bisnis ini perlu mempersipkan beberapa hal yang pokok. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Lokasi Jualan

Hal yang perlu dipersiapkan adalah tempat atau lokasi bisnis. Memilih tempat yang strategis adalah hal utama. Namun sebelum itu terlebih dahulu kita persiapkan produk yang dijual.

Menyiapkan Produk

Sebelum melakukan pembukaan outlet sangat penting sekali untuk menyiapkan produk jajanan pasar. Mempersiapkan produk yang akan dijual ini sangat penting. Jangan pas outlet buka baru menunggu supplier.

Sudah selayaknya bagi pelaku bisnis untuk berinisiatif untuk mempersiapkan produk-produk yang akan dijual. Bisa juga kita membuat produk sendiri atau berkerjasama dengan para mitra atau kolega.

Pada awalnya memang harus mengeluarkan modal untuk membeli aneka macam produk kemudian dijual kembali. Seiring berjalannya waktu nanti pun ada supplier yang berdatangan. Dari yang awalnya hanya 1 hingga 2 orang saja nantinya akan terus bertambah.

Marketing

Selain dua hal pokok diatas yang harus dipersiapkan adalah marketing. Pemasaran produk harus terus dilakukan setiap hari untuk memaksimalkan penjualan. Untuk bisa menjangkau level pasar yang lebih tinggi lagi terapkan sistem menerima pesanan dalam partai besar maupun kecil. Luaskan lagi strategi pemasaran dengan menerima layanan snack box.

Snack box banyak dibutuhkan untuk berbagai acara seperti hajatan, rapat perusahaan, seminar, pengajian dan acara lainnya. Buka dengan harga terendah agar bisa dijangkau semua kelas ekonomi. Misalnya dengan harga mulai dari 5000 hingga belasan ribu tergantung permintaan. Bisa juga pesan produk dengan harga yang premium dan dengan pilihan produk yang lebih premium pula.

Pesan Antar

Kemudahan lainnya yang ditawarkan dari Violetta Snack ini juga menyediakan jasa pesan antar untuk pemesanan snack box dalam partai besar maupun kecil. Bahkan tak ambil pusing mereka juga menerima pesanan sesuai budget. Sehingga para konsumen bisa lebih menyesuikan dengan dana yang dimiliki.

Perbedaan Violetta Snack

Perbedaan Violetta Snack dengan jajan pasar lain mereka melakukan pendampingan kepada semua supplier produk. Sehingga dengan adanya produk yang masuk pastinya sudah melalui sistem pengecekan. Sehingga sebelum produk sampai ketanggan supplier sudah dipastikan produk layak untuk kemudian dijual.

Untuk masalah laku atau tidak semuanya di pasarahkan pada pasar itu sendiri. Jika sekiranya sudah berjalan beberapa waktu namun tidak ada peningkatan bisa lakukan komunikasi antara supplier dengan pihak Violetta Snack.

Kemudian dicarikan solusinya, apakah berasal dari packaging atau lain sebagainya. Mereka pun akan memberikan pendampingan dan dibantu dalam mencarikan solusi terkait masalah yang dihadapi.

Jika dirasa produk memang sudah benar-benar tidak laku dan supplier memang tidak sanggup untuk produksi pihak Violetta Snack masih memberikan kesempatan. Misalnya dengan diberikan kesempatan untuk membuat inovasi produk dan kemudian akan ditest sampelnya.

Target Pasar

Jika dilihat target pasarnya bisa mencakup semua kalangan atau masyarakat luas. Kebutuhan snack untuk masyarakat itu cukup tinggi. Baik untuk acara sederhana maupun acara dengan kapasitas besar. Namun untuk pemesanan snack box kebanyakan datang dari instansi.

Misalnya sekolah, kampus, dan perkantoran terdekat yang berada diwilayah tersebut. Tidak hanya mampu menjangkau instansi di wilayah sekitar namun sudah mencapai instansi di kota Jogja. Contohnya kampus UII hingga instansi terdekat daerah tersebut.

Menjaga Kualitas Produk

Violetta Snack ini benar-benar menjaga kualitas produk dengan cara melakukan pengecekan berkala. Kemudian pendampingan terhadap supplier. Selain itu juga melakukan pelayanan secara maksimal dan pelayanan yang baik. Tidak hanya itu saja mereka juga melakukan pemasaran secara berkala.

Bonus Wujud Perhatian

Sehingga pelanggan yang sudah ada mereka rawat dengan baik. Terkadang mereka menyambangi atau memberikan informasi jika ada produk baru kepada pelanggan. Tidak hanya itu saja mereka juga tidak segan memberikan bonus. Bonus yang diberikan tidak harus besar. Namun sedikit pun jumlahnya adalah wujud perhatian Violetta Snack kepada pelanggan.

Menjaga Kualitas

Pemasaran yang setiap harinya dilakukan adalah dengan menjaga kualitas produk yang dijual. Mengantarkan produk dengan tepat waktu. tak lupa melayani pelanggan dengan ramah dan senyum maka itu bagian dari marketing yang akan disampaikan dari satu orang pelanggan kepada orang lain yang tak lain adalah calon pelanggan.

Manfaatkan Pemasaran Online

Tidak cukup sampai disitu saja, peasaran online pun juga digencarkan. Mereka pun melakukan beberapa penawaran menarik melalui media online.

Penentuan Harga Jual

Dari produk yang dititipkan pada Violetta Snack pastinya ada harga pokok penjualan yang ditawarkan dari supplier. Setelah mencapai kesepakatan dan memang di Violetta Snack sudah ada margin yang ditentukan untuk menentukan besarnya keuntungan dari setiap produk.

Jadi Violetta Snack mengambil sekian persen keuntungan dari produk yang dititipkan. Dilihat juga dair produk yang dititipkan, snack basah yang hanya tahan 1 hari nanti akan berbeda pengambilan persentase keuntungannya dengan snack kering yang bisa tahan dititipkan hingga 1 minggu hingga 1 bulan.

Sumber Daya Manusia

Karyawan yang memproduksi produk di Violetta Snack berjumlah 5 orang. Mereka memproduksi aneka kue, best sellernya adalah blackfores. Kemudian memproduksi aneka bakery dan coklat. Sedikit cerita jadi dulu sebelum bisnis Violetta Snack ini bisnis awalnya adalah kue, coklat, cake, bakery. Beberapa produk tersebut yang diproduksi di Violetta Snack.

Jumlah karyawan yang dimiliki Violetta Snack ini total berjumlah 10 orang. Outlet tersebut buka dari jam 05.00 pagi, jika ada pesanan jam 03.00 pagi maka jam tersebut juga sudah buka. Sistem masuk karyawan shift, ada yang masuk jam 04.00 pagi sampai jam 11.00 siang. Nanti ada yang masuk lagi jam 11.00 sampai jam 16.00 sore.

Sebelum pandemi outlet Violetta Snack ini tutup jam 20.00 dan terkadang sampai 21.00 malam. Jadi memang dibutuhkan banyak tenaga dan juga berpengaruh dengan pelayanan. Dengan banyaknya karyawan yang dipasang dipagi hari, maka bisa melakukan pelayanan dengan cepat. Pengantaran pun bisa dilakukan tepat waktu. Bagian produksi sendiri ada 5 orang karyawan yang melakukan kegiatan porduksi.

Harapan Violetta Snack

Selaku pemilik bisnis jajan pasarn Violetta Snack tentu ingin lebih memperluas jaringan bisnis. Kemudian memiliki keinginan lebih banyak supplier yang bergabung. Dengan lebih banyak memperdayakan ibu rumah tangga dan bergerak untuk membuat produk. Misal belum memiliki ide produk yang akan dibuat bisa datang ke Violetta Snack dan akan diberikan masukan sekiranya snack yang belum tersedia.

Leave a Comment