Jajanan Pasar Cocok Jadi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

jajanan-pasar-cocok-jadi-usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga

Usaha sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang sangat mudah untuk dijalani salah satunya adalah jajanan pasar. Jika kita mendengar suatu usaha pasti yang terlintas dipikiran adalah modal yang besar. Namun tidak dengan usaha sampingan yang satu ini, jajanan pasar jadi usaha yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Mengapa begitu? Usaha jajanan pasar ini bisa dijalankan sebagai usaha sampingan yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang relatif kecil namun mampu memberikan kentungan yang cukup besar. Memulai usaha yang satu ini tidaklah terlalu sulit anda bisa dengan menjual bebebrapa jenis makanan kecil tradisional.

Berbicara mengenai jajanan pasar, sekarang ini jajanan pasar menjadi salah satu makanan favorit masyarakat. Apalagi dengan adanya berbagai jenis makanan yang dijajajakan menjadikan daya tarik tersendiri. Itu salah satu mengapa jajanan pasar ini menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Jajanan pasar identik dengan makanan tradisional yang mana berbagai jenis kue-kue basah. Jajanan pasar sendiri memiliki cita rasa yang khas yang tidak kalah enak dengan makanan modern. Makanan tersebut biasanya sering ditemui dalam acara-acara tertentu seperti hajatan, arisan dan pernikahan.

Peminatnya yang banyak dan dari berbagai kalangan menjadikan salah satu alasan usaha sampingan ibu rumah tangga yaitu jajanan pasar ini menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Jika dahulu kita sering menjumpai berbagai jenis makanan tradsional ini dijajakan dipasaran kini dengan mudah kita dapat menemukan dipinggir-pinggir jalan. Banyaknya para pelaku usaha yang menjajakan jajanan pasar ini membuktikan menjanjikanya usaha yang satu ini. Dibawah ini ada beberapa jenis jajanan pasar yang bisa anda jadikan referensi untuk usaha sampingan.

Jenis Jajanan Pasar Manis

Berbagai macam jajajanan pasar bisa anda jajakan, salah satunya adalah jajajan pasar manis dan dan jajanan pasar gurih.

1. Klepon

Makanan satu ini merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari ketan beras dan berbentuk bulat kecil hijau didalamnya berisi gula jawa dengan taburan kelapa diatasnya. Rasanya yang manis dan gurih menjadikan makanna ini masuk dalam jenis makanan favorit masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peminat akan makanan yang satu ini. Dengan seiring berkembangnya zaman klepon ini muncul dengan berbagai sajian warna warni yang tak hanya enak rasanya namun juga lucu.

2. Nagasari

Jajanan yang satu ini berbahan dasar tepung dan santan dengan topping pisang. Makanan ini biasanya disajikan dalam balutan daun pisang. Rasnaya yang manis, gurih dan legit menjadikan makanan ini salah satu makanan favorit.

3. Kue Talam

Merupakan makanan berbahan dasar tepung sagu, tepung berasa dan pandan. Ciri khas dari makanan myang satu ini adalah warna putih dan hijau. Jajanan pasar ini memiliki rasa yang menis dan legit serta teksturnya yang kenyal.

4. Kue Lapis

Merupakan salah satu makanan yang teoung kanji yang biasanya memiliki tekstur lengket dan memiliki banyak lapisan berwarna-warni. Rasanya yang sungguh manis menjadikan makanan ini banyak digemarai oleh anak-anak.

5. Kue Cucur

Jajanan pasar yang satu ini merupakan salah satu makanan yang memiliki cita rasa manis. Makanan ini terbuat dari tepung dan campuran gula jawa kemudian digoreng. Makanan ini sangat cocok disajikan dengan teh hangat.

6. Lopis

Makanan ini mirip dengan lontong namun lopis ini berbahan dasar ketan yang disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah yang dicairkan. Rasanya yang sangat gurih dan manis menjadikan makanan ini tidak pernah ada bosannya dinikmati, terutama penyuka makanan manis.

7. Mendut

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan nagasari. Namun makanan ini berbahan dasar ketan yang berisikan kelapa parut dan gula jawa manis. Biasanya kita sering menemui makanan jenis ini berwarna hijau.

8. Kue Serabi

Kue yang satu ini merupakan manis yang hampir mirip dengan kue cucur. Makanan ini dimasak dalam tungku. Seiring dengan perkembangan zaman makanan ini disajikan dengan berbagai varian topping. Kini hadir dengan berbagai jenis kue serabi manis dan gurih.

9. Kue Lumpur

Makanan ini berbahan dasar kentang, santan, tepung dan telur. Biasanya disajikan dengan topping kismis dan kelapa muda. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang sangat manis menjadikan daya tarik tersendiri bagi makanan yang satu ini.

Jenis Jajanan Pasar Gurih

1. Gorengan

Makanan yang satu ini tentu sudah sangat tidak asing bagi kita karena sering sekali kita menjumpai makanan yang satu ini. Di jajanan pasar makanan ringan ini tidak boleh terlewatkan. Meski telah sering kita menjumpai dan mengkonsumsi namun pada kenyataanya masyarakat kita tidak pernah bosan. Berbagai jenis gorengan sepert sukun, ubi goreng, piscok, bala-bala, tahu, cireng bisa anda jadikan salah satu jajanan pasar yang wajib dicoba.

2. Onde-Onde

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan berbahan dasar ketan yang dibentuk bulat-bulat besar dengan taburan wijen dan kacang hijau didalamnya. Di beberapa daerah onde-onde ini disajikan dalam beragam warna seperti putih, hijau, merah dan kuning.

3. Lemper

Makanan lemper ini biasanya kita temui diberbagai acara-acara hajatan seperti pernikahan khitanan dan lain sebagainya. Makanan yang satu ini berbahan dasar ketan yang digulung dengan isian abon sapi atau ayam.

4. Dadar Gulung

Dadar gulung biasanya disebut dengan pancake yang merupakan makanan dengan isian kelapa parut dengan gula.jawa. Makanan ini rasanya gurih dan manis menjadikan penikmatnya ketagihan. Seiring dengan perkembangan zaman makanan ini hadir dengan berbagai tampilan unik seperti dadar gulung coklat dengan isian yang beragam.

5. Arem-arem

Jajanan ini mirip dengan lemper namun makanan ini berbahan dasar nasi yang digulung dengan isian sambal goreng sayur dan ayam didalamnya. Makanan ini bisa dijadikan sarapan atau sebagai menu penunda lapar.

Strategi Sebelum Memulai Usaha Sampingan

Sebelum anda memulai untuk usaha sampingan untuk ibu rumah tangga ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan persiapkan. Diantara adalah :

  1. Mencari Lokasi Strategis

Mencari sebuah lokasi usaha untuk berjualan jajanan pasar ini perlu diperhatikan. Pastikan anda mencari lokasi yang strategis yang mudah dilihat oleh semua orang dan usahakan mudah dijangkau oleh berbagai jenis kendaraan. Akses jalan yang tidak sulit dan adanya lahan parkir pada lokasi menjadi nilai lebih.

  1. Mencari Bahan Berkualitas

Usahakan jika anda berjualan jajanan pasar gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik agar tidak mengurangi cita rasa. Dengan menggunakan bahan yang berkualitas maka kualitas makanan yang dijajakan juga akan naik dan nilainya juga tinggi. Maka makanan yang ditawarkan terjamin kualitasanya.

  1. Melihat Selera Pasar

Pastikan jajanan yang anda jual adalah makanan yang benara-benar disukai oleh masyarkat. Maka melihat selera pasar sangat penting adanya guna untuk mengukur jenis makanan apa yang lebih disukai dan bisa menjadi refrensi anda untuk mengembangkan usaha makanan kecil anda.

  1. Promosi Usaha

Gunakan promosi yang tepat pada usaha anda, anda bisa menawarkannya melalui social media seperti instagram atau whatsapp. Salah satu promosi online dengan social media dianggap salah satu cara yang efektif karena akan dengan mudah masyarakat mengenal produk anda.

Demikian adalah strategi yang bisa anda terapkan sebelum memulai usaha jajanan pasar. Semoga dapat memberikan gambaran dan inspirasi usaha untuk anda.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba