Bisnis Snack Lebaran, Kedelai Goreng Dengan Aneka Pilihan Rasa

Menjelang akhir ramadan bisnis snack lebaran diburu oleh banyak konsumen. Permintaan snack saat lebaran tiba pun melonjak tinggi. Tingginya permintaan tak lain karena snack menjadi suguhan favorit saat lebaran. Hal tersebut tentunya menjadi peluang bagi para pelaku bisnis. Salah satu snack yang cukup banyak diburu adalah kedelai goreng. Camilan ini biasanya dikemas dalam beberapa ukuran seperti 1000 gram, 500 gram dan 250 gram. 

Kedelai sendiri merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Kacang kedelai mengandung nutrisi dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan para konsumen. Wajar adanya bila sekarang ini banyak peneliti yang menganggap kedelai sebagai bahan pangan ajaib yang wajib ditambahkan sekitar dua ounce (1ounce = 31,7 gram) setiap harinya ke menu makanan sehat kita untuk membantu melindungi diri kita dari penyakit kanker dan serangan jantung.

Selain diolah menjadi tahu, tempe dan kecap, kacang kedelai ternyata mulai diproduksi menjadi aneka camilan renyah yang bercitarasa gurih dan juga kaya manfaat. Contohnya saja camilan kedelai goreng yang diinovasikan dalam berbagai pilihan rasa. Seperti rasa barbeque, Italian pizza, rasa balado, ayam panggang, sapi panggang, rasa keju, dan lain sebagainya.

Penasaran dengan camilan kedelai tersebut? Berikut ini kami informasikan tentang bisnis snack lebaran dan resep sederhana yang bisa kamu praktekan untuk membuat camilan kedelai goreng dengan beragam pilihan rasa. Namun bagi kalian yang merasa memproduksi sendiri ribet solusinya bisa jualan dengan sistem repacking. Tentunya lebih mudah karena hanya tinggal repacking produk dari kemasan kiloan ke kemasan yang lebih kecil.

Bisnis Snack Lebaran Kedelai

Bisnis snack lebaran kacang kedelai ini termasuk bisnis yang mudah untuk dijalankan. Selain peluangnya cukup besar dan terbuka lebar untuk siapapun. Maka sudah bukan hal baru lagi jika bisnis ini banyak diminati para pelaku bisnis. Permintaannya pun akan datang dari konsumen yang beragam. Jangkauan pasarnya tidak terbatas di satu tempat aja.

Bahkan meski tidak lebaran pun selama masih ada orang yang doyan ngemil, bisnis snack kedelai tak akan kehilangan konsumen dan pasar. Kemudahan lain memilih menjalankan bisnis snack lebaran kacang kedelai ini adalah model bisnis yang beraneka ragam. Diantaranya adalah reseller, repacking dan produksi sendiri. Buat kamu yang mau produksi sendiri bisa contek resep dibawah ini. Bisa juga cari referensi di internet kemudian di inovasikan sesuai dengan selera.

Resep Camilan Kedelai Goreng

Bahan :

  • biji kacang kedelai 250 gram
  • air 750 ml- 1 liter, untuk merendam kedelai
  • bumbu bubuk berbagai rasa (bisa disesuaikan dengan selera, misalnya balado, keju, dll)
  • garam secukupnya
  • minyak goreng 1 liter

Cara Membuat Kedelai Goreng :

  1. Pertama-tama, larutkan 5 sendok teh garam dengan air lalu rendam kedelai semalam. Setelah itu cuci bersih rendaman kedelai dan tiriskan hingga kering.
  2. Langkah kedua yaitu panaskan minyak, goreng kedelai sambil sesekali diaduk hingga terlihat kuning kecokelatan. Angkat gorengan kedelai dan tiriskan hingga minyaknya hilang. (Tips : gunakan api besar ketika menggoreng kedelainya, agar hasilnya lebih renyah dan tidak menyerap minyak)
  3. Terakhir, taburkan bumbu bubuk yang Anda sukai selagi kedelai masih hangat sambil diaduk hingga bumbu tercampur merata dengan gorengan kedelai.
  4. Kemas menggunakan plastik kedap udara dan pasarkan untuk ukuran 225 gram

Mudah bukan? Semoga informasi berita info bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan bisa menjadi salah satu ide bisnis bagi kamu yang sedang bingung menentukan peluang bisnis.

Tips Pemasaran

Gunakan Packaging Menarik

Kemasan yang menarik juga turut membantu menaikkan penjualan. Tentu karena kemasan yang cantik akan menarik minat para konsumen ketimbang kemasan polosan. Seperti yang kita tahu jika kemasan berfungsi tidak hanya sebagai pembungkus saja. Namun dalam dunia bisnis kemasan berfungsi sebagai media marketing sekaligus penyalur informasi penting menyangkut produk.

Sekarang ini juga sudah banyak jasa pembuat desain kemasan yang bantu buatkan kemasan jadi lebih cantik dan menarik. Bahkan bisa custom sesuai dengan keinginan kamu. Bisa menggunakan stiker, sablon, printing dengan berbagai model kemasan dan dengan bahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk.

Manfaatkan Marketplace

Marketplace adalah salah satu platform digital marketing yang digunakan para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya agar dikenal lebih luas. Lebih tepatnya tempat berkumpulnya para bisnis diseluruh Indonesia. Media ini adalah perantara antara penjual dengan pembeli di media online.

Marketplace yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis ada beberapa macam, diantaranya adalah shopee, tokopedia dan lazada. Penjualan melalui marketplace ini dinilai sangat efektif karena mampu menjaring pasar yang lebih luas lagi.

Andalkan Internet

Di era modern ini pemasaran dengan menggunakan internet sangat dibutuhkan. Peran dari internet sangat besar membantu untuk menaikkan penjualan hingga 2 kali lipat. Manfaatkan media sosial paling rekomendasi ini seperti instagram, tiktok, whatsapp dan juga youtube.

Jangan lupa untuk membuat konten yang berkaitan dengan produk. Buat konten yang simpel namun menarik, dengan pemilihan gambar yang berkualitas baik. Padukan konten edukasi, informasi dan hiburan untuk menarik audience.

Kerjasama Mitra

Ajaklah kerjasama mitra bisnis seperti beberapa pihak yang bisa diajak terlibat dalam memasarkan produk. Misalnya agen, reseller, distributor, dropsiper. Para mitra ini memiliki andil yang cukup berpengaruh pada keberhasilan pemasaran nantinya.

Maka dari itu perlu adanya reward dan teknis kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Bisa dengan memberikan dukungan dan support, menjalin komunikasi yang baik dengan para reseller. Dengan begitu akan memberikan kemudahan untuk mengetahui jumlah stok barang, ketersediaan barang dan lain sebagainya.

Sistem Konsiyansi

Satu lagi kamu bisa memanfaatkan bisnis dengan sistem konsiyansi dengan cara menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Kamu bisa menitipkan snack kacang kedelai tersebut di toko terdekat seperti swalayan dan dipasar.

Tentunya dengan strategi menjalin kerjasama dengan banyak pihak berpotensi mendapatkan penghasilan yang banyak pula. Pastikan jika sistem pembayaran sudah jelas sesuai dengan perjanjian awal dan telah disepakai bersama.

Gunakan Jasa Influncer

Kerjasama dengan influncer menjadi salah satu trik pemasaran yang efektif dan paling banyak digunakan saat ini. Namun untuk bekerjasama dengan influncer ini sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Jika bisnismu masih kecil gunakan influncer lokal untuk bekerjasama.

Gunakan influncer lokal untuk mereviw produk snackmu, lalu minta untuk upload di akun mereka. Strategi pemasaran yang satu ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun jika kamu bisa menyesuaikan modal yang ada maka tak masalah.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang ide bisnis snack lebaran yang bisa kamu tiru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 thought on “Bisnis Snack Lebaran, Kedelai Goreng Dengan Aneka Pilihan Rasa”

Leave a Comment