Kolaborasikan Potensi E-commerce Untuk Perluas Pasar Agribisnis

Seminar Potensi E-commerce Agribisnis d UMYAgribisnis lazimnya didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan mulai dari proses produksi, panen, pasca panen, pemasaran dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan pertanian. Dan untuk menjangkau kebutuhan pasar yang lebih luas, dibutuhkan peranan teknologi agar hasil pertanian bisa didistribusikan merata ke semua daerah.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan agribisnis nasional, beberapa waktu yang lalu Program studi Agribisnis – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) beberapa waktu yang lalu mengadakan seminar “Potensi E-commerce Agribisnis (e-agribisnis)”.

Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2016 ini menghadirkan pembicara tunggal, yaitu Bapak Rakmatniwa selaku pengelola web BisnisUKM.com. Dihadiri oleh sekitar 180 orang peserta yang terdiri dari Dosen Pengampu Matakuliah TIK, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UMY serta mahasiswa baru angkatan 2016, acara ini berlangsung dengan sangat interaktif karena hampir semua mahasiswa UMY penasaran dengan dunia e-commerce.

“Konsep acaranya berbentuk seminar dan mengundang pakar dan praktisi untuk sharing terkait ecommerce khususnya dalam hal pertanian. Mahasiswa sangat antusias, bisa kita lihat banyak yang bertanya, berdiskusi, dan sharing tentang usaha mereka. Dan yang pasti saya melihat, mereka sangat terinspirasi untuk mulai menggunakan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis yang mereka jalankan,” ungkap Heri Akhmadi, salah satu dosen di Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, UMY.

Melalui kuliah umum yang dikemas dalam bentuk seminar dan diskusi tersebut, diharapkan kalangan mahasiswa tingkat pertama ini bisa mendapatkan tambahan wawasan tentang apa itu e-commerce terutama e-agribisnis yakni e-commerce untuk bidang pertanian.

“Yang paling berkesan dari acara ini, kita bisa menambah ilmu tentang pemanfaatan teknologi dan juga belajar bagaimana cara merencanakan bisnis dari kecil sampai bisa jadi usaha yang menghasilkan keuntungan,” kata Nanda, mahasiswa UMY Jurusan Agribisnis.

Dengan adanya kolaborasi yang efektif antara TIK dengan sektor pertanian, kedepannya diharapkan akan menuju pada pertanian berkelanjutan yang mampu memperluas pasar, meningkatkan produktivitas, dan kesejahteraan petani di seluruh pelosok Indonesia.

Tim Liputan BisnisUKM

1 thought on “Kolaborasikan Potensi E-commerce Untuk Perluas Pasar Agribisnis”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba