Di Kedai Rembug Kopi Kekinian, Kabeh Iso Dirembug

Rembug Kopi sebuah kedai kopi yang mengusung tema rembug, yakni musyawarah atau ngorol. Di kedai kopi ini semua orang yang datang bisa merembug apapun itu muali dari bisnis, politik, sosial dan lain sebagainya. Kedai kopi ini kedai kopi kekinian yang berkonsep dan menyediakan untuk para pekerja yang membutuhkan tempat meetingdan juga mahasiswa untuk mengerjakan tugas.

Pada kesempatan kali ini Bisnis UKM berkesempatan menemui pemilik kedai yang kemudian beliau meceritakan bagaimana pengalamannya mendirikan usahanya ini lengkap mulai dari alasan membuka usaha, awal mula berdirinya, tema konsep kedai yang diusung hingga target pasar yang dibidik. Yuk langsung simak saja kelengkapan ceritanya.

di-kedai-rembug-kopi-kekinian-kabeh-iso-dirembug

Kedai Kopi Kekinian “Rembug Kopi”

Siapakah Pemilik Rembug Kopi?

Muhammad Zuhrif H yakni owner dari Rembug Kopi yang kedainya berada di Jl. Veteran No.148, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161. Jam buka pada pukul 09.00 – 01.00. Kedai kopi ini menyedaiakan berbagai kopi nusantara dan juga snack ringan.

Rembug Kopi ni adalah kedai kopi untuk nongkrong untuk anak – anak muda maupun orang tua. Target pasarnya memang tidak mengarah pada satu target saja, sehingga bisa untuk semua kalangan umur.

Motto Kedai Kopi Kekinian

Rembug Kopi ini memiliki motto “Kabeh Iso Dirembug” yang artinya semua bisa dirembug. Karena semua mulai dari anak – anak, anak muda, orang tua, karyawan dan terkhususnya keluarga untuk membicarakan atau ngobrol di tempat ini bisa nyaman.

Semua hal bisa di obrolkan di Rembug Kopi ini. Seperti ngobrol bisnis, tugas, politik bahkan sosial. Hampir setiap hari para anak muda, karyawan disini datang dan membicarakan mengenai bisnis. Kemudian tak hanya itu saja, tetapi juga politik persoalan sosial. Jadi tempat ini bisa dipakai untuk berembug atau ngobrol tentang apapun itu.

“Jadi makna dari Rembug Kopi ini yang mana “Semua bisa dirembug” jadi semua komponen, semua kalangan, semua umur bisa datang disini, termasuk persoalan-persoalan bisa dirembug disini”, begitu penuturan dari pemilik kedai ini.

Suasana Rembug Kopi

Rembug Kopi menyediakan tempat – tempat yang nyaman kemudian situasi yang hangat, menyediakan berbagai jenis kopi, teh, coklat, snack dan ada sedikit makanan berat. Ini untuk meyediakan para pengunjung yang lapar karena berembug agak lama bisa disiapkan.

Sebenarnya alasan membuka kedai kopi ini karena dulunya memiliki hobi nongkrong di warung kopi. Kemudian semakin berkembangkan coffee shop di Jogja pada tahun 2008, kebetulan sering masuk dari warung kopi satu ke yang lainnya untuk bertemu dengan relasi kerja. Lalu semakin lama semakin berfikir jika setiap saat harus ke warung kopi pastinya akan banyak membuang uang yang cukup besar.

Kemunculan Ide Usaha Kopi Kekinian Ini

Lalu dari sanalah muncul ide “kenapa tidak membuka sendiri?” nah dengan begitu tentu bisa dengan mudah mengundang relasi dan bisa menyiapkan segala hal yang memang dibutuhkan dalam acara rembug tersebut. Dari sinilah muncul Rembug Kopi ini di akhir tahun 2016. Sejak pertama kali dibuka sampai sekarang warung ini semakin berkembang. Sekarang ini semua bisa masuk di Rembug Kopi ini.

Kopi Rembug Kopi Nusantara

Rembug Kopi ini yang disiapkan adalah kopi nusantara, Jadi kalo dilihat sekarang ini baik robusta dan arabica, yang khusus original didatangkan dari Aceh, Sumatera, Lampung, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat/Timur.

Nah ini menggambarkan bahwa biji kopi ini dari nusantara. Kemudian pemilik juga menyedikan minuman berbasis ekspresso. Untuk cappucino. latte, flate white, baik untuk single shoot maupun double shoot. Di nusantara kita sendiri ada berbagai macam kopi sekitar 800 jenis kopi. Untuk setiap pekannya Rembug Kopi menyiapkan secara bergantian.

Menu di Rembug Kopi

Selain kopi di Rembug Kopi ini juga menyediakan minuman berbasis coklat, juice untuk teman – teman yang tidak menyukai kopi. Kemudian tersedia juga berbagai macam jenias snack untuk mendampingi minuman. Seperti frince fries, tempe kemul, kemudian juga ada tahu isis, dan berbagai macam berbasis makanan tradisional.

Coffee Shop di derah Jogja selatan memang tidak terlalu banyak padahal kampus dan gedung – gedung pemerintah sudah cukup banyak disisi selatan. Dan karena disini masih terbilang jarang dan tidak ada tempat untuk meeting, kemudian bukanya pagi memang jarang dan bahkan tidka ada. Mayoritas coffee shop di daerah selatan ini buka ketika malam hari.

Alasan Rembug Kopi Buka Pagi

Kenapa membuka coffee shop pagi? Nah harapanya bisa dipakai untuk para pekerja freelance dan para anak muda yang bergerak dibidang digital marketing. Jadi Rembug Kopi ini menyediakan fasilitas bagi mereka dengan fasilitas yang lengkap tentunya.

Beberapa fasilitas yang ada di Rembug Kopi ini seperti eperti wifi yang cepat, tempat strategis, lokasi dekat dengan tempat ibadah, selain itu juga menyediakan ruangan meeting VIP baik diatas maupun dibawah yang cukup nyaman. Tak hanya itu saja disana juga menyediakan perlengkapan meeting seperti LCD, Laptop dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh custumer.

Target Market

Target market yang dibidik adalah para mahasiswa, untuk mengerjakan tugas dan belajar bersama mulai dari mahasiswa tingkat akhir, mahasiswa S2 maupun S3. Kemudian target selanjutnya adalah para pekerja. Kalo pagi hari biasanya para pekerja yang sifatnya freelance, termasuk para pekerja yang berkerja dalam digital marketing.

Itu sudah dipastikan karena biasanya setiap pagi jam 09.00 sampai menjelang maghrib banyak dipakai untuk itu. Nah untuk kedua target market ini kalo dibidik masih sangat luas pangsa pasarnya. Pangsa pasar yang dibidik adalah orang – orang yang sudah pernah datang agar datang kembali, justru bukan hanya yang baru saja.

Namun harapanya untuk yang sudah datang bisa datang kembali lagi. Nah dirasa untuk kedua kelompok dari mahasiswa dan pekerja adalah yang paling banyak mendominasi di Rembug Kopi ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba