Laris Manis Promosi Bisnis Online

promosi bisnis onlineKemajuan teknologi informasi ternyata menawarkan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan usahanya melalui dunia maya. Bahkan sekarang ini hampir semua jenis usaha bisa mereka jalankan secara online, baik peluang bisnis di bidang jasa, industri makanan dan minuman, agrobisnis, industri kreatif, dan lain sebagainya. Tidaklah heran bila belakangan ini sebagian besar masyarakat mulai memanfaatkan kemudahan tersebut untuk mengembangkan usahanya hingga menembus pasar mancanegara.

Meskipun bagi sebagian orang menjalankan bisnis online terbilang cukup mudah, namun bukan berarti pula bisnis tersebut bebas hambatan. Seperti halnya bisnis offline, berbagai macam kendala bisnis online pun ditemui para pelaku usaha dalam menjalankan perusahaannya. Salah satunya yaitu ketika mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Selama ini masih banyak pelaku bisnis online yang belum optimal dalam mempromosikan website atau blog mereka. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang akhirnya gulung tikar sebelum mencapai puncak kesuksesan. Karenanya, untuk mengurangi resiko tersebut. Berikut ini kami informasikan tips dan trik laris manis promosi bisnis online yang bisa dijalankan para pemula.

Pertama, gencarkan promosi dengan bantuan situs jejaring sosial. Sekarang ini situs jejaring sosial yang sedang popular yaitu facebook, twitter, dan disusul dengan gebrakan google melalui akun google plus yang baru-baru ini diluncurkannya. Anda bisa mulai mempromosikan bisnis online yang dijalankan dengan membuat fanpage di situs-situs tersebut dan menginformasikan produk unggulan serta alamat website utama kepada calon konsumen yang terhubung dengan jaringan Anda. Dengan begitu, produk atau jasa yang Anda tawarkan semakin dikenal masyarakat luas dan keuntungan yang Anda dapatkan pun semakin mengalir deras.internet marketing

Kedua, manfaatkan mobile marketing. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan smart phone seperti pada layanan aplikasi Android, BlackBerry, maupun iPhone untuk membangun loyalitas konsumen. Sebab, melalui bantuan smart phone, para pelaku usaha bisa memberikan pelayanan yang dibutuhkan konsumen dalam waktu yang terbilang cepat dan caranya pun sangatlah mudah. Sehingga para pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan dan mereka tidak segan-segan untuk segera melakukan pemesanan.

Ketiga, bergabungkan dengan direktori bisnis yang ada di internet. Saat ini banyak website ataupun forum bisnis yang sengaja mengajak para pelaku usaha untuk bergabung dalam direktori bisnisnya (baik itu gratisan maupun berbayar). Melalui direktori tersebut, Anda bisa memperluas jangkauan pemasaran dan memperbesar peluang kerjasama dengan pihak-pihak terkait (misalnya saja menjalin kerjasama dengan para reseller, produsen bahan baku, investror, dan lain sebagainya).

Keempat, dukung promosi produk dengan konten video. Untuk menarik minat pelanggan, Anda bisa memanfaatkan video streaming online untuk membuat iklan pendek yang menarik dan menguploadnya ke youtube sebagai media promosi produk yang cukup efektif. Seperti kita ketahui bersama, youtube menjadi salah satu media promosi yang cukup strategis untuk meningkatkan popularitas sebuah produk maupun jasa. Karenanya, tidak ada salahnya bila Anda mencoba hal tersebut untuk mempromosikan usaha Anda.

Kelima, informasikan keberadaan bisnis Anda melalui google map, FourSquare, Koprol, serta situs lainnya yang memberikan pelayanan sejenis. Strategi ini cukup membantu calon konsumen untuk mengakses keberadaan bisnis Anda melalui internet, sehingga bisnis Anda semakin dikenal masyarakat luas dan peluang terjadinya transaksi penjualan semakin hari semakin terbuka lebar.

Nah, setelah membahas lima strategi promosi dalam meningkatkan penjualan bisnis online. Kini saatnya Anda melangkah dan mencobanya untuk meningkatkan penjualan usaha yang dijalankan. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam menjalankan usahanya. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.fashion-reply.com/img/pb/internet-marketing-online-promotion-site-web/internet-marketing-online-promotion.jpg
2. http://www.peopledigital.com.cn/Upload/image/201301/0eb29efa45284069ac2166a506aba4c4.jpg

2 Komentar

  1. kami sebagai pengrajin pemula berkeinginan dibantu dalam bidang promosi yang pada intinya bagaimana cara penjualan/marketing yang baik, memang kami masih meng explor macam produk sehingga pemesaran masih kedodoran. kami sadar bisanya membuat/ berkarya..jual yang belum .

Comments are closed.