Marketing Skill yang Dibutuhkan Pelaku UKM

marketing skillSebagai seorang pelaku bisnis, tentunya kita tidak hanya dituntut bisa menciptakan produk-produk unik namun juga harus memiliki kemampuan khusus dalam hal memasarkan produk. Seperti kita ketahui bersama, pemasaran memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Tanpa didukung strategi pemasaran yang jitu, bisa dipastikan bila bisnis tersebut tidak bisa berkembang dengan pesat dan omset yang didapatkan pastinya juga belum bisa maksimal.

Oleh karenanya, marketing skill atau kemampuan dalam bidang pemasaran harus dimiliki oleh setiap pelaku UKM. Lalu, kira-kira kemampuan apa saja yang mereka butuhkan?

Berikut ini adalah beberapa keahlian khusus yang perlu diasah para pelaku UKM, agar pemasaran bisnisnya semakin bersinar terang.

1. Ciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen
Ketika Anda telah membidik target konsumen, maka selanjutnya berikan umpan menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saja Anda membidik kalangan ibu rumah tangga sebagai sasaran pasar Anda, maka kebutuhan yang paling banyak mereka cari adalah barang-barang pokok sehari-hari yang dijual dengan harga cukup bersaing, atau menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik minat konsumen. Ingat, kuncinya adalah berikan solusi tepat bagi permasalahan yang mereka hadapi.

2. Perkuat komunikasi guna membangun loyalitas konsumen

 

Keahlian di bidang komunikasi tentunya sangat dibutuhkan seorang pelaku pasar. Melalui hubungan komunikasi yang baik, tidak menutup kemungkinan bila kedekatan Anda dengan konsumen bisa bertahan hingga waktu yang relatif cukup lama. Sehingga merekapun tidak segan-segan untuk semakin loyal dengan produk-produk yang Anda tawarkan. Contoh sederhana dari poin ini bisa dilihat langsung ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari, tentunya Anda akan memilih sebuah warung atau toko yang pelayanannya baik, dan penjualnya relatif ramah. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, maka para konsumen pun tidak ragu-ragu untuk menjadi pelanggan setia Anda.

3. Tuntaskan penawaran dengan menjadi seorang ahli
Untuk meyakinkan calon konsumen dan menuntaskan pemasaran dengan baik, berusahalah untuk menjadi seseorang yang ahli dibidang tertentu sebelum akhirnya Anda menjual produk atau jasa kepada calon konsumen. Misalnya saja seperti keahliah para pelaku bisnis bengkel motor yang diperoleh dari bekal pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif dalam waktu yang cukup lama, ternyata memberikan nilai positif di mata  para calon konsumen, sehingga pada akhirnya mereka tidak segan-segan untuk mempercayakan permasalahan kerusakan motornya kepada bengkel tersebut.

Semoga sedikit informasi mengenai marketing skill yang dibutuhkan pelaku UKM ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk meningkatkan omset penjualannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

[mb-bahaya]

Sumber gambar :
1. http://joinmikedavis.com/wp-content/uploads/2012/01/marketing-skill.jpg
2. http://www.anneahira.com/images/article/pengertian-komunikasi-pemasaran.jpg

4 Komentar

  1. artikel ini sangat membantu,terimakasih bisnis UKM smga dg adanya artikel ini akan banyak pebisnis yg akan lbh sukses lagi dalam usahanya..

  2. semua artikel yang ada membuat kita sadar akan potensi di sekeliling kita untuk dapat digali dan dikembangkan, sehingga menjadi nilai ekonomis..

    terima kasih…

Comments are closed.