Mau Bisnis Fashion? Ini Dia Tips Bisnis Fashion Untuk Para Pemula

Tips bisnis fashion ini jangan sampai kamu lewatkan karena dapat membantu kamu dalam menentukan arah dalam memulai bisnis yang satu ini. Tips ini menjadi solusi tepat untuk mengatasi kegundahan dan ke binggungan arah dan tujuan apa yang harus dipersiapkan dan diperhatikan oleh pemula. Apa saja kira-kira yang perlu dipersiapkan? Langsung kita simak pembahasan kita kali ini tentang tips memulai bisnis fashion.

Nah ketika kamu mau bisnis fashion, jangan lupakan hal terpenting sebelum memulainya. Menjalankan bisnis fashion memang gampang-gampang susah. Memang tidak semudah yang dipikirkan tapi tidak sesulit yang dibayangkan pula. Perlu sebuah ketekunan dan persiapan. Salah satunya adalah menyiapkan beberapa strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis fashion ini agar siap bersaing di pasaran.

Tips Bisnis Fashion Untuk Para Pemula

Berikut ini adalah beberapa point tips bisnis fashion untuk para pemula yang bisa kamu persiapkan dalam memulai bisnis fashion. Simak selengkapnya dibawah ini :

Tertarik Dunia Fashion

Bisnis yang mudah dijalankan adalah bisnis yang kamu minati. Untuk bisa sukses menjalankan sebuah bisnis kamu harus tertarik terlebih dahulu dengan bidang tersebut. Ketika kamu sudah memiliki ketertarikan dan minat dalam bidang tersebut maka akan sangat mudah untuk menjalankan dan mengeksekusi semua ide yang sudah terrencana.

Untuk bisa mengembangkan bisnis ini diperlukan sebuah ketertarikan. Semakin kamu tertarik maka kamu akan terus penasaran dan terus belajar untuk mengembangkan agar bisnis semakin maju dan bisa bersaing dipasaran.

Yakin Ketika Akan Memulai

Banyak sekali yang mengalami keraguan ketika akan memulai sebuah bisnis. Meskipun sudah mengantongi ilmu dan pengetahuan di bidangnya. Bahkan ada banyak ide yang sering kali terlintas dipikiran dan untuk mengeksekusi sering kali ditunda-tunda.

Memulai adalah hal yang tidak mudah, perlu keberanian dan keyakinan untuk melangkah. Hal yang perlu untuk dilakukan adalah yakin jika kamu mampu untuk menjalankan dan mengeksekusi semua ide-ide kreatifmu. Segera lakukan untuk mencapai dan mewujudkan impianmu.

Strategi Pemasaran

Ketika kamu akan memulai suatu bisnis apapun itu strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menyusun kiat-kiat apa saja yang akan dilakukan untuk memajukan bisnis. Berbagai strategi harus kamu pelajari dan terjuni. Salah satunya dengan memaksimalkan pemasaran online dengan menggunakan sosial media.

Di era modern yang semua serba digital ini semua dituntut untuk kreatif, mengikuti perkembangan zaman dan instagramable. Maksimalkan sosial media yang ada, kamu pun bisa meminta bantuan selebgram atau endorse untuk memperkenalkan produk kamu. Cari relasi sebanyak-banyaknya dan minta bantuan untuk bisa diajak kerja sama.

Kemasan Menarik

Meski sering kali terlupakan dan dianggap sepele, namun kehadiran kemasan mampu berdampak besar. Kemasan fungsinya tidak hanya sebagai wadah saja. Namun juga bisa dijadikan ajang promosi atau pemasaran lewat informasi yang tertera pada kemasan. Orang lain akan lebih mudah mengenali melalui kemasan.

Selain itu kesan kemasan yang menarik juga terlihat lebih elegan dan mewah. Berbeda dengan kemasan yang polos bening tentu akan terlihat biasa saja. Dengan adanya packaging yang menarik maka akan membuat para konsumen tertarik dan terkesan pula. Ini juga menjadi salah satu yang membedakan toko kamu dengan yang lainnya.

Menetapkan Harga Sesuai

Untuk mendapatkan sebuah keuntungan pasti ada banyak cara yang kamu lakukan sebagai pebisnis. Namun untuk masalah harga adalah sebuah hal riskan yang kamu mesti hati-hati. Agar tidak mematikan bisnis sendiri maka pastikan kamu untuk menentukan harga jual yang sesuai. Jangan terlalu membanting harga karena nantinya kamu tidak akan mendapatkan keuntungan.

Hindari pula untuk memasang harga tinggi, pastikan jika kamu melakukan survey harga terlebih dahulu. Ketika kamu sudah menemukan harga yang sesuai dan tahu harga di pasaran produk serupa kamu bisa mematok harga yang akan kamu pasang. Usahakan pula untuk mematok harga sesuai dengan kualitas barang yang kamu jual pula.

Jika bahan premium kamu bisa memasang harga sesuai bahannya. Konsumen tentu sudah bisa membedakan kualitas bahan dengan harga. Jadi pasang harga yang sesuai dengan harga pasar dan juga kualitas bahan. Sehingga dengan begitu konsumen akan lega dan merasa worth to buy.

Promo Menarik

Salah satu strategi yang menarik para konsumen adalah dengan adanya promo. Sekarang ini siapa sih yang tidak menyukai promo? Jika kamu menerapkan promo ini tentu bisnis kamu akan dilirik oleh para konsumen. Terutama pada saat grand opening. Bisa juga kamu mengadakan promo pada saat moment tertentu untuk menarik para konsumen. Selain itu adanya promo ini membantu meningkatkan brand awareness atas produk kamu.

Menentukan Target Pasar

Tips bisnis fashion selanjutnya adalah menentukan target pasar. Nah ketika akan memulai sebuah bisnis apapun pastikan untuk melakukan banyak riset atau survey. Cari tahu terlebih dahulu tentang produk yang akan kamu jual. Kemudian selanjutnya adalah menentukan target pasar dari produk yang akan kamu jual. Pikirkan baik-baik semuanya sedari awal agar persiapan benar-benar matang dan tidak salah langkah.

Setelah mengetahui produk apa yang akan kamu jual, maka selanjutnya menentukan target pasar. Kemudian targetkan lebih spesifik siapa yang akan menjadi sasaran kamu. Misalnya fashion, kemudian targetkan untuk pria atau wanita, kemudian jenis barangnya apa saja dan juga target umur yang akan kamu bidik rentang usia dari berapa sampai berapa.

Hal tersebut harus benar-benar kamu perhatikan. Pasalnya setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda dan selera yang berbeda. Sehingga perlu adanya pendalaman untuk mengetahui lebih jauh tentang target pasar.

Mengikuti Trend dan Perkembangan

Ketika terjun dalam bidang fashion maka kamu akan dituntut untuk selalu mengikuti trend dan perkembangan fashion setiap saat. Baik pemain lama maupun baru semuanya harus mengikuti trend. Maka pastikan jika kamu meriset produk setiap saat. Kamu bisa melakukan observasi dan survey langsung terkait model pakaian yang sedang trend saat itu. Apa yang sedang dicari dan diinginkan oleh konsumen.

Kamu harus pandai membaca keinginan konsumen dengan tepat agar dapat memahami apa yang mereka sukai dan mereka butuhkan. Dengan begitu kamu bisa memenuhi semua kebutuhan mereka. Selain survey dan observasi langsung di outlet-outlet sebelah ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Yakni dengan mempelajari apa yang sedang menjadi trend saat ini melalui internet, sosial media, majalah fashion dan youtube.

Bisa juga dengan mengikuti pelatihan, seminar atau workshop tentang dunia fashion. Ini tentu akan semakin menambah wawasan tentang dunia fashion. Dengan begitu pula kamu akan semakin fasih dan semakin kreatif dalam membuat suatu trend baru fashion dengan memadankan dan mengkombinasikan mode tertentu dari ide kamu.

Mulai Dari Yang Kecil

Semua bisnis pada dasarnya menjanjikan dan menguntungkan ketika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Tak terkecuali dengan bisnis fashion ini. Peluangnya sangat terbuka lebar dan memiliki prospek yang sangat cerah karena fashion setiap harinya terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Nah meskipun tak dipungkiri setiap bisnis pasti ada kompetitornya. Kamu tak perlu berkecil hari, semua bisnis pasti memiliki pesaing. Sekarang yang terpenting adalah mulai dulu dari yang kecil. Sebagai pemula kamu tak perlu langsung membuka bisnis besar. Mulai aja dulu dari yang kecil. Bisa juga kamu memulainya dengan menjadi reseller terlebih dahulu.

Kemudian berproses dan terus berproses ketika permintaan terus meningkat dan semakin berkembang kamu bisa memproduksi semua itu sendiri. Mulai dari mendesain model, menjahit dan membuat hingga menjadi produk jadi. Nah ketika semua dijalani dengan tekun maka semua akan menjadi besar secara perlahan.

Demikian adalah beberapa point tentang tips bisnis fashion yang harus kamu persiapkan untuk memulai bisnis ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba