3 Tips Bisnis Fashion Rumahan Untuk Pemula

Bisnis fashion rumahan makin banyak diminati oleh pelaku bisnis pemula. Sudah banyak juga pemain bisnis fashion yang bermodal besar. Tapi untuk pemula bisnis fashion rumahan jangan berkecil hati sebab masih tersedia peluang yang bisa dimanfaatkan.

Bisnis Fashion Rumahan

3 Tips Bisnis Fashion Rumahan Untuk Pemula
Redaksi Bisnis UKM

Membuka bisnis fashion rumahan bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Sebab bisa memanfaatkan rumah sendiri sebagai toko atau butik. Manfaatkanlah bagian depan rumah atau garasi yang disulap menjadi toko atau butik. Pastikan desain toko atau butik untuk bisnis fashion rumahan kamu menarik ya. Supaya bisa merepresentasikan keindahan seperti halnya fashion yang erat kaitannya dengan keindahan.

Tips Bisnis Fahion Rumahan Untuk Pemula

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan memulai bisnis fashion rumahan.

1. Memulai Dari Yang Kecil

Redaksi Bisnis UKM

Bisnis fashion rumahan sangat menguntungkan. Peluang yang sangat luas membuat banyak sekali pemain bisnis fashion rumahan ini. Tidak perlu kecil hati sebagai pemula. Memulai dari yang kecil ketika konsisten dan tekun dijalani akan bisa menjadi semakin besar.

2. Mengikuti Tren

Redaksi Bisnis UKM

Baik itu pemula atau pemain lama di bisnis fahion ini, semuanya harus mengikuti trend. Kamu bisa mengikuti tren dengan melihat jenis pakaian yang paling laku di toko-toko online atau di gerai besar seperti matahari departement store atau lainnya. Kamu juga bisa mengikuti pakaian apa saja yang direkomendasikan oleh para fashion blogger Indonesia. 

Bisnis fashion pada dasarnya murni tentang membaca keinginan konsumen. Baik untuk kamu yang ingin jadi pembuat fashion, menjadi distributor, maupun pemilik butik, semuanya harus pandai membaca keinginan pasar. Peluang usaha fashion sangat cocok untuk kamu yang suka bekerja keras dan pantang menyerah untuk sukses.

Untuk tren fashion di Indonesia berubah-ubah sesuai dengan musim atau event terdekat apa yang akan terjadi. Berikut beberapa macam referensi fashion yang bisa kamu ambil dan gunakan untuk membuka bisnis fashion rumahan.

– Bisnis Fashion Muslim

Segmen yang paling marak di bisnis ini adalah hijab. Peluang ini sangat menjanjikan, terlebih didukung dari maraknya hijab fashion yang semakin menjamur. Jangan takut keluar dari zona nyaman, terus berkarya dengan style yang menawan, maka akan kamu akan dapatkan keuntungan yang menggiurkan.

Hijab fashion juga peru didukung dengan berbagai warna, corak, hingga, motif hijab yang tren saat ini. Bukan hal yang mustahil bila ide kreatif kamu semakin terdepan serta beragam maka akan semakin cepat bisnis fashion kamu diminati para pecinta hijab fashion.

Kamu juga perlu memikirkan untuk lebih memperlebar peluang dengan menambahkan pernak-pernik maupun aksesoris. Hal ini nantinya dapat mendukung kesempurnaan hijab fashion yang menakjubkan.

– Bisnis Fashion Sport

Jenis fashion yang paling banyak diminati di bidang ini adalah jersey, jaket, dan pakaian olahraga. Contohnya saja baju bola. Peluang usaha fashion yang satu ini luar biasa menggiurkan. Kamu bisa terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini. Seperti menjual baju bola untuk pendukung  tim kesayangan hingga atribut pendukungnya.

Bagi pendukung tim kesayangan yang memiliki loyalitas tinggi, hal ini seakan mutlak untuk dimiliki. Penggemar bola yang memiliki uang umumnya bersedia konsumtif, sobat dapat menjadi pebisnis yang hadir untuk menyuapinya dengan berbagai hal yang berhubungan dengan bola.

– Bisnis Fashion Kaos Distro

Untuk bisnis fashion satu ini juga tak kalah menggiurkan. Betapa tidak, bisnis kaos distro sepertinya belum pernah terdengar merosot atau meredup citranya. Setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Bisnis kaos distro banyak menjamur dimana-mana. Ketika terus mengikuti tren terbaru, maka bukan tidak mungkin kamu bisa meraup konsumen yang banyak dan luas. Peminat kaos distro sangat banyak, terutama anak muda. Mereka selalu ingin tampil berbeda dan up to date. Inilah penyebab kenapa bisnis fashion kaos distro selalu hidup.

– Bisnis Fashion Bayi & Anak

Mungil, lucu, dan menarik. Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya mengenakan pakaian yang lucu dan menggemaskan? Nah, yang satu ini unik juga, bisnis pakaian anak yang juga tidak ada matinya. Kelahiran bayi yang ditunggu-tunggu kedua orang tuanya akan memberikan pundi-pundi rupiah pula bagi kamu yang sigap dan cerdas.

Pakaian, bedong, gurita, hingga perlengkapan bayi tidak murah, bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit. Meskipun kecil, harganya juga beragam. Bukan itu saja, kamu bisa menambah peluang bisnis pakaian bayi dengan memberikan pelayanan membungkus kado. Banyak sekali yang ingin menjenguk bayi yang baru lahir sambil membawakan pakaian atau perlengkapan bayi yang lucu-lucu.

РCasual Fashion

Peluang bisnis fashion casual sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Jadi kamu akan semakin bisa berkarya secara bebas. Karena konsumen memiliki keinginan fashion yang beraneka ragam. Nah dari sisi itulah yang justru akan memberikan banyak peluang bagi kamu untuk selalu tertarik dan tanggap pada style baru. Kamu bisa menambah karya dengan memadukan beberapa style. Hal ini akan sangat membantu bisnis kamu untuk semakin dikenal.

3. Merambah Bisnis Fashion Online

Redaksi Bisnis UKM

Online shop menjadi hal yang patut untuk perhatikan. Terlebih dengan meledaknya fashion di pasaran dengan berbagai style yang diusung oleh produsen serta kemudahan masyarakat untuk mengakses tren fashion saat ini. Hal yang harus kamu perhatikan ketika merambah bisnis fashion online adalah packaging yang menarik. Supaya konsumen makin jatuh cinta dengan produk kamu.

Kamu bisa menggunakan kecanggihan media sosial, website, iklan, dan email marketing untuk memperluas pangsa pasar. Jika membukan bisnsi fashion rumahan berjualan untuk area satu kota, dengan merambah bisnis fahsion online bisa dari Sabang sampai Merauke. Bisnis online juga akan mendatangkan beberapa keuntungan lain seperti berikut.

– Menekan Biaya

Toko online tidak perlu tempat strategis. Cukup muncul di google dengan rangking yang bagus. Jika tidak bisa muncul di hasil pencarian google, kamu bisa menggunakan iklan. Media sosial juga merupakan tempat yang harus dimanfaatkan untuk berjualan.

– Banyak Marketplace Tersedia

Manfaatkanlah marketplace besar di Indonesia. Berjualanlah di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau lainnya. Marketplace tersebut sudah punya nama dan dipercaya publik. Keuntungan lainnya adalah kamu tidak perlu pusing-pusing mencari pengunjung website.

Buatlah produk-produk yang kamu jual semenarik mungkin. Terutama untuk foto produk. Pasanglah foto produk dengan kualitas bagus supaya calon pembeli tertarik dengan pakaian yang kamu jual. Selain itu pasanglah informasi produk dengan lengkap. Mulai dari jenis bahan, ketersediaan warna, ketersediaan stok, dan ketersediaan ukuran. Selain konsumen akan terbantu dengan informasi produk yang lengkap, kamu juga akan terbantu dalam menghemat waktu dan tenaga dalam menjawab pertanyaan calon pembeli.

Itu dia beberapa tips untuk memulai bisnis fashion rumahan. Semoga tips tersebut bisa dijadikan sebagai pembangkit minat dalam melirik peluang bisnis fashion yang tidak akan pernah mati dimakan zaman. Salam sukses! Kalau kamu ingin memulai bisnis fashion dengan menjadi agen atau reseller bisa klik di sini!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba