Membangun Kepercayaan Konsumen Untuk Bertransaksi Online

online shopBelakangan ini aneka peluang bisnis online mulai ramai dijalankan para pelaku usaha di Indonesia, namun sayangnya tidak sedikit jumlah konsumen di negara kita yang belum sepenuhnya mengenal sistem transaksi online. Bahkan sampai hari ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memanfaatkan fasilitas internet dengan maksimal. Sehingga tidak heran bila mereka belum terbiasa dengan sistem jual beli online dan cenderung kurang percaya dengan segala transaksi yang dilakukan melalui media tersebut.

Kondisi ini tentunya menjadi salah satu kendala besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab, tanpa adanya kepercayaan dari para konsumen, bisa dipastikan bila minat masyarakat terhadap bisnis online cenderung rendah dan omset penjualan yang didapatkan pelaku usaha juga akan ikut berkurang. Karena itu, sebelum terjun menekuni bisnis online diperlukan strategi bisnis jitu dalam membangun kepercayaan konsumen untuk bertransaksi online.

Lalu, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan konsumen?

Berikut ini kami informasikan lima tips mudah yang bisa Anda jalankan untuk menumbuhkan kepercayaan dan rasa nyaman dari para konsumen.

Pertama, berikan respon yang cepat dan tepat. Dalam menjalankan bisnis online, tentunya Anda dituntut untuk bergerak aktif dan cukup dinamis ketika melayani para konsumen. Melalui media online yang selalu aktif 24 jam non-stop, berusahalah untuk memberikan pelayanan secara cepat dan tepat bagi para konsumen Anda. Misalnya saja melayani transaksi pembelian online selama 24 jam non-stop, menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan jelas, hingga menghadapi komplain pelanggan dengan tanggapan yang cukup positif.

Kedua, tawarkan proses pembelian yang cukup mudah. Ketidaknyamanan konsumen terhadap bisnis online bisa muncul ketika mereka menghadapi proses pembelian yang terlalu berbelit-belit. Menghadapi sistem yang terlalu rumit, tentunya konsumen merasa kurang senang dengan pelayanan situs tersebut dan lebih memilih berpaling untuk pindah ke website lain. Contohnya saja seperti layanan pembelian online yang mewajibkan calon konsumennya untuk menyebutkan nomor identitas diri, atau nomor kartu kredit sebelum mereka membeli produk di toko online tersebut.transaksi online

Ketiga, gunakan cara pembayaran yang sederhana. Agar konsumen percaya dengan bisnis online yang Anda jalankan, sebaiknya gunakan sistem pembayaran yang mulai familiar di kalangan masyarakat. Misalnya saja seperti cash on delivery (dibayarkan ketika barang diterima konsumen) atau melalui transfer via bank. Mintalah para konsumen untuk mencantumkan bukti transfer bagi para pembeli yang melakukan pembayaran melalui bank.

Keempat, tepat waktu dalam melakukan pengiriman barang. Salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan para pelanggan yaitu mengenai proses pengiriman barang yang memakan waktu cukup lama. Kondisi seperti ini tentunya bisa mengecewakan para pelanggan, sehingga para pelaku usaha diharapkan memilih jasa pengiriman yang paling terpercaya untuk mengirimkan produk pesanan pelanggan.

Kelima, berikan sesuai permintaan konsumen. Dalam melayani permintaan konsumen, pastikan bahwa Anda telah memberikan apa yang mereka inginkan. Jagalah kualitas barang yang Anda kirimkan dan sesuaikan dengan pesanan yang disampaikan para konsumen. Hal ini penting agar kepercayaan konsumen mulai terbangun, sehingga untuk selanjutnya mereka tidak segan-segan untuk memesan produk Anda lagi.

Hadirnya kepercayaan dari para konsumen, menjadi modal utama bagi Anda untuk bisa sukses menjalankan sebuah usaha. Semoga informasi tips bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis di internet. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://arifrahmat.files.wordpress.com/2009/10/online-shopping-aman.jpg?w=510
2. http://4.bp.blogspot.com/-3prJN8PcNAs/Tl0Eo8nVjpI/AAAAAAAAA60/fv-qfQ9Zltc/s400/tips%2Bbelanja%2Bonline.jpg

1 Komentar

Comments are closed.