Membuat Konten Potensial di Media Sosial

sosial mediaTak bisa kita pungkiri bila sekarang ini internet marketing menjadi salah satu alternatif tepat untuk mendongkrak pemasaran produk. Bila dulunya masyarakat hanya fokus memasarkan produk melalui toko konvensional (secara offline), sekarang ini mereka mulai beramai-ramai membuka toko online untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Kehadiran social media, seperti aneka macam situs jejaring sosial, blog, maupun forum-forum online, ternyata cukup memudahkan masyarakat untuk memasarkan produk di dunia maya. Melalui strategi tersebut, para pelaku usaha kini bisa lebih mudah memberikan informasi produk kepada calon konsumennya, baik di tingkat lokal maupun menjangkau pasar internasional.

Terlebih lagi, sekarang ini hampir semua gadget mobile telah dilengkapi dengan aplikasi situs-situs jejarwing sosial, sebut saja seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran bila belakangan ini banyak pelaku usaha yang mulai mempromosikan produknya melalui sarana tersebut. Sebab, semakin hari semakin mudah pula langkah para pengusaha untuk menerapkan strategiĀ pemasaran melalui sosial media.

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi pemasaran melalui media sosial. Pekan ini sengaja akan kami informasikan beberapa tips bisnis online yang membahas tentang cara membuat konten potensial di media sosial. Faktor apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini informasi selengkapnya.

  • Pahami isi pesan yang akan Anda sampaikan.

Langkah awal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten adalah memahami terlebih dahulu isi pesan yang akan Anda sampaikan. Pastikan bahwa pesan yang Anda kirimkan kepada khalayak ramai, telah sesuai dengan kebutuhan para konsumen dan tentunya memberikan tambahan manfaat bagi para konsumen yang membacanya. Ketika mereka mendapatkan kebermanfaatan dari konten Anda, maka tidak menutup kemungkinan bila selanjutnya mereka akan melakukan transaksi pembelian.

  • Gunakan ide kreatif untuk menyampaikan pesan Anda.media sosial

Selain memperhatikan isi pesan, poin kedua yang perlu Anda pahami yaitu mengemas konten yang Anda buat dengan ide kreatif yang disukai para konsumen. Bila perlu bedakan cara penyampaian pesan, sesuai dengan karakteristik para pelanggan. Misalnya saja dengan membedakan gender, umur, tingkat pendidikan, kelas ekonomi, dan lain sebagainya, sehingga cara penyampaian yang Anda gunakan bisa dipahami target pasar yang Anda bidik. Untuk itu, jangan pernah berhenti menciptakan ide kreatif, agar pesan Anda dapat diterima dengan baik oleh para konsumen Anda.

  • Memilih media sosial yang sesuai dengan target pasar.

Ketiga, pilihlah media sosial yang sering digunakan konsumen Anda. Pemilihan situs online sangatlah penting dalam mempromosikan sebuah produk, sebab setiap media sosial memiliki fungsi dan kalangan pengguna (user) yang berbeda-beda. Misalnya saja Anda membidik kalangan anak muda sebagai konsumen potensial Anda, maka situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter menjadi dua media penting yang bisa Anda pilih.

Setelah memahami tiga faktor utama dalam membuat konten di sosial media, kini giliran Anda untuk mempraktekannya langsung guna mendulang untung besar dari pemasaran produk di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://sidomi.com/wp-content/uploads/2012/07/Konten-Media-Sosial.jpeg
2. http://peoplemeetme.com/wp-content/uploads/2012/02/social-media-measurement.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba