5 Kiat Praktis Berjualan Via WhatsApp, Sudah Tahu Belum?

Kamu sedang menggunakan WhatsApp Bisnis? Atau kamu ingin mengembangkan bisnis yang sedang berjalan melalui WhatsApp? Tidak bisa dipungkiri kalau sekarang, digital marketing sangat penting. Sebenarnya tidak hanya WhatsApp saja yang penting buat kamu pelajari, media sosial lain juga penting. Alangkah baiknya belajar satu persatu, kali ini kita kupas WhatsApp dulu ya. Berikut ini kami berikan 5 tips memanfaatkan WhatsApp secara tepat untuk mendongkrak bisnis kamu.

Perbanyak Teman di WhatsApp

1-perbanyak-teman-anda-di-whatsapp
perbanyak teman anda di whatsapp

Semakin banyak jumlah teman yang kamu miliki di aplikasi whatsapp, maka akan semakin besar dan luas pula kesempatan produk kamu dapat dijangkau oleh para konsumen. Dengan adanya pertemanan yang terjalin di aplikasi whatsapp bisnis, juga akan mempermudah kamu untuk menawarkan produk yang kamu miliki. Terhubung dengan banyak teman (konsumen), juga akan mempermudah kamu dalam menanggapi respon dari para konsumen.

Kalau kamu masih mengelola facebook, itulah salah satu alasan kenapa banyak yang posting di grup untuk saling tukar nomor WhatsApp. Kita tidak pernah tahu siapa yang nantinya akan jadi konsumen sungguhan di antara calon-calon konsumen yang sudah dikumpulkan dari berbagai platform. Jadi, kalau kamu sudah meninggalkan facebook, coba deh cek dan temukan grup bisnis atau pelaku usaha. Dalam grup itu banyak yang saling berbagi informasi dan support satu sama lain.

Ganti Profile Picture WhatsApp Bisnis Kamu Secara Rutin

2-lakukan-penggantian-picture-secara-rutin-di-whatsapp
lakukan penggantian picture secara rutin di whatsapp

Melakukan promosi produk yang kamu jual tidak selalu harus dengan melakukan broadcast, personal chat ataupun memposting di grup. Mengganti foto profil kamu, juga dapat digunakan sebagai media promosi produk yang kamu jual. Dengan rutin mengganti foto profil memakai produk-produk yang kamu jual, maka akan semakin luas pula produk akan diketahui oleh para konsumen.

Sebagai contoh, jualan tas, bisa banget ganti profile picture whatsapp bisnis kamu dengan koleksi terbaru dari dagangan kamu. Dengan begitu, kontak kamu akan tahu jika ada koleksi baru yang mungkin saja bisa membuat mereka tertarik. Orang yang bisa saja tidak memantau story jualan kamu, jadi tahu eksistensi produk baru dengan bergantinya foto profil. 

“Kak, aku punya logo bisnis nih dan kalau aku pakai logo itu terus sebagai profile picture gimana?” Jawaban kami, tentu sangat tidak apa-apa. Itu untuk menunjukkan identitas sebuah usaha/bisnis dan ini juga sama sekali tidak salah. Banyak pelaku bisnis yang juga seperti ini, salah satunya tim kami. Poin “rutin mengganti profile picture” akan jadi solusi marketing juga tapi bukan sebuah kewajiban kok. 

Kamu tim apa nih? Sering ganti profile picture atau pakai logo usaha nih?

Buat Grup WhatsApp

3-buat-grup-whatsapp
buat grup whatsapp

Dengan adanya grup WhatsApp akan mempermudah kamu untuk melakukan promosi. Kamu tidak perlu melakukan promosi satu persatu secara personal kepada konsumen, tapi cukup dengan mempromosikan produk melalui grup-grup yang kamu ikuti.

Pengguna WhatsApp Bisnis baiknya tahu bahwa sebaiknya tidak melulu hard selling. Bagi yang belum tahu, hard selling adalah ketika kamu jualan yang benar-benar cuman lempar produk sama harga. Siapa sih yang tidak akan bosan kalau dikasih konten jualan terus? Nah, cara mengakalinya bisa dengan soft selling. Misalnya kamu share tips-tips bermanfaat yang ada kaitannya sama usaha kamu. Cara jualan seperti ini justru memberikan value lebih buat usaha kamu bahkan bisa bikin orang respect.

Kemudian muncul pertanyaan, “Tips apa ya? Aku bingung, kalau usahaku kayak gini, tips-nya terbatas banget dong ya?”. Nah, selain tips spesifik, kamu juga bisa share yang lebih umum tentang bisnis. Topik ini lebih aman supaya kamu tidak mati gaya atau kehabisan ide. Kamu bisa cek contohnya di Instagram @dikemasrumahkemasan .

Upload Foto Dengan Gambar yang Berbeda

4-usahakan-upload-foto-anda-dengan-gambar-yang-berbeda
usahakan upload foto anda dengan gambar yang berbeda

Dalam berbisnis, merupakan hal yang wajar jika kita menemukan saingan bisnis yang menjual produk yang sama. Jika barang produk kamu termasuk barang yang juga dipasarkan oleh toko online yang lain, maka tampilkanlah foto produk kamu dengan gaya/angle yang berbeda. Meskipun kamu menjual produk yang sama dengan para kompetitor, tapi pastikan bahwa produk yang kamu jual terlihat jauh lebih menarik melalui foto yang ditampilkan.

Berikan perhatian khusus terhadap konten foto produk. Seringkali beberapa dari kita tidak suka ribet, akhirnya foto/video seadanya, yang penting ada. Kalau dari persiapan saja sudah seadanya padahal masih bisa diupayakan supaya lebih baik, jangan nangis kalau toko sebelah lebih banyak yang lirik. Bisa yok bisa!

Sekalipun WhatsApp Bisnis, Jangan Keseringan Broadcast!

5-jangan-terlalu-sering-broadcast
jangan terlalu sering broadcast

Melakukan promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan dan menawarkan produk yang kamu jual kepada konsumen. Namun, apabila promosi tidak dilakukan dengan cara yang tepat, bisa jadi konsumen justru tidak tertarik kepada promosi produkmu, bahkan merasa terganggu dengan promosi yang kamu lakukan.

Salah satu contohnya adalah terlalu sering melakukan broadcast untuk promosi produk. Lakukanlah promosi di saat yang tepat atau saat dirasakan perlu. Misalnya, lakukan promosi saat memiliki produk baru atau diskon khusus. Mulailah menjadi penjual yang beretika, memiliki attitude yang baik, dan mematuhi kode etik yang berlaku.

Biar lebih gampang, coba posisikan diri sebagai target market. Kalau kamu akan merasa risih dengan suatu tindakan, usahakan untuk tidak melakukan hal serupa ke konsumenmu. Bisa-bisa nomor kamu diblokir karena mereka sudah males! 

Baiklah, semoga sedikit informasi dari kami ini bisa bermanfaat ya. Oh iya, atas wujud apresiasi kami atas antusiasme kamu buat sukses jualan, kami kasih e-book gratis yang bisa kamu download. Klik tulisan di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

Download “E-Book Gratis: Rahasia Bisnis Online Yang Belum Kamu Tahu” ebook-rahasia-bisnis-online.pdf – Downloaded 70 times – 5 MB

1 thought on “5 Kiat Praktis Berjualan Via WhatsApp, Sudah Tahu Belum?”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba