Tips Jualan Seblak Pedas Kekinian Lewat Media Sosial!

Tips jualan seblak bakal cocok banget buat kamu yang baru merintis usaha kuliner pedas kekinian yang satu ini. Kalau ngomongin soal tips jualan seblak kekinian pastinya nggak akan jauh-jauh dari strategi penjualan lewat media sosial. Sekarang ini media sosial telah menjadi alat marketing yang efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu media sosial juga cocok dimanfaatkan untuk melakukan promosi bagi usaha yang baru dirintis apalagi untuk bisnis kuliner pedas kekinian.

Sebagai pelaku usaha kuliner pastinya kamu juga ingin terus berkembang. Tujuannya agar produk yang kamu jual bisa menjangkau pasar yang luas dan makin banyak konsumen loyal yang berdatangan. Kegiatan promosi produk menjadi tahapan wajib yang harus dilakukan untuk bisa menjangkau calon pelanggan. Cara memasarkan suatu produk terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Biasanya tools yang dipilih adalah jalur yang paling mudah untuk menjangkau audiens yang luas. Misalnya promosi lewat radio atau media cetak menjadi cara yang paling banyak digunakan di masanya. Strategi promosi dalam dunia bisnis kemudian terus bertambah seiring dengan tren yang terjadi.

Tips Jualan Seblak Pedas Kekinian Lewat Media Sosial!

Tren Promosi Lewat Media Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, media sosial adalah tools yang saat ini menjadi tren untuk dimanfaatkan sebagai media promosi produk untuk menjangkau audiens yang luas. Kenapa pelaku usaha perlu promosi lewat media sosial? Sebab penyebaran informasi di media sosial sangat cepat dan efektif. Di mana dengan promosi lewat media sosial bisa memberi pengaruh besar kepada khalayak banyak. Menggunakan media sosial bisa dikatakan menjadi salah satu cara pemasaran paling cepat dan masif untuk menjangkau pasar yang luas.

Apalagi sekarang ini hampir semua orang dari berbagai kalangan dan usia merupakan pengguna aktif media sosial dengan berbagai platform yang beragam. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan platform media sosial chatting lainnya. Artinya hampir semua orang bisa dijangkau ketika menggunakan strategi promosi lewat media social untuk bisnis kuliner seblak pedas kekinian yang kamu jual.

Terlebih lagi kalau kamu kombinasikan dengan strategi promosi lainnya misalnya strategi word of mouth. Strategi word of mouth merupakan marketing strategy yang mengandalkan rekomendasi dan review dari konsumen. Baik secara personal maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa sehingga bisa menarik lebih banyak pelanggan baru potensial. Review yang diberikan pastinya bersifat positif dan membangun. Seperti kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau pelayanan. Hal ini akan mempersuasi dan menyakinkan orang lain untuk membeli produk kuliner pedas yang kamu jual.

Media sosial kalau untuk penggunaan pribadi memang kebanyakan dimanfaatkan sebagai ajang menjalin pertemanan. Tapi semakin ke sini media sosial sudah menjadi media serbaguna yang juga dimanfaatkan untuk mencari berbagai informasi. Termasuk mengenai produk yang ingin seseorang beli. Lewat media sosial seseorang bisa mencari tahu lebih detail soal produk yang ingin dibeli.

Misalnya saja makanan, dari situ orang akan cari tahu dari bagaimana komentar atau kesan dari pelanggan yang sudah datang lewat postingan dari akun penjual makanan tersebut. Serta informasi lain yang biasanya menjadi pertimbangan seseorang sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.

Tips Jualan Seblak Lewat Media Sosial

Maka dari itu sebelum kamu menyusun strategi promosi lewat media sosial, perlu dipersiapkan beberapa hal. Sebab melakukan promosi usaha kuliner pedas lewat media sosial tidak bisa asal-asalan. Mulai dari pemilihan platform, branding, segmen pasar, time line konten, dan hal lainnya yang penting dalam strategi promosi. Berikut ini beberapa tips jualan seblak lewat media sosial yang bisa kamu lakukan.

1. Tentukan Target dan Jenis Media Sosial

Sebelum memulai memasarkan produk kuliner pedas lewat media sosial, lakukan riset terlebih dahulu. Riset terkait target pemasaran dan jenis media sosial apa yang akan digunakan. Dengan begitu, pemasaran akan lebih efektif dan produk yang kamu jual bisa laku keras. Ketika produk yang kamu jual adalah seblak pedas kekinian kamu bisa jadikan anak-anak muda sebagai target market. Platform yang bisa kamu pilih adalah Instagram atau TikTok. Kedua platform tersebut penggunanya didominasi anak-anak muda. Berbeda halnya ketika segmen pasar kamu adalah kalangan orang tua atau generasi boomer. Kebanyakan dari mereka lebih aktif di Facebook. Beda karakter pengguna sosial media bisa dijadikan acuan untuk menentukan platform mana yang dipilih untuk promosi lewat media sosial.

2. Tips Jualan Seblak : Buat Konten Kreatif

Tips jualan seblak lewat media sosial yang kedua adalah jadikan konten kreatif untuk menguatkan value bisnis kuliner kamu. Untuk memasarkan suatu produk, baiknya menggunakan konten yang kreatif, bukan konten yang biasa-biasa saja. Dengan konten yang kreatif, setidaknya bisa menarik banyak pengguna media sosial untuk melihat terlebih dahulu konten yang kamu buat. Saat konten tersebut menarik, maka bisa menambah minat pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual.

Selain itu, dengan membuat konten yang kreatif, banyak orang yang akan membagikan konten kamu sehingga jangkauannya pun makin meluas. Kesempatan itu bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk kamu. Jangan lupa, usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat, jelas, dan menarik agar pengguna lainnya tidak merasa malas untuk melihat konten tersebut. Cari tahu lebih banyak soal model konsep promosi yang paling cocok digunakan. Pahami tren terbaru untuk membuat konten yang menarik sekaligus menjual. Memanfaatkan tren yang terjadi akan membuat promosi usaha kuliner seblak kamu jangkauan pasarnya lebih luas.

3. Jalin Komunikasi Efektif

Setelah menentukan target, memilih media sosial dan membuat konten kreatif, sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar. Coba untuk membuat postingan konten secara internal di kalangan terdekat kamu agar mereka lebih kenal dengan produk kamu. Langkah ini bisa dikatakan efektif jika orang-orang terdekat kamu dengan senang hati menyebarkan dan membagikan konten tersebut. Maka dari itu, jangan bosan untuk menjalin hubungan yang baik dengan kenalan di media sosial. Jika kamu sudah memiliki pembeli, mintalah mereka memberikan review di akun sosial medianya. Dengan demikian, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang. Berikan layanan yang baik kepada pelanggan bahkan setelah penjualan untuk memastikan mereka akan kembali membeli darimu.

4. Pilih Influencer yang Tepat

Saat ingin memperluas jaringan, kamu bisa meng-hire seorang influencer dengan skala mikro. Memanfaatkan mikro influencer dengan jumlah yang lebih banyak dinilai lebih efektif. Dibandingkan hanya menggunakan satu influencer besar. Tapi hal tersebut hanya berlaku untuk beberapa bisnis dengan ketentuan tertentu.Misalnya usaha jualan seblak yang kamu jalankan segmennya hanya lokal atau sekitar lokasi usaha saja. Maka kamu bisa manfaatkan anak-anak muda yang berdomisli sesuai lokasi usaha dengan follower setidaknya seribu untuk diajak kerjasama.

Tawarkan kerjasama kecil misalnya kalau mereka mau promosi usaha kuliner seblak kamu di akun pribadi, akan mendapatkan potongan harga atau penawaran paket menarik lainnya. Intinya saat menentukan influencer, pilihlah yang tepat dan sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa lebih efektif dalam memperluas informasi terkait produkmu itu. Pastikan biaya yang kamu keluarkan untuk menggunakan jasa influencer itu benar-benar terbayarkan dengan omzet yang sesuai.

5. Adakan Kontes Media Sosial

Kontes, kuis, give away, atau challenge merupakan salah satu cara paling ampuh dalam mempromosikan produk lewat media sosial. Cara ini patut dicoba karena usaha kuliner seblak kamu akan mendapatkan impresi yang tinggi dari target market. Selain itu keterlibatan target konsumen juga akan meningkat karena mereka pasti tertarik dengan hadiah yang ditawarkan. Buatlah kontes yang menarik seperti lomba vlog mukbang, foto produk, ucapan selamat, review produk, dan lainnya yang bisa meningkatkan brand awareness produk kamu.

Itulah ulasan seputar tips jualan seblak lewat media sosial yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kuliner pedas yang kamu jalankan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu Naik Kelas. Bagikan juga ke teman kamu yang lain ya.

Ikuti terus informasi menarik seputar strategi jualan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba