Membuka Peluang Kerja Dari Hobi Corat-coret Warna

Pengusaha MudaSelain memanfaatkan ilmu pengetahuan sebagai modal usaha, hobi atau kecintaan seseorang terhadap suatu bidang menjadi salah satu bekal yang bisa diangkat sebagai peluang usaha. Contohnya saja seperti pengusaha muda yang satu ini, Devriansyah Kurniawan (25) yang sejak tiga tahun silam sukses menekuni industri kreatif dari hobi corat-caret warna di atas media kanvas.

Mengawali perjalanan bisnisnya sejak tahun 2010 silam, Devriansyah yang memiliki hobi di bidang lukis ini mencoba menuangkan hobi melukisnya di media kanvas datar. “Ketika saat itu saya menyalurkan hobi di media kanvas datar, ternyata sulit sekali untuk menjual karya lukisan tersebut,” jelasnya kepada tim bisnisUKM.com.

Kesulitan inilah yang kemudian mendorong lelaki kelahiran Jakarta, 8 Desember 1989 ini untuk mulai mencari inspirasi usaha baru yang masih berhubungan dengan dunia lukis, yakni memproduksi sepatu lukis.

Di usianya yang bisa dikatakan sangat muda, Devriansyah nekat memulai bisnis sepatu lukis dengan modal pinjaman koperasi. “Saya meminjam modal ke koperasi mahasiswa sebesar Rp 1 juta yang saat itu saya gunakan untuk membeli sepatu polos dan bahan-bahan lukis lainnya,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Industri tersebut.

Industri Kreatif Tak Sejalan Dengan Sekolahnya

Walaupun bidang usaha yang dijalankannya tak sejalan dengan pendidikan yang Ia tempuh saat ini, namun pengusaha muda ini berhasil membuka peluang kerja dari hobi corat-coret warna yang Ia tekuni. “Sekolah saya sama sekali tidak berhubungan dengan bisnis saya, tetapi hobi saya ini sekarang bisa membukakan peluang kerja bagi sembilan orang karyawan,” jelas Devriansyah dengan bangga.

Dibantu oleh tenaga kerja yang Ia miliki, sekarang ini industri kreatif yang Ia jalankan telah berkembang pesat dan produk-produknya tak hanya berhasil merambah pasar nasional namun juga telah di ekspor sampai ke Hongkong. “Dengan memadukan pemasaran online maupun offline, sampai hari ini konversi penjualan produk sepatu lukis masih menduduki peringkat teratas,” kata alumnus SMK 2 Bangkalan.

Dalam menjalankan roda bisnisnya, kedepannya Devriansyah berharap bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi semua orang dan mampu menyalurkan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa untuk lebih mandiri dengan menjadi seorang pengusaha sukses. “Saya ingin mengubah mindset mahasiswa setelah lulus nanti tidak selalu harus mencari kerja, tetapi membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya,” pesan Devriansyah.

Tim Liputan BisnisUKM

1 Komentar

Comments are closed.