Memulai Bisnis Mahasiswa: Dengan Patungan, Lahir Es Burjo Nusantara!

Bisnis mahasiswa ini diawali dengan patungan dulu sejak awal 2020 sampai sudah sebesar sekarang jadilah Es Burjo Nusantara. Bisnis minuman kekinian ini mengubah burjo yang biasa aja jadi burjo naik kelas. Penasaran bagaimana perjalanan memulai bisnis mahasiswa ini? Langsung cek video lengkapnya bisa di cek di channel youtube TVBisnis berikut ini.

Memulai Bisnis Mahasiswa Es Burjo Nusantara

Perjalanan Memulai Bisnis Mahasiswa

Nah liputan kali ini akan membahas tentang perjalanan memulai bisnis 3 mahasiswa. Salah satu ownernya adalah David Kristian Nasution. Es Burjo Nusantara ini berada di Jalan Perumnas no 31 Condohgcayur Depok Sleman. Tepatnya berada di selokan mataram kota Yogyakarta. Asal mula 3 mahasiswa ini memulai bisnis ini dimulai dari kebiasaan mereka yang mana hampir setiap hari makan burjo (bubur kacang hijau).

Dari kebiasaan menyantap bubur kacang hijau tersebut mereka mempertanyakan, “Kenapa burjo selalu disajikan dalam mangkuk dan tidak di gelas saja yang bisa disedot dan bisa dibawa kemana – mana?”, begitu kata mereka. Kemudian lambat laun bisnis minuman di Yogyakarta cukup tinggi. Berangkat dari sana mereka memiliki pemikiran untuk membuka bisnis minuman yang berbeda. Namun masih bisa dinikmati semua orang. Mulai dari sana mereka membuat minuman dengan topping bubur kacang hijau dan ketan hitam.

Keunggulan Produk

Keunggulan dari minuman es burjo nusantara ini jika biasanya pebisnis minuman menjual dengan menggunakan susu instant. Berbeda dengan es burjo nusantara ini menggunakan susu murni asli. Alasannya karena agar lebih sehat dan bisa memperkenalkan susu murni pada masyarakat. Maka dari itu 3 mahasiswa tersebut membuat es burjo nusantara ini sebagai minuman yang berbeda dari yang lain, dengan bahan dasar bubur kacang hijau dan ketan hitam.

Pada awal memulai bisnis minuman ini untuk nama ada beberapa penentuan. Namun hingga akhirnya memilih nama es burjo nusantara ini karena nama burjo di Yogyakarta ini sudah cukup sering disebut oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Jadi sudah pasti tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Pilihan namanya jatuh pada nama nusantara karena harapannya es burjo ini bisa dikenal di seluruh nusantara.

Tantangan Bisnis Mahasiswa

Tantangan pertama yang dihadapi 3 mahasiswa tersebut dalam menjalankan bisnis ini adalah kuliah. Mereka yang masih berstatus mahasiswa ini harus memproduksi semua bahan – bahan sendiri. Terutama ketika memulai bisnis ini yang mana harus banyak melakukan uji coba untuk menemukan rasa yang sesuai. Kemudian untuk bahan dasar yang mana harus diolah lagi dari awal. Ini untuk menentukan bahan – bahan tersebut cocok dengan perpaduan topping lainnya.

Bahan Baku

Selanjutnya dari bahan susu, untuk susu mereka benar – benar mencari produk susu murni. Tentunya tidak bisa sembarangan untuk mendapatkanya. Maka dari itulah mereka mendapatkan langsung dari peternakan langsung. Untuk inovasi dan varian rasa mereka melakukan survey (riset) rasa minuman yang paling cocok dan digemari masyarakat.

Kemudian mereka juga menambahkan beberapa rasa yang belum dikenal orang. Namun dicoba untuk dikombinasikan dengan minuman es burjo ini. Tidak semua rasa bisa dimasukkan karena bahan utamanya sendiri adalah kacang hijau dan ketan merah. Jadi untuk varian rasa es burjo ini harus dilakukan survey.

Latar Belakang Bisnis

Dari ketiga mahasiswa ini tidak ada yang memiliki basic bisnis minuman. Namun mereka berani mencoba dan cari solusi setiap kali ada permasalahan meskipun mereka tidak memiliki pengalaman di bidang tersebut. Jadi benar – benar belajar dari coba gagal lalu cari lagi, dan coba lagi. Kemungkinan gagal nanti akan dicoba lagi. Sampai menemukan yang sempurna dan selalu mengevaluasi.

Butuh waktu 4 bulan bagi 3 mahasiswa ini untuk mempersiapkan segala hal sebelum secara resmi membuka es burjo nusantara. Dari mulai uji coba, supply barang, supply bahan sampai semua siap. Mereka memulai bisnis ini dari 0 kemudian memang konsepnya dimulai dari yang sederhana dan berusaha membangun es burjo ini dari awal.

Strategi Marketing

Dari minumannya sendiri mereka ingin menciptakan minuman yang berbeda. Namun bisa dinikmati semua orang dan ada disekitar kita. Strategi marketing yang dilakukan es burjo nusantara ini via media sosial khususnya instagram. Melalui konten dan gambar yang dibuat semenarik mungkin. Kemudian mulailah merambah ke digital atau toko online seperti halnya grabfood dan lain sebagainya.

Respon dari pelanggan terhadap es burjo ini cukup variatif. Kebanyakan orang menyukai dan merupakan inovasi minuman baru yang menarik. Dimana minuman ini memiliki rasa yang baru dan inovasi yang baru. Jika biasanya sudah banyak dipasaran minuman boba. Kini mereka menghadirkan minuman dengan topping baru yang lebih variatif.

Inovasi dan Kreasi

Es Burjo Nusantara ini memiliki 3 varian yakni burjo series yang mana dari susu murni dengan bubur kacang hijau, kemudian ada bubur ketan series yang terbagi dengan 4 rasa. Rasa pertama ada choco oreo, taro, red velvet dan green tea. Milk fresh series yakni dari susu murni. Ada 4 rasa choco oreo, green tea, red velvet dan taro.

Dikarenakan mereka saat ini masih bertiga dan juga masih duduk dibangku kuliah sehingga untuk jaga kedai harus menyesuaikan dengan jadwal kuliah masing – masing. Kemudian disesuaikan dengan tanggal dan jam free masing – masing.

Kesulitan Menjalankan Bisnis Mahasiswa

Untuk menjalankan bisnis ini sebenarnya cukup sulit dan menjadi tantangan tersendiri karena mereka bertiga yang mana beda ide, beda kreativitas yang berbeda. Namun langkah yang akan diambil mereka menyatukan 3 kepala adalah dengan berkumpul dan sharing. Kemudian barulah diambil keputusan.

Jika tidak ketemu maka coba untuk dikolaborasikan dan jalan terbaik mana yang akan diambil. Prinsip yang terus mereka pegang adalah mau menjalankan bisnis bertiga dan akan terus bareng tanpa ada yang egois. Sehingga mereka tetap bersikukuh untuk memulai bareng dan berjuang bareng.

Itu tadi adalah cerita menarik dari 3 mahasiswa yang patungan dan bersama – sama berjuang membuka bisnis mahasiswa dengan memilih bidang minuman kekinian dengan inovasi baru. Kreativitas dan inovatifnya ide mereka ini cukup menginspirasi.

Terutama para anak muda milenial, untuk bisa berbisnis bisa dimulai saat masih muda. Kalo terbatas soal modal usaha bisa patungan dulu. Begitulah prinsip dari 3 mahasiswa ini yang memulai dan berjuang membangun bisnis yang satu ini. Biar enggak cuman kamu aja yang terinspirasi. Nantikan video liputan menarik lainnya, seperti berikut ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba