Jual Baju Bekas Peluang Bisnis Fashion Mahasiswa

Jual baju bekas kesannya punya peluang bisnis fashion yang kecil. Peluang bisnisnya saja kecil bagaimana dengan pendapatan bisnisnya nanti? Eitss jangan salah sangka dulu. Usaha jual baju bekas sudah menjadi tren di negara-negara di dunia seperti Amerika atau pun negara di Eropa yang menjadikan pakaian atau baju preloved sebagai bisnis fashion yang menjanjikan.

Preloved itu sendiri merupakan kosa kata dari bahasa Inggris yang diartikan bahwa suatu barang yang pernah dimiliki akan berpindah tangan ke orang lain. Tapi ada juga pengertian lain dari barang preloved yaitu barang baru dipakai beberapa kali akan dibeli orang lain dan barang pemberian orang lain yang belum sempat dipakai akan berpindah tangan ke orang lain. Jenis barang-barang tersebutlah yang masuk dalam kategori barang preloved. Nah kebanyakan barang preloved ini adalah baju atau pakaian.

Peluang Usaha Jual Baju Bekas

Maka dari itu peluang bisnis jual baju bekas muncul karena produk fashion merupakan barang yang masa kepemilikannya terbilang singkat. Entah itu karena ukuran, model, sampai tren fashion yang terus menerus mengalami perubahan. Apa lagi bagi orang-orang yang sangat mengikuti tren fashion, sudah pasti akan ada banyak barang preloved yang menumpuk di lemari pakaian mereka. Dari sinilah kamu bisa mengambil peluang usaha jual baju bekas. Tapi yang harus kamu pahami untuk memulai bisnis fashion yang satu ini adalah memilih pakaian bekas yang akan kamu jual nanti dengan syarat utama pakaian masih layak pakai, bersih, dan kondisi masih bagus.

Jual Baju Bekas Peluang Bisnis Fashion Mahasiswa
amazonaws.com

Mungkin beberapa orang atau bahkan kamu sendiri masih menganggap sebelah mata bisnis fashion yang satu ini. Padahal sudah ada bukti nyata bagaimana bisnis baju bekas punya peluang yang sangat menjanjikan. Sebut saja Nasty Gal fashion line yang didirikan oleh Sophia Amoruso asal California Amerika Serikat yang pada awalnya menjual pakaian bekas yang dibeli dari toko barang bekas secara online di eBay. Kejeliannya dalam menemukan baju bekas berkualias membuahkan hasil hingga bisa mendirikan fahsion line sendiri.

Tips Memulai Bisnis Jual Pakaian Bekas

Bisnis jual baju bekas bisa dilakukan oleh siapa saja apa lagi buat kamu yang masih mahasiswa. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis ini. Selain keuntungan finansial sudah tentu kamu akan punya pegalaman bagaimana memulai usaha rintisan di bidang fashion. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan memulai bisnis pakaian preloved ini. Berikut Bisnis UKM akan memberikan ulasan lengkapnya.

Gunakan Media Sosial

Bisnis fashion online di zaman sekarang tentu harus memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. Kamu bisa gunakan instagram dan facebook untuk mengunggah pakaian-pakaian bekas yang kamu jual dengan hasil foto yang terbaik. Kamu bisa menggunakan konsep tanpa model serta sesi foto dengan model supaya unggahan foto produk tidak membosankan. Buatlah konsep foto yang menarik disesuaikan dengan tema pakaian yang akan kamu jual. Pakaian preloved ini pada dasarnya merupakan barang yang stoknya terbatas. Jadi buatlah setiap postingan punya temanya tersendiri sesuai dengan model pakaiannya. Gunakanlah hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkuan unggahan. Bukan cuma unggahan produk atau promosi secara hard selling saja yang harus kamu buat. Tapi konten yang menarik dan informatif juga harus kamu buat untuk meningkatkan pertumbuhan akun bisnis jual baju bekas kamu.

Jual Baju Bekas di Marketplace

Selain memanfaatkan media sosial untuk bisnis fashion online yang kamu jalankan, jual pakaian bekas di marketplace adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Sekarang sudah banyak marketplace yang bisa kamu gunakan untuk menjadi toko online dari bisnis fashion jual baju bekas yang kamu jalankan. Sama halnya dengan penggunaan media sosial, kamu perlu mengunggah foto-foto baju bekas yang kamu jual dengan kualitas terbaik. Tapi jangan sampai kamu melakukan over editing sampai memberikan kesan yang jauh berbeda dari aslinya. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan jenis pakaian yang akan kamu jual. Rutinlah untuk melakukan update status stok barang dan menjawab pertanyaan calon pelanggan yang masuk. Perhatikan juga rating toko online kamu.

Tulis Deskripsi Baju Bekas

Ketika kamu menjalanan bisnis fashion online jual baju bekas, maka kamu harus menuliskan keadaan sebenarnya seperti apa. Kalau memang ada kerusakan, noda, atau kekurangan lainnya, kamu harus tuliskan secara detail agar pembeli tidak merasa kecewa dengan baju bekas yang kamu jual. Tulislah deskripsi produk secara jujur. Hal ini akan memperbesar kemungkinan pelanggan akan membeli kembali barang preloved yang kamu jual.

Tentukan Harga Baju Bekas

Harga adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu menjual barang preloved dengan harga yang terlalu tinggi. Cobalah berikan harga jual yang sesuai dengan barang dan kualitas barang preloved. Walaupun barangnya masih bagus, kamu jangan berharap mendapatkan harga sesuai seperti awal pembelian. Untuk menarik pembeli, kamu juga perlu memberikan harga yang bisa ditawar. Tapi kamu juga harus pintar dalam melakukan strategi menaikkan harga terlebih dahulu, sehingga harga yang ditawar nantinya tidak akan terlalu rendah dan kamu tetap bisa mendapat keuntungan.

Pahami Kondisi Baju Bekas

Sebelum kamu menjual baju bekas, sebaiknya kamu mengetahui kondisi baju-baju bekas yang akan dijual terlebih dahulu. Pada dasarnya, baju bekas yang bisa dijual adalah baju yang bisa dipakai lagi oleh orang lain. Maka dari itu pilihlah baju bekas yang akan dijual dengan estimasi kelayakan bisa dipakai hingga tiga sampai empat tahun ke depan. Selain itu sebelum menjual baju bekas ke pelanggan pastikan keadaan pakaian bersih. Cuci dan setrika dengan benar baju bekas yang akan kamu jual. Kondisi baju bekas yang rapi dan bersih sudah pasti akan meningkatkan minat dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis jual baju bekas yang kamu jalankan.

Aktif Ikut Event

Hal terpenting agar bisnis jual baju bekas atau preloved yang kamu jalankan terjual dengan cepat adalah mengikuti event. Sebenarnya kamu bisa mengikuti event jenis apapun baik itu bazaar, konser, atau event lokal. Tapi yang perlu jadi pertimbangan utama kamu adalah mengikuti event yang memiliki potensi konsumen yang akan membeli barang-barang atau baju bekas. Misalnya event musik, event hobi, bahkan event barang bekas sudah banyak diselenggarakan dengan modern dan audiens yang lebih banyak. Apa lagi untuk event dengan tema vintage yang sekarang ini anak-anak muda juga sudah menjadi partisipan aktif. Sudah tentu potensi pasarnya akan sangat menguntungkan untuk bisnis fashion jual baju bekas kamu.

Itulah ulasan tentang jual baju bekas yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis fashion. Semoga tulisan ini bisa beranfaat untuk kamu dalam memulai usaha pakaian. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis fashion yang kamu jalankan semakin #NaikKelas . Ikuti terus ulasan menarik tentang bisnis fashion lainnya hanya di Bisnisukm.com . Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak yang terdorong untuk menjalankan bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba