Tips Usaha Bubur Ayam Sukses Skala Rumahan

Usaha bubur ayam menjadi salah satu jenis bisnis kuliner yang peluangnya menjanjikan. Bagaimana tidak, sajian sedap bubur ayam merupakan menu sarapan yang digemari banyak orang dari beragam kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua menjadikan bubur ayam sebagai menu sarapan lezat dan mengenyangkan. Apa lagi kalau kita lihat di akhir pekan akan banyak orang-orang yang melakukan aktivitas olahraga di luar rumah kemudian menjadikan bubur ayam sebagai menu sarapannya. Jadi tidak heran kalau pelaku usaha bubur ayam bakal panen keuntungan di akhir pekan. Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha bubur ayam sukses? Jangan khawatir kalau kamu masih pemula, sebab untuk usaha kuliner bubur ayam ini bisa dimulai dari skala rumahan.

Memulai Usaha Bubur Ayam

Peluang usaha bubur ayam masih sangat menjanjikan buat kamu sebagai pemula. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan bisa dimulai dengan bisnis kuliner skala rumahan. Untuk memulai usaha bubur ayam tentu kamu perlu modal utama yaitu tahu betul bagaimana membuat sajian bubur ayam yang lezat sesuai dengan selera pasar. Sebab persaingan utama dalam dunia bisnis kuliner adalah soal rasa. Kalau kebanyakan orang bilang “rasa nggak pernah bohong” setuju? Nah supaya usaha bubur ayam kamu ramai pelanggan karena rasanya yang lezat berikut ini Bisnis UKM bagiakan resep dasar bubur ayam yang bisa kamu jadikan referensi untuk dikembangkan.

Resep Bubur Ayam

Tips Usaha Bubur Ayam Sukses Skala Rumahan
detik.net.id

Bahan Bubur

– 150 gram beras

– daging ayam 125 gram

– telur ayam 100 gram

– 10 gram margarine

– seledri dan daun bawang secukupnya

– merica secukupnya

– bumbu penyedap sedikit

– garam secukupnya

Bahan Sambal

– cabai merah 5 buah

– tomat 1 buah

– garam dan terasi secukupnya

Cara Pembuatan Bubur Ayam

1. Rebus daging ayam hingga matang, kemudian potong dadu daging ayam.

2. Didihkan kembali air kaldu rebusan ayam sisakan sebagian untuk kuah. Sisanya didihkan untuk memasak beras.

3. Tunggu beras sampai jadi bubur, kemudian beri garam, merica dan bumbu penyedap.

4. Masak telur dadar dengan margarine kemudian potong tipis-tipis.

5. Buat sambal tomat dengan bahan sambal. Tumbuk sampai halus.

5. Sajikan bubur dalam mangkuk. Taburi dengan potongan daging ayam, potongan telur dadar, seledri, dan sambal sesuai selera. Siram dengan kuah secukupnya.

6. Bubur ayam siap disajikan.

Modal Usaha Bubur Ayam

Tidak perlu modal yang besar untuk memulai usaha bubur ayam apa lagi kalau dimulai dari skala rumahan. Cukup siapkan investasi awal untuk peralatan dan perlengkapan operasional usaha. Tidak perlu biaya sewa lapak usaha yang biasanya memakan modal cukup banyak. Berikut ini analisa modal usaha bubur ayam yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memulai bisnis kuliner menjanjikan yang satu ini.

Biaya Awal

Gerobak Rp 1.000.000

Peralatan Masak Rp 500.000

Meja Panjang 2 Buah Rp 500.000

Kursi 10 Buah Rp 500.000

Peralatan Makan Rp 250.000

Sepaket Kompor Gas Rp 750.000

Jumlah Biaya Awal Rp 3.500.000

Biaya Operasional

Beras 5kg per hari Rp 50.000 x 30 = Rp 1.500.000

Ayam 3 potong per hari Rp 75.000 x 30 = Rp 2.250.000

Bumbu sebulan Rp 500.000

Total Biaya Operasional Rp 4.250.000

Pendapatan

Per Hari 30 mangkuk x Rp 10.000 x 30 Hari = Rp 9.000.000

Laba Rp 9.000.000 – Rp 4.250.000 = Rp 4.750.000

Ketika kamu menjalankan usaha kuliner ini tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Usaha bubur ayam bisa punya kelebihannya sendiri buat kamu yaitu bubur ayam merupakan olahan makanan yang banyak dicari dan diburu oleh banyak orang. Kisaran harga murah serta mudah untuk dijangkau oleh semua kalangan. Rasa bubur ayam yang disukai banyak orang adalah rasa gurih dan lezat. Jadi menjadikan peluang bisnis bubur ayam skala rumahan untuk pemula akan sangat cocok. Bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Tapi ada juga kekurangan dari usaha bubur ayam skala rumahan ini yaitu produk bubur ayam akan sangat mudah basi jika tidak habis dalam satu hari. jadi kamu perlu menyiasati jumlah produksi perhari melalui analisa usaha yang tepat. Sehingga kamu bisa meminimalisir kerugian.

Tips Memulai Usaha Bubur Ayam Sukses

Setelah kamu sudah paham betul bagaimana membuat sajian bubur ayam yang lezat, perhitungan modal yang tepat, dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya selanjutnya Bisnis UKM akan membagikan tips untuk menjalankan usaha bubur ayam sukses. Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Sediakan Variasi Menu

Menu bubur ayam memang cenderung itu-itu saja. Menjalankan usaha bubur ayam dengan menu yang secara umum disajikan memang tidak salah dan potensi mendapatkan keuntungan tetap ada. Tapi akan lebih baik kalau kamu berani tampil beda. Sediakan sajian menu baru yang unik tapi tetap menggunakan sajian utama bubur ayam. Ada banyak variasi menu unik yang bisa kamu coba. Misalnya variasi menu bubur ayam kuah soto, bubur ayam kuah kuning, dan bubur ayam kuah manis. Kalau kamu senang  kuliner Internasional, tidak ada salahnya memadukan bubur ayam dengan kuah tomyam atau bulgogi. Kamu juga bisa menyediakan menu lain seperti sate usus, sate ati, sate telur, aneka minuman, dan aneka kerupuk.

2. Persaingan Harga

Siapa yang tidak suka menyantap bubur ayam lezat dengan harga yang terjangkau? Kalau kamu sudah mendapatkan nilai plus dari variasi menu, aspek yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Memasang harga yang lebih terjangkau dari para pesaing, bukan tidak mungkin usaha bubur ayam kamu akan mendapatkan banyak pelanggan baru. Tentu saja, meskipun harganya terjangkau, kamu tetap harus memperhatikan rasanya. Rasa adalah nyawa dari makanan, sehingga sekali saja pembeli mendapatkan rasa yang tidak lezat pada makanan, sangat berpotensi untuk tidak kembali menjadi pelanggan.

3. Kualitas Bubur Ayam

Banyak pelanggan sangat memperhatikan tentang kebersihan dan cara pengolahan bubur ayam. Jangan sampai, proses pembuatan yang dilakukan di tempat kurang bersih membuat pelanggan kamu pindah ke tempat lain. Begitu juga dengan lingkungan sekitar tempat usaha bubur ayam. Kamu harus perhatikan betul kebersihannya mulai dari sampah, saluran limbah, tempat cuci perlatan, sampai meja dan kursi pelanggan. Menjaga kebersihan sekaligus cita rasa bubur ayam menjadi poin penting untuk usaha bubur ayam suskes.

4. Amati Pesaing Usaha

Bubur ayam adalah bidang usaha yang banyak dijalankan di beberapa tempat. Bahkan dalam satu kawasan, ada beberapa penjual bubur ayam yang siap didatangi pembeli. Kamu perlu memerhatikan dengan benar setiap pelaku bisnis bubur ayam di sekitar tempat kamu berjualan. Temukan celahnya agar kamu bisa tetap bersaing dengan supportif. Misalnya kamu bisa menyediakan layanan delivery bagi pelanggan. Untuk menyediakan layanan delivery sudah tentu kamu perlu kemasan bubur ayam yang tepat. Supaya bisa memudahkan dalam proses antar dan tetap aman saat berada di tangan konsumen. Kemudian kamu juga bisa menyediakan menu dan layanan lain yang belum dilakukan oleh kompetitor.

Itulah ulasan dan tips usaha bubur ayam sukses yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjalankan bisnis kuliner yang menjanjikan satu ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kuliner kamu makin #NaikKelas . Ikuti terus informasi seputar peluang usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com . Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis kuliner!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba