Oz Kopi Sajikan Kopi Nusantara Bernuansa Klasik Nan Cozy

Lindra Danu Saputro atau sering dipanggil Lilik atau Lindra. Merupakan ownner dari OZ Kopi. Ia memperkenalkan usaha keduanya setelah percetakan, yakni usaha kopi yang terinspirasi adiknya bernama Heri yang sering memotivasi dari hasil nongkrong dan ngopi. Lalu muncul gagasan untuk menekuni usaha kopi.

Akhirnya pelan – pelan membuka usaha kopi. Sebenarnya Ia sudah memiliki usaha sebelum usaha minuman kopi ini yakni percetakan namun kebetulan sudah ada yang menghandle sehingga kini Ia beralih usa menekuni usaha kopi yang diberi nama OZ Kopi.

Ia mengawali usaha kedai kopi ini dengan perlahan tapi pasti, Ia mulai menjalankan usaha kopi ini dengan apa yang ada secara manual. Ia mengaku selalu konsultasi dengan teman – teman dan kerja sama agar kedepannya lebih baik dan OZ Kopi jadi tempat nongkrong nyantai yang paling nyaman baik untuk anak muda maupun orang tua. Kami berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik.

Usaha Kopi Nusantara Nuansa Jawa

Usaha Dari Kegemaran

Kenapa memilih usaha kopi? dan bagaimana konsep usaha OZ Kopi ini?
Pada awal mulanya keluarga kami suka dengan kuliner makan, minum, ngopi dan nongkrong. Mulai dari itu kita ada gagasan untuk menciptakan usaha sendiri. “Dari pada jauh – jauh nongkrong kenapa tidak membuka usaha kopi sendiri dan nongkrong di kedai sendiri?”, begitu katanya.

Jadi bisa lebih dekat dengan teman – teman juga, banyak relasi lagi untuk pengembangan usaha dan untuk nambah saudara. Dengan memiliki usaha kedai kopi sendiri maka akan lebih banyak kenalan dari para tamu – tamu atau saudara lainnya yang datang ke kedai.

Mempelajari Tentang Jenis Kopi Nusantara

Untuk mengenal jenis kopi sebelum memutuskan usaha kopi kebanyakan dari klien dan juga otodidak. Sebelumnya yang memang keluarga yang suka ngopi dan nongkrong mempelajari apa saja jenis kopi, rasa kopi, kebetulan juga channel klien dan distributor kopi.

Nah Ia coba semua seperti kopi robusta, arabica dan kopi – kopi original yang lainnya dari beberapa daerah yang nantinya akan diadopsi. Dan mencarikan barista yang bisa meramu kopi yang bisa menjadi ciri khas OZ Kopi.

Menu OZ Kopi ada beberapa varian ada juga yang original, avocado yang dicampur dengan kopi dan ice cream cukup banyak digemari oleh kaum hawa terutama anak muda. Nah avocado dan kopi yang diramu oleh barista kami yang kini menjadi tonjolan OZ Kopi.

Oz-Kopi-Sajikan-Kopi-Nusantara

Konsep Kopi Nusantara Nuansa Jawa

Konsep kedai OZ Kopi ini memang bernuansa Jawa dan hanya mengembangkan apa yang sudah ada. Dimana kedai ini terbuat dari rumah limasan. Ia bermaksud untuk memperkenalkan budaya Jawa, Jogja ini dan mengembangkan apa yang ada. Jika sudah berkembang nantinya nuansanya akan tetap sama dan tidak dirubah yakni nuansa Jawa namun hanya akan lebih tingkatkan dan dikembangkan, tetap berbudaya yang ada disekitar kita.

OZ Kopi ini tidak hanya menjual aneka kopi tapi juga ada pelengkapnya snack kecil. Untuk snack kita lebih ke jajanan ndeso seperti, mendoan, pisang goreng,kentang goreng, nasi goreng nasi gila, dan masih ada beberapa yang lain. Untuk minuman juga ada yang nonkopi yakni taro, greentea, redvelvet.

Strategi Pemasaran Oz Kopi

Strategi pemasaran yang digunakan di kedai OZ Kopi sementara menggunakan sosial media dengan mengandalkan instagram dan facebook. Kita tidak hanya manual saja, belajar juga mengikuti zaman. Mengikuti strategi marketing online bekerjasama dengan ojek online. Selain itu juga menggunakan media elektronik baik online maupun offline, untuk media offline kita menggunakan media cetak.

Kemudian mengandalkan kemasan sebagai bahan untuk promosi. Dengan adanya logo, nama brand dan label ini berguna untuk mengenalkan kepada masyarakat. Ini menjadi salah satu senjata agar bisa bersaing dengan usaha sejenis. Dengan begini maka masyarakat akan lebih mudah mengenal produk dan ciri khas OZ Kopi.

Kemasan Menarik Sebagai Media Promosi

Kemasan yang bagus dan informatif memang terbukti dapat meningkatkan penjualan. Salah satu media yang sangat berguna untuk memperkenalkan produk. Merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menjunjang pemasaran. Jadi kosumen tidak hanya mendengar dan melihat brosurnya saja tapi juga melihat tampilan kemasan yang ekslusif juga sehingga menarik para konsumen.

Strategi pemasaran yang digunakan selama ini paling ampuh dan tepat sasaran sebenarnaya 50% / 50% jadi ojek online lumayan cukup banyak yang dine in juga banyak. Ada kalanya bulan – bulan tertentu naik, yang datang berkunjung ke kedai OZ Kopi langsung menikmati suasana disini banyak. Jadi berimbang, sehingga harus sejalan online berjalan offline pun juga begitu.

Oz-Kopi-Bernuansa-Klasik-Nan-Cozy

Memilih Lokasi Usaha

Untuk lokasi memang sedikit agak masuk ke dalam – dalam gang dibandingkan yang di kota – kota, sehingga memang sedikit agak sulit. Namun inshaAllah untuk orang – orang yang sudah mengenal OZ Kopi akan balik lagi.

Nah untuk kendalanya memang ada harus lebih giat lagi untuk memasarkan dan publikasi. Dengan adanya kerjasama dengan pemasaran online di media sosial dan kemasan yang menarik inshaAllah produk OZ Kopi akan lebih dikenal luas oleh masyarakat seiring dengan berjalannya waktu.

Dulu pada awalnya sebelum menjadi pengusaha Ia mengaku pernah menjadi pegawai dan menuturkan ketidaknyamanannya menjadi pegawai yang harus tepat waktu, disuruh dan mengeluhkan waktunya berkurang bersama keluarga. Sehingga Ia mencoba usaha kopi kecil – kecilan, kan semua berawal dari kecil kemudian tumbuh menjadi besar.

Motivasi Utama Membangun Usaha Kopi Nusantara

Harus berani, nekad yang didasari dengan ketekunan, dalam artian harus serius dan tidak hanya buka usaha namun tidak ditekuni. Harus berjuang dengan sungguh – sungguh dan ditekuni. Dan enaknya jika punya usaha sendiri kita bisa maksimal 24 jam untuk membangun usaha sendiri.

Kalo dulu waktu masih menjadi pegawai merasa kerja lelah naum hasilnya segitu saja kini meski hasil sedikit tapi usaha sendiri. Bisa menikmati jerih payah sendiri, yang dirintis dari bawah akhirnya bisa dinikmati sendiri. “Yang menjadi motivasi dalam menekuni usaha ini yakni jika dulu susah payah bisa membangun usaha orang lain, bekerja untuk orang lain masa sekarang mengembangkan usaha sendiri tidak bisa?”, Begitu katanya.

Harapan Kedepan Jangka Panjang

Dengan bissmillah dengan kekuatan doa pada Allah inhsaAllah akan menuntun pada keberhasilan. Harapan jangka panjang akan lebih mensolidkan team, memiliki berjiwa besar, sabar, ulet bisa dipercaya keterbukaan satu sama lainnya.

Agar team bisa lebih cepat berjalan memajukan usaha Kopi OZ ini kalau teamnya saling mendukung. Harus siap, pantang menyerah dan saling mengisi karena di dalam team itu pasti ada kekurangan dan kelebihan, jadi kemajuan ada disitu, team yang saling menutupi adalah kemajuan. Kita tidak mungkin berhasil jikalau sendiri – sendiri.

Pesaing Menjadi Motivasi Untuk Lebih Kreatif

Dengan adanya pesaing bukanlah suatu masalah, disini untuk usaha sejenis sebenarnya ada yang berjarak 1 meter, disini juga dikelilingi kedai kopi yang mulai menjamur. Ini karena minuman adalah bisnis yang mudah untuk dilihat, gampang dirasa, ditiru dan mudah dipelajari.

“Dengan adanya kompetitor bukan masalah, dengan adanya banyak usaha yang serupa konsumen akan lebih banyak pilihan dan bisa menilai sendiri dimana dia akan menjadi konsumen yang loyal. Nah begitu pula jika dia cocok dengan menu – menu yang ada di OZ Kopi maka akan datang terus dan terus kesini”, begitu katanya.

Harapan Kedepan Untuk OZ Kopi

Ia mengatakan bahwa tidak pernah khawatir dengan adanya pesaing dengan begitu maka akan lebih mencoba memberikan variasi secara terus menerus, mengembangan menu yang ada. Atau pun merubah dan membenahi apa yang kurang bagus, lebih gencar pemasaranya. Harapannya bisa berkompetisi yang sehat dan baik.

Sekian inspirasi dari pengusaha kedai Kopi nusantara yang beralih dari pegawai dan memilih menjadi pengusaha kedai kopi nusantara bernuansa klasik nan cozy. Semoga bermanfaat dan menginspirasi siapapun yang membaca. Semoga sukses ya :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba