Trik Pemasaran Produk Paling Tepat Untuk Bisnis Mebel & Furniture

Trik Pemasaran Produk Paling Tepat Untuk Bisnis Mebel & Furniture

Trik pemasaran memang sering kali digunakan, bahkan bukan lagi sering tapi memang sangat penting digunakan untuk membuat strategi dalam meningkatkan penjualan produk. Tak lain untuk memasarkan mebel dan furniture ini tentunya perlu adanya trik pemasaran paling tepat. Trik pemasaran dinilai sangat prospektif untuk membuat bisnis tetap bertahan dipasaran pastinya, inilah mengapa trik dalam memasarkan sangat dibutuhkan.

Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang belakangan ini sangat pesat, ditambah lagi dengan dukungan teknologi yang terus maju, secara tidak langsung mendorong perusahaan mebel dan furniture agar berusaha meningkatkan produksinya. Selain itu, pelaku bisnis mebel dan furniture juga sebisa mungkin mempertahankan kualitas prduk agar bisa tetap bertahan di tengah pasar yang semakin hari kian kompetitif.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sampai dengan saat ini prospek untuk bisnis mebel maupun bisnis furniture masih cukup bagus. Banyaknya para konsumen yang masih membutuhkan perlengkapan untuk mengisi rumahnya menjadikan bisnis ini masih terus ramai dan dibutuhkan. Tetapi untuk menjadikan bisnis Anda tetap eksis tentu saja membutuhkan usaha yang tidak mudah karena kompetisi bisnis sudah semakin ketat.

Trik Pemasaran Produk Mabel dan Furniture 

Untuk mensiasati kondisi tersebut, berikut ini kami informasikan beberapa strategi pemasaran yang berguna bagi pengusaha mebel maupun furniture di Indonesia.

Tentukan Target Market Dengan Jeli

Pilihlah target market yang memang benar-benar ingin Anda tangkap. Dengan menentukan target market secara tepat, maka Anda akan menjadi lebih fokus dalam menentukan strategi pemasaran. Nah lalu bagaimana cara menentukan target market secara tepat? Agar tidak salah dalam menentukan target pasar maka kamu perlu meriset terlebih dahulu target di lingkungan sekitar tempat Anda berjualan.

Pilih Lokasi Yang Mudah Dijangkau

Setiap kali memutuskan untuk membuka tempat usaha apapaun itu tentunya harus memperhatikan lokasi usaha yang akan digunakan sebagai outlet atau toko untuk memajang produk Anda. Lokasi sangat berpengaruh pada penjualan. Meskipun promosi bagus apabila lokasi sulit dijangkau dan tidak didukung dengan adanya beberapa faktor tentu akan membuat penjualan terhambat.

Maka perlunya memperhatikan beberapa faktor berikut seperti, lalu lintas dan keramaian, harga sewa tiap bulan atau tahun, kebersihan dan kenyamanan tempat dan lokasi, serta keamanan. Pilih lokasi dengan akses jalan yang mudah dijangkau dan tentunya juga luas ada lahan parkir sehingga tidak menggangu pengendara jalan lainnya.

Perkenalkan Toko Mebel Anda

Agar bisnis mebel yang Anda jalankan bisa dikenal secara luas oleh masyarakat atau target market, Anda harus memperkenalkannya dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan memasang spanduk, membagikan brosur, memasang iklan di majalah dan yang tidak boleh terlupakan adalah menggunakan kekuatan sosial media. Yang perlu diingat dalam setiap iklan yaitu membuatnya semenarik mungkin sehingga bisa menguras perhatian banyak orang ke produk Anda.

Penataan Toko Secara Menarik

Atur dan buatlah penataan toko Anda agar terlihat nyaman, rapi dan menarik, dengan begitu calon customer tertarik dan merasa betah untuk berkunjung ke toko mebel Anda. Pastikan bahwa setiap 2 minggu atau satu bulan sekali Anda menata ulang tampilan toko mebel Anda, terutama di bagian-bagian tertentu yang secara langsung terlihat dari luar. Dengan begitu toko mebel furniture Anda akan terlihat hidup dan juga tidak membosankan.

Menjaga Kebersihan Toko

Tempat yang bersih dan wangi tentu akan membuat para konsumen yang berkunjung akan merasa nyaman dan betah berlama – lama sambil melihat- lihat produk lainnya. Sehingga bisa tertarik dengan produk lainnya. Selain itu tempat yang bersih lagi wangi tentu akan membuat konsumen senang datang dan menjadikan toko mu tempat pilihan untuk membeli produk.

Tata ruangan sedemikian rupa agar tidak terlihat sempit dan jaga kebersihan toko Anda. Pastikan bersih dan tidak ada debu yang menempel pada furniture, apalagi lantai yang berserakan dengan debu dan bercak air maupun kotoran lainnya.

Tambahkan pengharum ruangan dan pastikan penerangan dalam ruangan baik dan yang terakhir penting adanya ventilasi udara agar sirkulasi udara dalam ruangan baik sehingga tidak sumpek. Bila perlu sediakan kipas angin atau AC agar ruangan tidak pengap dan panas. Dengan adanya beberapa fasilitas yang Anda berikan tentu akan membuat toko menjadi semakin nyaman.

Jual Beberapa Produk Dengan Harga Murah

Strategi pemasaran lainnya yang bisa menarik perhatian calon konsumen adalah menjual beberapa produk dengan harga yang lebih murah dibanding dengan toko lainnya. Tulis penawaran harga murah tersebut pada spanduk. Dengan menjual beberapa produk dengan harga murah, maka calon konsumen akan mempunyai persepsi bahwa toko mebel yang Anda jalankan menjual produk murah. Hal ini secara otomatis akan mendorong calon konsumen mengunjungi toko Anda kembali saat mereka membutuhkan produk mebel.

Kerjasama Dengan Pengembang Perumahan

Cobalah untuk menjalin kerjasama dengan pengembang perumahan yang ada di daerah sekitar Anda. Beberapa pengembang perumahan dengan skala kecil dan menengah biasanya akan memeberikan bonus furniture kepada para pembeli rumah baru. Inilah kesempatan bagi Anda untuk dapat menjual produk dengan kuantitas yang lebih besar.

Berikan Pelayanan Memuaskan

Agar pelanggan Anda memiliki kesan yang positif, maka diwajibkan bagi semua karyawan yang bertugas di toko mebel Anda untuk memberikan pelayanan yang baik baik dan memuaskan bagi semua pelanggan yang datang. Keramahan dan sikap yang mau membantu dengan tulus akan sangat dihargai oleh para pelanggan. Pelayanan di sini akan sangat menentukan pelanggan datang lagi atau tidak ke toko Anda.

Berikan Diskon Untuk Para Pelanggan

Tentu Anda menginginkan jikalau pelanggan repet order dan mempercayakan toko Anda sebagai tempat pembelian furniture ya? Nah lalu bagaimana agar membuat para pelanggan yang pernah membeli barang di toko mu bisa kembali? Berikan diskon atau potongan harga kepada pelanggan yang sudah pernah membeli produkmu. Bisa juga Anda memberikan hadiah atau bingkisan kepada pelanggan yang merekomendasikan teman, saudara, kerabat atau orang – orang disekitarnya untuk membeli furniture ditokomu.

Gratis Ongkir Untuk Pelanggan Dengan Radius Tertentu

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan layanan gratis ongkir kepada pelanggan dengan radius tertentu. Tentunya ini akan membuat tokomu tetap bertahan dipasaran dan menjadi pilihan terbaik pelanggan di daerah sekitar tokomu. Dijamin pasti banyak yang menjadikan tokomu pilihan pertama untuk membeli furniture. Sekarang ini siapa sih yang tidak menyukai potongan harga, diskon dan gratis ongkir? Banyak yang mengincar beberapa promo untuk menghemat biaya.

Pengumpulan Point Untuk Penukaran Hadiah

Pelanggan akan sangat tertarik dan senang jika mendapat hadiah. Meskipun jumlah atau nominalnya tidak cukup besar namun nyatanya bisa menggugah minat pelanggan. Rasa penasaran dan bahagia ketika mendapatkan hadiah tentu menjadi kebanggan tersendiri. Nah untuk membuat pelanggan repet order Anda bisa mengandalkan satu cara ini. Berikan point untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Berikan hadiah apabila sudah memenuhi point yang sudah ditentukan.

Sekian trik pemasaran produk penjualan mebel dan furniture yang bisa kita bagikan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat dan salam sukses :)

Sumber gambar : http://west41st.com/wp-content/themes/classifiedstheme/thumbs/HD_Furniture_Sale_May_2013.jpg

5 thoughts on “Trik Pemasaran Produk Paling Tepat Untuk Bisnis Mebel & Furniture”

  1. Lagi nyari penadah furniture.
    Barangkali ada yg mau dengan hasil furniture saya,saya siap melayani dengan senang hati

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba