Pelatihan Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya

Peserta dan pemateri pelatihan budidaya jamur tiram angkatan ke-50 Permintaan pasar jamur tiram yang masih sangat menjanjikan, kini mulai menarik minat masyarakat di berbagai daerah. Bahkan saat ini tak hanya para petani di daerah dataran tinggi saja yang tertarik menekuni bisnis jamur tiram, namun masyarakat perkotaan yang berasal dari berbagai macam profesi juga mulai melirik bisnis jamur sebagai salah satu peluang usaha yang menggiurkan.

Hal ini dibuktikan ketika BisnisUKM.com bersama Berbisnisjamur.com mengadakan pelatihan budidaya jamur tiram beserta olahannya, untuk angkatan yang ke-50. Acara yang diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 29-30 Juli 2016 ini diikuti oleh empat orang peserta yang memiliki latar bekalang berbeda-beda. Ada yang masih berstatus sebagai mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan sampai kalangan pengusaha yang ingin mencoba peruntungan baru di bisnis jamur tiram.

Menghadirkan para praktisi bisnis jamur yang membantu para peserta untuk mengenal seluk beluk bisnis jamur tiram dari mulai pembibitan, proses budidaya, hingga panen dan diolah menjadi produk makanan serba jamur, pelatihan angkatan ke-50 tersebut diikuti oleh dua orang peserta dari Jakarta, seorang dari Kendari, dan yang terakhir dari Klaten, Jawa Tengah.

Di hari pertama pelatihan, peserta mendapatkan materi pengantar untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi bisnis jamur tiram. Setelah dua jam mendapatkan teori kelas yang disampaikan trainer BisnisUKM.com, para peserta diajak untuk berkunjung langsung ke petani jamur tiram.

Disana peserta tidak hanya melakukan kunjungan untuk melihat proses penataan rak pada kumbung jamur, namun mereka juga diberikan kesempatan untuk praktek melakukan perawatan budidaya jamur, metik jamur yang siap panen, dan yang terakhir praktek membuat aneka macam produk olahan jamur. Sebut saja seperti cara membuat keripik jamur, nugget jamur, dan sate jamur tiram.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Memasuki hari kedua pelatihan budidaya jamur tiram, peserta kembali mendapatkan informasi seputar strategi pemasaran jamur tiram serta cara mengelola bisnis jamur tiram agar hasil panen yang didapatkan tidak hanya terbuang, karena semuanya tak bisa diserap pasar.

“Jamur tiram itu, pagi dipetik hari itu juga harus laku terjual. Jika tidak laku terjual, warna dan teksturnya sudah akan rusak. Jadi, kita juga harus bisa mengatur kapan waktu dan jumlah panen jamur sesuai kebutuhan pasar. Jangan sampai panen menumpuk tapi kesulitan lempar ke pasar” terang Rakmatniwa (trainer BisnisUKM.com).

Setelah belajar strategi pemasaran dan manajemen bisnis jamur, para peserta mengunjungi Anekamesin.com untuk mengetahui mesin apa saja yang dibutuhkan untuk mengoptimasi bisnis budidaya jamur tiram beserta olahannya.

Terakhir, para peserta juga berkesempatan untuk menikmati aneka hidangan kuliner olahan jamur di Jejamuran Resto, sebelum akhirnya mendapatkan tantanngan untuk mengikuti kelas praktek pembuatan bibit jamur dan media tanam jamur (baglog jamur tiram).

Nah, bagi Sobat Bisnis yang tak ingin melewatkan peluang emas untuk menjadi pengusaha sukses di bisnis jamur tiram. Daftarkan diri Anda sekarang juga untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Agkatan ke-51 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 -27 Agustus 2016. Untuk informasi selengkapnya silahkan kontak tim training BisnisUKM.com melalui 0852-9000-7054.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba