Pelatihan Pendampingan Usaha di PRY Yogyakarta

Pelatihan Pendampingan UsahaDalam rangka memberikan bekal ilmu bagi para tenaga pendamping (CO) dan staf suporting PRY (Pusat Rehabilitasi YAKKUM) Yogyakarta,  pada tanggal 19 Р21 Agustus 2014 diselenggarakan pelatihan pendamping usaha bagi tenaga pendamping (CO) dan staf supporting Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bertempat di kantor PRY Yogyakarta,  pelatihan pendampingan usaha ini mendatangkan Bapak Rakmatniwa (Trainer BisnisUKM.com) sebagai narasumber utama. Diikuti oleh sedikitnya 13 orang peserta, pelatihan kali ini membahas topik seputar bagaimana caranya membuat rencana bisnis. Hal ini sengaja dilakukan, agar para tenaga pendamping (CO) dan staf suporting PRY memiliki bekal ilmu dan kemampuan di bidang kewirausahaan, sehingga bisa membantu para penyandang dan keluarga disabilitas yang didampingi.

Selama mengikuti pelatihan bisnis bersama BisnisUKM.com, para peserta diajarkan bagaimana caranya membuat rencana bisnis (bisnis plan) dengan cara yang cukup mudah. Dari mulai cara menentukan ide bisnis, membuat perencanaan usaha, pengorganisasian usaha, pelaksanaan hingga pengawasan usaha.

Meski setiap harinya para peserta mengikuti pelatihan dari pagi hingga sore, namun antusiasme peserta begitu terlihat dari keaktifan mereka dalam mencatat materi yang disampaikan trainer dan mengajukan berbagai macam pertanyaan ketika mereka belum memahami materi pelatihan yang disampaikan.

Tak hanya mendapatkan materi seputar membuat rencana bisnis, pada kesempatan tersebut para peserta juga diajak untuk praktek langsung menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, siapa saja target pasar yang akan mereka bidik, dan memilih bagaimana strategi pemasaran yang akan diterapkannya.

Dengan konsep seirus tapi santai, suasana hangat dan akrab tercipta antara para peserta dan juga narasumber. Tidak heran bila pada pelatihan bisnis kali ini para peserta tak hanya pasif mendengarkan materi dari Bapak Rakmatniwa, namun juga sangat interaktif menanggapi pertanyaan maupun materi yang disampaikan oleh trainer BisnisUKM.com.