Peluang Bisnis Franchise Pizza

franchise pizzaMengamati perkembangan bisnis franchise di Indonesia, sampai tahun 2011 ini ternyata bidang kuliner masih sangat mendominasi. Tingginya minat masyarakat akan produk kuliner membuat  para franchisor maupun franchisee saling berlomba untuk meraup untung besar dari peluang bisnis franchise makanan. Kondisi ini dapat kita buktikan dengan munculnya berbagai macam franchise kuliner di sekitar kita, mulai dari makanan tradisional, makanan cepat saji, makanan ringan, sampai aneka macam minuman yang kini ditawarkan para pelaku usaha dengan sistem kemitraan (franchise).

Dari beberapa produk makanan yang saat ini banyak ditawarkan di pasaran, pizza merupakan salah satu menu yang sedang naik daun dijadikan sebagai peluang bisnis franchise. Bila sebelumnya menu burger sempat menjadi primadona para pelaku usaha franchise makanan cepat saji, belakangan ini menu pizza menjadi alternatif para pengusaha untuk dikembangkan menjadi beragam investasi kemitraan. Dengan konsep franchising yang ditawarkan, pelaku usaha mencoba mengubah pizza yang dulunya merupakan makanan mahal dan hanya bisa dijangkau masyarakat kelas atas, menjadi makanan yang merakyat dengan gerobak (both) atau kedai yang harganya sangat terjangkau.

Konsumen

Penggemar pizza meliputi anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa baik pria maupun wanita. Banyaknya franchisor maupun franchisee yang menjadikan pizza sebagai produk unggulannya, membuat menu makanan Italia tersebut kini mulai diterima berbagai kalangan masyarakat. Tidak hanya bisa dijangkau masyarakat kalangan atas saja, namun harga pizza yang sudah cukup murah berhasil memikat konsumen menengah ke bawah.

Info bisnis

Pada umumnya sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum terlalu cocok dengan cita rasa pizza dari Italia. Kondisi inilah yang dijadikan sebagai peluang bagi para pelaku usaha, sehingga mereka membuat menu pizza dengan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Selain menawarkan cita rasa yang berbeda, beberapa franchisor juga mulai memberikan inovasi baru pada produk pizza. Lihat saja franchisor dengan brand STARAPIZZA ataupun Piramizza yang menciptakan produk pizza dengan bentuk seperti ice cream cone. Inovasi ini tentunya memberikan daya tarik tersendiri di mata para konsumen, sehingga mereka tertarik menikmati pizza lokal buatan Indonesia.

Untuk membantu para pembaca yang tertarik mencoba berbisnis pizza, berikut kami informasikan contoh sederhana resep pembuatan pizza yang dapat Anda coba sebagai peluang usaha.

Resep Pembuatan Pizza

Bahan-Bahan

Roti :

 

300 gram terigu

1 sdm ragi instan

1 butir telur

2 sdt gula pasir

30 ml minyak zaitun (olive oil)

150 ml air

Garam secukupnya

Saus :

 

1-2 sdm minyak zaitun (olive oil)

1/2 siung bawang bombay, cincang kotak kecil-kecil

1 siung bawang putih, cincang halus

250 gram tomat kaleng/pasta tomat (bisa diganti 5-7 buah tomat yang diparut, kemudian direbus)

1 sdt garam

1/2 sdt gula

1/2 sdt basil (rempah yang memberikan cita rasa tersendiri bagi pizza)

1 sdt oregano (rempah untuk pizza)

Topping :

 

50 gram daging cincang (smoked beef)

50 gram daging ayam, cincang kotak kecil-kecil

1 kaleng ikan tuna

1/4 siung bawang bombay, iris bulat tipis

1/4 buah paprika merah, hijau, kuning, potong kotak bulat tipis

1/2 kaleng jamur/jamur segar 25 gram

1 buah keju mozarella, kemudian parut keju tersebut

Cara Membuat :

Roti :

  1. Ayak tepung, lalu campurkan garam dan ragi instan.
  2. Masukkan air hangat dan minyak zaitun sambil diuleni selama ± 10 menit (sampai adonan kalis). Lalu bentuk bulat adonan.
  3. Diamkan adonan selama ± 15 menit.
  4. Taburi telenan dan adonan dengan sedikit tepung, lalu giling adonan sesuai bentuk Loyang.
  5. Olesi loyang dengan minyak zaitun.
  6. Dan pindahkan adonan yg sudah dibentuk ke dalam loyang.

Saus :

  1. Panaskan minyak zaitun. Lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu.
  2. Masukkan pasta tomat. Kemudian masak sampai kental dan mendidih (sambil terus diaduk).
  3. Masukkan garam, gula, oregano dan basil.
  4. Masukkan daging cincang/ daging ayam/ ikan tuna. Masak sampai matang, lalu diangkat.

Penyelesaian :

  1. Tambahkan saus yang telah dibuat, diatas adonan roti pizza yg sebelumnya telah diolesi minyak zaitun pada permukaannya.
  2. Taburkan bawang bombay, paprika, daging cincang/ayam cincang/ikan tuna, jamur dan keju mozarella.
  3. Oven selama 20 menit dalam suhu 200 derajat celcius.
  4. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Kelebihan bisnisfranchise pizza

Minat pasar yang masih cukup besar memudahkan para pelaku franchise untuk memasarkan menu pizza di lingkungan masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini tidak hanya remaja dan orang dewasa saja yang sering berkunjung ke kedai-kedai pizza. Dengan inovasi produk yang bentuknya menarik (misalnya seperti ice cream cone) kini pizza lokal mulai membidik anak-anak sebagai target pasar yang cukup potensial.

Kekurangan bisnis

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap pizza, tentunya outlet maupun kedai pizza juga ikut menjamur di berbagai sudut kota. Inilah yang menjadi salah satu kendala bagi para franchisor atau franchisee pizza, karena saat ini persaingan bisnis di bidang tersebut sudah cukup tinggi. Untuk mengantisipasi kondisi yang seperti ini diperlukan kreatifitas dan inovasi-inovasi baru dari para pelaku usaha, agar bisnis franchise pizza yang dijalankannya tidak kalah di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran bisnis franchise biasanya diperkuat dengan dukungan brand dari franchisor, alat promosi berupa both atau kedai dengan display menarik, serta X-baner dan neon box yang bertuliskan nama (brand) franchise pizza yang ditawarkan. Strategi promosi tersebut berhasil menarik minat konsumen, sehingga bisnis franchise makanan dengan mudahnya diserbu para pelanggan.

Disamping penggunaan media promosi, Anda juga bisa memilih lokasi usaha yang strategis untuk memperluas peluang pasar. Misalnya saja di depan minimarket, di pusat perbelanjaan, mall, di sekitar kampus, sekolah, perkantoran, pemukiman warga, sampai di tempat-tempat ramai seperti taman bermain atau tempat rekreasi. Dengan memilih lokasi usaha yang potensial maka peluang Anda untuk mendapatkan untung besar semakin terbuka lebar.

Kunci sukses

Agar bisnis franchise pizza Anda dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin padat, mutlak Anda harus terus memberikan inovasi baru bagi perkembangan bisnis Anda. Contohnya saja dengan menambahkan varian rasa, bentuk, dan ukuran pizza untuk memperluas sasaran pasar yang dibidik. Semakin inovatif produk yang Anda tawarkan, maka semakin sulit pula para pesaing untuk meniru produk ciptaan Anda. Sehingga bisnis franchise yang Anda tawarkan tidak terhenti di tengah persaingan pasar yang kian ramai.

Annalisa Ekonomi

Asumsi
Berikut adalah analisa ekonomi dari penawaran franchise pizza
dengan brand “STARAPIZZA”

Modal awal
Biaya investasi (Tipe gerobak mini)                Rp 5.000.000,00

Biaya operasional per bulan
Bahan Baku 40% dari omset                          Rp 2.500.000,00
Tenaga Kerja 15% dari omset                        Rp   937.500,00
Sewa Tempat 10% dari omset                         Rp   625.000,00
Lain-lain 10% dari omset                           Rp   625.000,00 +
Total                                              Rp 4.687.500,00

Omset per bulan
Harga jual pizza rata-rata Rp 5.000,00/buah
Penjualan per bulan :
50 buah x Rp 5.000,00x 25 hari kerja               Rp 6.250.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 6.250.000,00 - Rp 4.687.500,00        =         Rp 1.562.500,00

ROI ( Return On Investment )
(modal awal : laba bersih per bulan)     =         4 bulan

Dengan respon yang positif dari masyarakat, menjadikan peluang bisnis franchise pizza sebagai alternatif tepat bagi para pemula yang berminat terjun langsung di bisnis kuliner. Selamat berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses.

Sumber gambar : http://heartframe.files.wordpress.com/2011/05/pizza.jpg

6 thoughts on “Peluang Bisnis Franchise Pizza”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba