Jangan Dibuang! Ampas Tahu Bisa Dibuat Bisnis Menggiurkan Ini!

jangan-dibuang-ampas-tahu-bisa-dibuat-bisnis-menggiurkan-iniAmpas tahu merupakan hasil sampingan yang diperoleh dari proses pembuatan tahu kedelai. Ampas ini biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak dan sebagian lainnya digunakan oleh beberapa masyarakat perdesaan untuk diolah menjadi bahan pembuat tempe gembus.

Mengingat kandungan protein dan lemak pada ampas tahu yang tinggi yaitu protein 8,66%; lemak 3,79%; air 51,63% dan abu 1,21%, maka sangat memungkinkan ampas tahu dapat diolah menjadi bahan makanan yang beragam variasinya. Sebagai gagasan yang “beda”, maka ampas tahu dapat dimanfaatkan menjadi kerupuk yang bernilai tambah lebih tinggi.

Ide yang sangat bagus ketika kita merintis usaha dengan mengolah bahan yang tidak bermanfaat bisa menghasilkan produk baru yang belum umum (jarang) di jumpai oleh masyarakat. Pemanfaatan limbah tahu ini tentunya diharapkan biaya produksi yang dikeluarkan dalam usaha pembuatan kerupuk bisa di minimalisir.

kerupuk-ampas-tahu1Oleh karena itu, pemanfaatan limbah tahu ini merupakan suatu gagasan peluang usaha yang cemerlang untuk merintis sebuah industri kecil (UKM) dengan biaya murah bagi masyarakat. Karena, bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kerupuk ini adalah limbah tahu yang harganya sangat murah, mudah di dapat dan dapat diperoleh tanpa mengenal musim.

Pembuatan kerupuk ampas tahu mudah dilakukan. Dalam pembuatan kerupuk ampas tahu, bahan pencampur yang digunakan adalah  tepung tapioka sebagai pengikat ampas dan bumbu yang di gunakan adalah soda kue, pemutih makanan, garam, penyedap kaldu, monosodium glutamat, bawang putih dan ketumbar.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini disampaikan resep pengolahannya:

Alat:

  • Baskom
  • Pengukus
  • Pengaduk
  • Kompor
  • Penggorengan
  • loyang
  • tampah

Bahan :

Bahan A

  • 1500 gr ampas tahu yang sudah dipress
  • 20 gr pemutih makanan
  • 20 gr soda kue
  • 15 gr garam
  • 2 bks penyedap kaldu
  • 5 gr monosodium glutamat
  • 25 gr bawang putih (dihaluskan)
  • 2 sdt ketumbar(dihaluskan)

Bahan B

  • 600 gr tepung tapioka

Cara Membuat :

  • Campurkan Ampas tahu +  pemutih makanan.
  • Tambahkan bahan A yang lain.
  • Tambahkan bahan B, campur dan diuleni.
  • Cetak dan padatkan pada loyang.
  • Lepaskan dari loyang, kukus sampai masak (1 – 2 jam).
  • Angin-anginkan sampai keras 3-5 hari dan iris tipis-tipis kemudian dikeringkan.
  • Goreng dalam minyak panas.

73 Komentar

  1. kebetulan tetangga saya pembuat tahu, jd pengen coba. tolong dikirim resep detailnya serta merek pemutihnya. trus monosodium glutamat itu merek atau apa? tlg y….

  2. knp mesti pk pemutih. kyknya serem aj denger k pemutihnya wlupun bt makanan. tp..patut di cb. ks t merk pemutihnya ya.kirim k email saya aj. thanks

  3. assalamualaikum mo cari info monosodium glutamat itu funsiny buat apa? trus di mana saya bisa dapatkan. trimakasih

  4. gemana nich dah coba buat rasanya enak, cuma di tenggorokan kok rasanya panas, padahal sudah sesuai resep, ato kebanyakan soda kue ya, mohon solusinya ya

    • maaf nih bahan pemutihnya pake apa ya aku dah nyari2 d toko kue koq gak ada….gmn ya…?bahan pemutihnya apa ya….?

  5. aslkm…sy ingin tau resep detailnya,analisa bisnis,kandungan gizi trus pemutih makanan apa merk dagangnya coz dah pngin nyoba neh,tlg krm ke email sy

  6. mohon infonya lebih detail mengenai pembuatan krupuk ampas tahu. apakh berbahaya buat manusia. matur suwun

  7. kalau boleh tau apakah ada bahayanya buat konsumen karena mengingat ampas tahu ini biasanya dibuat untuk makanan ternak….
    terima kasih

  8. dengan hormat,
    kebetulan tetangga usaha tahu, jadi tlg info detilnya berikut peralatannya, saya mau segera apply tks

  9. mohon baNTUANNYA
    1.mohon info selengkapnya tentang pembuatan,kandungan gizi,analisa produksi,dll.
    2.apakah ampas tahu tidak perlu ditepungkan dahulu sebelum diolah menjadi kerupuk tahu?

    terima kasih

  10. untuk informasi, lebih deatailnya mohon bantuan nya pa,
    mulai dari resepnya terutama pemutih makanan, nama dagang yang ada di pasaran, dan juga juga analisa usahanya

  11. saya anang pengusaha berbagai macam snack kemasan Rp.500 seperti makaroni, kripik singkong, emping jagung, cipir, kerang dll.. pemasaran saya meliputi jawa dan luar jawa.. saya tertarik dengan krupuk tahu.. oh ya bila ada yang mau kerja sama dengan saya di usaha snack hub. e-mail adrianjesto@yahoo.co.id atau face book jestoadrian@yahoo.co.id.

  12. Boleh minta cara pengolahan dan mesin peralatan yang digunakan agar hasilnya dapat maksimal dengan kwalitas terbaik.

  13. selama ini saya selalu membeli kerupuk mentahnya.saya goreng dan kemas kembali.terus saya edarkan.saya tertarik untuk membuat sendiri kerupuknya secara detil.mohon penjelasannya.terima kasih

  14. Aku tertarik dengan bisnisukm boleh aku ikutan gimana caranya.?

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  15. tlong beri penjelasan tentang resep serta cara pembuatan yang jelas.trima kasih
    03537722536

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  16. Tolong perjemahan dalam bahasa inggris nya yah. . . .
    No hape 081918911477

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  17. Saya tertarik dengan usaha ini, oleh sebab itu saya penging tahu alat pres ampasnya mohon di kirim ke email saya

    wassalam

  18. tolong djelaskan kandungan gizi dari kerupuk ampas tahu ini ya.. dan bgaimana caranya memotong tipis2 keruknya?karena lengket dan susah sekali.. trmksih jawabannya..

  19. Saya tertarik dengan artikel pembuatan kerupuk AmTA, mohon informasi bagaimana cara pembuatannya beserta analisa usahanya serta peralatan apa saja yang dibutuhkan. Apabila ada yang berminat menawarkan produk olahan makanannya bisa kirim ke email : inspirasi.eko@gmail.com
    atau telepon 02276117709 / 08122119540

  20. Bagaimana proses pembuatan krupuk ampas tahu dan mesin/alat yang dibutuhkan.
    telp. (0335) 436 555 / hp. 081 336 713 300

  21. salam dahsyat ukm.
    mau tanya itu pemutih makanan namanya apa.bisa di dapat ditoko apa.dan hasil akhir gorengan kerupuk warnanya spt apa.tksh

Komentar ditutup.