Peluang Usaha Pembuatan Website Semakin Besar

peluang usaha pembuatan websitePerkembangan jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin familiernya dunia internet sebagai sebuah kebutuhan. Dengan semakin familiernya internet maka website atau sejenisnya sangatlah menjadi hal yang penting dan efektif untuk berbagi informasi, berbagi profil, penawaran produk/ jualan online, dan lain sebagainya. Inilah yang seharusnya menjadikan peluang usaha pembuatan website semakin besar, bagi para programer bisnis ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Konsumen

Kebanyakan konsumen yang membutuhkan layanan pembuatan website ini adalah instansi atau perusahaan yang ingin mengenalkan produk mereka untuk dipasarkan. Walaupun begitu banyak pula perorangan yang menggunakan jasa pembuatan website ini. Selain tersebut diatas, konsumen target Anda  adalah organisasi, tokoh masyarakat, artis, bisnis atau usaha, lembaga pemerintahan dan non pemerintah, serta lembaga swadaya masyarakat (LPM) yang membutuhkan website untuk memperlancar urusannya.

Info Produk

Hal wajib yang  Anda atau karyawan Anda harus punya yaitu kemampuan desain yang sangat baik untuk memulai usaha ini. Anda harus memiliki perangkat computer dan notebook dengan spesifikasi tinggi agar kinerja Anda bisa cepat dan efisien. Anda persiapkan dahulu  peralatan dan tempat.

Hal yang bisa Anda tawarkan diantaranya Adalah system putus (hanya mengerjakan website pelanggan sampai jadi, sedangkan pengelolaan dikerjakan sendiri oleh pelanggan). Selain itu adalah system kontrak (pembuatan, pengelolaan dan keamanan website selama satu tahun menjadi tanggung jawab Anda). Untuk satu proyek dengan sekala kecil yang Anda kerjakan, Anda bisa mematok tariff antara Rp 2,5 juta sampai Rp 10 juta. Sedangkan untuk sekala besar bisa mencapai Rp 20 juta. Tarif ini tentunya dibarengi dengan desain bermutu tinggi, baik desain maupun jumlah data yang mampu disimpan website.

Pemasaran

Menawarkan jasa pembuatan website Anda melalui iklan di beberapa media seperti media cetak maupun media online. Pemasaran bisa juga dilakukan dengan membagikan proposal ke beberapa instansi, perusahaan, dan organisasi yang ada di sekitar Anda dan kota-kota lainnya. Penyebaran proposal yag semakin gencar Anda layangkan kebeberapa lembaga tersebut di atas juga faktor penentu kesuksesan bisnis ini. Tentunya Anda harus mempunyai website yang menarik terlebih dahulu sebelum menyuguhkan penawaran. Ini bertujuan agar konsumen yang Anda tawari tertarik untuk menggunakan produk Anda.

Kelebihan usaha

Kelebihan usaha ini yaitu waktu kerja yang tidak terikat, jadi Anda bisa menjalankan bisnis ini di sela – sela kesibukan Anda. Disamping itu modal yang dibutuhkan juga relatif kecil, seperangkat computer dan keahlian dalam membuat desain website.

Kekurangan usaha

Hmmm ini nih yang perlu Anda waspadai yaitu para hacker yang dapat mengganggu dan bahkan dapat memporak-porandakan situs yang telah Anda buat. Untuk itu Anda harus mencari karyawan yang ahli dalam mengatasi masalah ini. Keberhasilan usaha ini di tentukan oleh mutu website yang Anda buat bagi calon pelanggan.

Tips Sukses

Desain website yang menarik, menjadi modal awal usaha Anda. Oleh karena itu ciptakan website dengan kualitas terbaik bagi calon konsumen Anda. Selain itu Anda juga harus proaktif untuk menawarkan jasa Anda ke beberapa usaha maupun lembaga yang ada di kota Anda. Kesuksesan Anda dipengaruhi oleh banyaknya permintaan pembuatan website dari para konsumen.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Computer, printer dan scanner      Rp 15.000.000,00
Sewa tempat (kecil)                Rp  5.000.000,00+
Total                              Rp 20.000.000,00

Biaya Operasional per bulan
Internet                           Rp    350.000,00
Listrik                            Rp    100.000,00
Transportasi dan telpon            Rp    500.000,00
Karyawan ahli 2 orang              Rp  2.000.000,00+
Total                              Rp  3.150.000,00

Omzet per bulan
(2-3 proyek) per bulan           Rp  7.500.000,00

Laba per bulan
(Rp  7.500.000,00 -  Rp  3.150.000,00 ) = Rp  4.350.000,00

ROI (Return of Investment)
( Rp 20.000.000,00 : Rp  4.350.000,00 ) =  4,6 bulan

17 thoughts on “Peluang Usaha Pembuatan Website Semakin Besar”

  1. buat website hanya dengan 5 langkah mudah
    1.Mengisi data-data pribadi seperti nama, alamat, nomor telpon dan email

    2.Memilih nama domain sesuai yang anda ingin atau mewakili nama usaha anda

    3.Menginstal web engine seperti C2MS Lite dan C2MS Liquid
    4.Memilih design website yang menunjang penyampaian informasi website

    5.Mengedit isi website seperti mengganti gambar dan teks dan Website siap di publikasikan.

  2. bpk2 yang sudah pengalaman.. gimana ya caranya promosi jasa pembuatan website ini… saya sudah kirim proposal ke berbagai kampus tp tdk ada tanggapan.. saya sudah mengembangkan sistem informasi akademik(sia) yaitu pengisian krs & khs online, jadwal kuliah, pendaftaran online dll… kami juga sudah bisa membuat content manajemen sistem sendiri(cms) jd kami tdk memakai joomla,drupal,wordpress.. Tp saya melihat pada web desain lainnya kok laris ya..?padahal mereka cuma pake cms gratisan (open source).. mohon bimbingannya

    tlp 081275666333

  3. Buat Website semudah buat copy…..Gak Percaya ?

    Coba pake deh pake jasa webforinstant dari kami. Cepat, Mudah, Murah dan Profesional. Tersedia berbagai templates siap pakai.

    Free konsultasi , Hub :
    Mels / ym : meilani_bunga

  4. bagi temen2 yang memang punya jasa pembuatan website serta software, tolong di kirim proposal penawarannya…karena saya sering mendapat tawan dari temen baik dai perusahaan swasta maupun instansi pemerintah….bisa kirim ke mahadewa4@yahoo.com

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba