Pembekalan Kewirausahaan Bagi PNS Yang Akan Purna Tugas di Universitas Sriwijaya

Peserta training pensiunan Universitas Sriwijaya

Jika selama ini masa pensiun menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar pegawai negeri sipil di Indonesia, maka lain halnya bagi PNS yang akan purna tugas di lingkungan Universitas Sriwijaya. Sebelum memasuki masa pensiunnya, Universitas Sriwijaya sengaja mengadakan training pensiunan dengan tema Pembekalan Kewirausahaan Agribisnis Bagi PNS yang akan Purna Tugas di Universitas Sriwijaya.

Diselenggarakan selama kurang lebih satu pekan di Kota Yogyakarta, tepatnya pada tanggal 21 – 26 Maret 2016 silam, kali ini BisnisUKM.com mendapat kehormatan untuk menjadi narasumber sekaligus tim pelaksana training pensiunan bagi PNS yang akan purna tugas di lingkungan Universitas Sriwijaya.

Baca Juga Artikel Ini :
Pelatihan Masa Persiapan Pensiun PNS Belitung Timur

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Setelah Pensiun

Menurut pengakuan Drs. A. Bayumi selaku Ketua Panitia yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Sriwijaya, pembekalan kewirausahaan bagi PNS yang akan purna tugas ini sengaja diselenggarakan rutin setiap tahun untuk memberikan gambaran baru serta bekal inspirasi bisnis bagi para staff dan karyawan yang akan memasuki pasa pensiun.

“Satu harapan bagi rekan-rekan yang selama ini lebih kurang selama 30 tahun mengabdi pada negara, bisa mendapatkan pengalaman baru sehingga tidak terasa betul dalam menghadapi masa pensiun dan sudah memiliki rencana bisnis yang bisa segera dimulai sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki,” tambah Drs. A. Bayumi ketika membuka acara pelatihan pensiunan ini.

Selama mengikuti training pensiunan bersama BisnisUKM.com, para peserta yang dua tahun kedepan memasuki masa purna tugas tersebut tidak hanya dibekali teori seputar kewirausahaan namun juga ikut praktek dan terjun langsung ke lapangan untuk mempelajari seluk beluk bisnis budidaya jamur tiram, turut memproduksi aneka olahan jamur, dan melihat langsung ke lapangan bagaimana teknik budidaya dan pembesaran ikan air tawar, serta bisnis hidroponik dan ternak kambing etawa.

“Kami dari awal sudah terharu karena sejak tahun 1983 sampai sekarang belum pernah kami temui berbagai macam bisnis seperti yang kami pelajari beberapa hari ini. Dari pelatihan ini kami mulai membuka mata, dan mulai merencanakan dunia baru. Bukan berarti seakan-akan kami tidak pensiun, namun hanya berubah alih tugas dengan modal yang sedikit akan mencoba berwirausaha,” kata Drs. Muhammad Agus, salah satu peserta dari Unit Kearsipan Universitas Sriwijaya.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba