Perbedaan Dropship dan Reseller Toko Online

reseller onlineBeberapa waktu belakangan ini, trend bisnis toko online memang sedang naik daun. Minimnya modal yang dikeluarkan para pelaku usaha dan besarnya keuntungan yang dijanjikan dari bisnis toko online, membuat peluang usaha yang satu ini banyak dipilih para pemula maupun pelaku pasar sebagai ladang uang yang cukup menggiurkan.

Berbeda dengan bisnis konvensional yang mengharuskan pelakunya untuk membeli produk dalam jumlah cukup banyak untuk ditawarkan langsung kepada para konsumen, di bisnis toko online Anda tak perlu menumpuk barang terlalu banyak karena disini Anda bisa menjalankan usaha dengan sistem dropship maupun reseller.

Lalu, apa itu dropship dan reseller?

Yang dimaksudkan dengan dropship adalah sebuah teknik pemasaran online dimana para penjual tidak perlu menyimpan stok barang, karena ketika mendapatkan orderan dari konsumen maka sang penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya kepada distributor/ supplier/ ataupun produsen yang telah mereka gandeng.

Sedangkan reseller online merupakan orang atau pelaku usaha yang menjual kembali produk maupun jasa dari para distributor/ suplier/ atau produsen yang telah mereka gandeng. Hanya saja berbeda dengan dropshipper, disini reseller memiliki stok atau persediaan produk yang mereka pasarkan. Biasanya reseller menjadi alternatif pertama bagi mereka yang ingin membuka bisnis toko online namun takut ataupun belum bisa menghasilkan produk sendiri.

Meski memiliki sistem yang berbeda, akan tetapi banyak yang menganggap sistem dropship maupun reseller online sama-sama memudahkan para pelaku bisnis toko online untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulan. Tidaklah heran bila sekarang ini jumlah dropshipper maupun reseller toko online di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Nah, setelah mengetahui dari masing-masing sistem pemasaran online di atas, kini saatnya Anda menentukan sistem pemasaran seperti apa yang paling cocok dengan bisnis Anda dan usahakan untuk segera action agar bisnis toko online Anda tak kalah bersaing dengan kompetitor lain yang ada di pasaran. Salam sukses!
Jabat Kaban
Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://www.wms-spl.com/images/banner-become-a-reseller.gif

Leave a Comment