Pernah Kena PHK, Sekarang Sukses Budidaya Semut Kroto

Budidaya semut kroto ternyata mendatangkan berkah! Bayangin aja, kalo jeli dan dijalankan dengan sungguh – sungguh ternyata meskipun cuman ternak semut bisa buat beli mobil! Ngak percaya? Nih simak kisah inspiratif dari Bapak Widodo ini. Dan buat kamu yang tertarik budidaya hewan mungil ini bisa langsung saja tonton video inspirasinya dibawah ini.

Owner Posko Induk Sorolaten Semut Kroto ini bernama Bapak Widodo yang peternakan Semut Kroto Godean. Semut Kroto Godean ini beralamat di Sorolaten RT 03, Sidokarto, Godean Sleman Yogyakarta. Semangat bapak Widodo ini patut diacungi jempol, nyatanya beliau mampu membeli mobil hanya dengan budidaya semut kroto. Beliau memberikan semangatnya dan berpesan meskipun kita sedang berada di keadaan pandami harus semangat dan terus berkarya. Terkhususnya bagi para pebisnis apapun itu, dengan terus berkarya akan bermanfaat bagi orang lain.

Memilih Budidaya Semut Kroto

Latar Belakang Seorang Pekerja

Nah langsung saja kita simak penjelasan beliau dari awal mula bertemu semut dan alurnya hingga sekarang menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini. Beliau mengaku bahwa beliau bertemu dengan semut ini bukan karena suka atau pun hobi. Bahkan beliau tidak ada latar belakang peternakan sama sekali. Latar belakang beliau yang dulunya sebagai kuli pabrik, yang mana beliau telah bekerja selama 17 tahun di Tangerang tepatnya di Cimone Karawaci. Sedangkan istrinya di pabrik sepatu Jatiuwung. Mereka sama-sama bekerja di Tangerang dan bertemu disana.

Menemukan Tempat Kursus Budidaya Semut Kroto

Pada tahun 2008 dan 2009 mereka keduanya pulang ke daerah asal dan mereka pun akhirnya menganggur. Karena harus menafkahi keluarganya akhirnya beliau mencari informasi tentang semut kroto. Keterpaksaan tersebut menjadi latar belakang utama Bapak Widodo dalam belajar dan menjalankan bisnis semut kroto. Hingga pada akhirnya menemukan tempat kursus. Pada waktu itu tempat kursusnya berada di jalan Wates KM 4,5 di Gilingsari depan pasar buah. Beliau pada saat itu masuk disana. Alhasil 2009 akhir mulailah merintis ternak semut kroto.

Tantangan Budidaya Semut Kroto

Berternak semut kroto tidak semudah seperti yang dilihat. Proses yang dilalui cukup rumit dan sulit untuk bisa sampai pada tahap seperti sekarang ini. Mulai dar tantangan keluarga (khususnya dari istri) menjadi tantangan di awal memulai bisnis semut kroto. Pada saat itu keluarga tidak mendukung karena backgroundnya pegawai negeri. Padahal pada waktu itu keluarganya membantunya dan membimbing agar bisa masuk di instansi. Namun beliau berfikir sudah 17 tahun bekerja apakah akan terus menjadi pekerja terus menerus?

Bertemu Dengan Semut Kroto

Pada akhirnya bertemulah dengan semut kroto yang membawanya menjadi seorang pengusaha sukses. Memulainya pada tahun 2009 secara perlahan dan pada tahun 2011 mulailah bisnisnya ini dikenal oleh orang. Pada saat itu BBM langka, memang tidak ada hubungannya dengan bisnis semut kroto ini. Akan tetapi dari kondisi tersebut menjadikan beliau dikenal oleh orang. Jadi pada waktu itu ada media yang meliput kegiatan KUD karena saat akan membeli bahan bakar tidak ada solar wartawan ini meliput KUD Godean. Namun entah bagaimana jalannya wartawan tersebut mewawancarai semut kroto.

Liputan TV Swasta Membawa Berkah


Hal tersebutlah menjadi berkah untuk beliau, dari sanalah mulai dikenal oleh orang. Dari diliput oleh salah satu TV Swasta siaran nasional. Pada akhirnya hari berganti hari tamu mulai berdatangan. Kebanyakan mereka mau belajar bersama dan disini yang perlu diketahui untuk yang tertarik budidaya semut kroto bisa menghubungi beliau. Tidak perlu membayar alias gratis akan beliau bimbing sampai bisa. Dalam beternak semut kroto ini adalah yang dicari telur semutnya. Jadi komoditas utama dari ternak semut kroto adalah telurnya. Untuk semutnya bernama rangrang jika di daerah Godean.

Kualitas Unggulan

Untuk semut bisa menghasilkan telur maka dirawat diberikan makan dan minum. Maka produksi telur akan meningkat dan bisa diambil kapan saja. Telur semut kroto selain diternakkan juga bisa diambil langsung dari alam. Hal yang perlu diingat keduanya sama-sama bagus. Baik yang diternak di rumah maupun yang di alam. Hanya saja yang membedakan bagaimana cara mengambilnya.

Orang yang mengambilnya di alam menggunakan gala dan kemudian dikoyak telurnya maka akan banyak yang pecah. Berbeda dengan ternak budidaya semut kroto yang diternak di rumah maka akan disaring perlahan. Jikalau dilihat kualitas telur yang pecah dengan yang utuh bagaimana? Ini tentu pembeli yang bisa menilai sendiri.

Keunggulan Posko Induk Sorolaten Semut Kroto

Keunggulan dari semut kroto beliau dengan yang dipasaran tentu berbeda. Jika semut tangkapan dari luar biasanya yang akan ikut ditimbang sampah. Mulai dari kotorannya, sampahnya. Lalu pertanyaanya kenapa ikut tertimbang? nah sering kali hal tersebut terjadi untuk memperberat timbangan. Sedangkan disini yang murni disaring hanyalah krotonya saja.

Semut kroto ternakan memiliki harga lebih mahal dibandingkan yang diambil dari alam karena secara kualitas lebih bagus. Artinya barang mahal pasti ada spesifikasi, kualitasnya dan keunggulannya sendiri. Perlu digaris bawahi ketika teman-teman akan mencoba budidaya semut kroto maka yang diperhatikan adalah tempat atau ruangan.

Perawatan Semut Kroto

Ruangan harus ada sirkulasi udara yang cukup. Kedua membuat rak untuk ternak semut kroto harus presisi tidak bangunan yang lebih agar semut tidak kabur. Kemudian adalah medianya. Media adalah salah satu hal penting, media untuk ternak semut kroto menggunakan bahan yang tidak berbau bahan kimia.

Contohnya mika, kebanyakan ada yang menggunakan media toples plastik. Sebenarnya tidak masalah yang terpenting semut tidak suka bau tajam berbahan kimia. Namun media paling aman untuk digunakan untuk bdidaya semut kroto ini adalah mika. Dimana mika ini berbau tawar atau tidak berbau. Apakah dengan begitu lantas bisnis bisa sukses? Tidak hanya itu saja, yang namanya orang berbisnis 99% pasti memiliki resiko gagal. Akan tetapi standart yang diajarkan dari tempat kursus beliau mamakai mika dan sampai sekarang pun masih tetap dipertahankannya.

Pangsa Pasar

Pangsa pasar semut kroto ini semakin cerah saja, pasalnya ternak burung semakin banyak, pemancingan juga menggunakan kroto. Sehingga pada awal budidaya semut kroto ini 1 bulan baru bisa panen sekitar 1 kg. Dalam 1 toples mika hanya bisa menghasilkan kroto 0,5 sampai 2 ons. Untuk harga kroto dipasaran untuk saat ini mencapai 260 ribu ada pula yang 320 ribu. Setiap daerah harganya pasti berbeda. Nah biasanya harganya bisa naik pada saat musim hujan.

Pesan Dalam Berbisnis

Harapannya jangan pernah takut gagal dan jangan bosan gagal. Kalau memang sudah fokus untuk beternak maka fokuslah ke ternak. Jangan sampai sudah mulai ternak gagal kemudian ganti usaha yang lain. Maka akan timbul masalah yang sama kembali. Sehingga saran dari beliau ketika sudah memutuskan untuk budidaya semut kroto maka ikuti. Jika gagal benahi, gagal perbaiki lagi kemudian terus berusaha maju dan ini hasilnya akan luar biasa. Nanti pasti ketemu titik keberhasilan dalam suatu bisnis.

Demikian kisah menarik dan inspiratif dari Bapak Widodo seorang pengusaha semut kroto yang berhasil dan sukses berkat kerja kerasnya dalam budidaya semut kroto. Semoga bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi para pencari bisnis. Jangan lewatkan pula inspirasi bisnis lainya seperti berikut ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba