Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu Buat Ibu Rumah Tangga

Usaha keripik ubi ungu merupakan bisnis kuliner yang punya peluang menjanjikan. Apa lagi untuk ibu rumah tangga. Sebab untuk membuat keripik ubi ungu bisa dimulai dari skala rumahan. Keripik masih menjadi camilan favorit semua umat. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa menjadikan keripik untuk teman nyemil saat santai. Termasuk salah satunya keripik ubi ungu. Pada dasarnya ada beragam rasa yang ditawarkan oleh setiap jenis keripik. Mulai dari asin, pedas, gurih hingga manis.

Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu

Nah kalau ngomongin keripik dengan rasa manis, sudah pastik keripik ubi ungu akan masuk ke dalam jajaran paling banyak diminati. Gimana enggak? Keripik dari tanaman umbi-umbian ini punya manfaat yang baik untuk kesehatan apabila dibandingkan dengan keripik manis lainnya. Rasa manis yang ditawarkan pada keripik ubi ungu ini alami dan tidak terlalu kuat. Tanpa pemanis buatan dan penambah rasa. Jadi tidak heran kalau keripik ubi ungu aman dikonsumsi untuk semua orang. Jadi siapa sih yang nggak tergoda sama kerenyahan dan kenikmatan rasa dari keripik ubi ungu ini? Berhubung peminat keripik manis dengan warna menggoda ini banyak, udah pasti peluang usahanya juga menggiurkan ya? Bunda tertarik buat cobain usaha keripik ubi ungu ini?

Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu Buat Ibu Rumah Tangga
sumutinvest.com

Melihat peluang usaha keripik ubi ungu lebih jauh, kita bisa amati salah satu brand camilan pabrikan yang sudah menjadikan keripik ubi ungu sebagai salah satu produk unggulannya. Produk tersebut diluncurkan bukan tanpa alasan. Sebab untuk membuat produk baru, sebuah perusahaan besar sudah pasti telah melakukan riset pasar secara mendalam. Di mana bisa kita pahami kalau segmen pasar dari camilan keripik ubi ungu ini memang luas dan pasarnya potensial. Tinggal gimana konsistensi Bunda untuk merintis usaha keripik ubi ungu ini dengan konsisten. Untuk membuat keripik ubi ungu jug terbilang mudah. Sebab Bunda bisa memproduksi keripik berwarna ungu ini di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Persiapan Usaha

Tidak perlu rendah hati kalau bisnis camilan keripik ubi ungu sudah diproduksi skala pabrikan oleh brand besar. Justru produk-produk UMKM dan industri rumahan punya potensi lokal dan internasional yang tidak kalah besar. Apa lagi kalau Bunda nantinya bakal aktif di forum UMKM setempat dan sering mengikuti bazaar atau pameran produk UMKM. Jangan kaget kalau tiba-tiba Bunda ditawari kerjasama sama beberapa pengusaha besar. Tapi sebelum beranjak ke sana, Bunda perlu perencanaan usaha keripik ubi ungu yang matang. Mulai dari proses produksi dengan resep dan bahan yang berkualitas sampai strategi usaha keripik ubi ungu ini. Berikut ini Bisnis UKM akan mungulas persiapan usaha keripik ubi ungu secara lengkap buat Bunda!

Pembuatan Keripik Ubi Ungu

Bahan

– 1 kg ubi ungu

– 200 gram gula pasir

– air kapur sirih 2 sdm

– minyak goreng secukupnya

– air bersih secukupnya

Cara Pembuatan

1. Kupas kulit ubi ungu dan cuci hingga bersih kemudian tiriskan.

2. Iris ubi tipis-tipis dengan menggunakan alat pemotong agar potongannya bisa sama

3. Siapkan wadah lain, masukkan air kapur sirih dan air bersih. Kemudian rendam ubi ungu yang sudah diiris ke dalam campuran air kapur sirih.

4. Rendam kurang lebih selama 2 jam, angkat dan tiriskan.

5. Susun di atas wadah dan jemur di atas terik matahari hingga kering sempurna.

6. Siapkan wadah lain, masukkan gula pasir dan air bersih aduk rata hingga gula pasir larut.

7. Tambahkan ubi ungu yang sudah dijemur ke dalam larutan tersebut. Aduk hingga rata.

8. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kemudian goreng ubi ungu hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.

9. Masukan ke dalam wadah kedap udara. Bisa kemasan snack standing pouch plastik atau paper craft alufoil.

10. Keripik ubi ungu siap disajikan dan dipasarkan.

Pemilihan Bahan Baku

Berbagai bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat keripik ubi ungu pada dasarnya bisa Bunda dapatkan di pasar tradisional, supermarket dan di toko terdekat. Keripik ubi ungu bisa menghasilkan rasa yang nikmat kalau Bunda memilih bahan baku yang tepat. Memproduksi keripik ubi ungu membutuhkan bahan baku seperti ubi ungu, gula pasir, air bersih, air kapur dan minyak goreng. Untuk usaha keripik ubi ungu ini sudah pasti Bunda ingin mendapatkan kualitas dan rasa keripik yang tepat. Jadi pilihlah ubi ungu dengan kualitas terbaik. Bahan baku yang digunakan inilah nantinya akan berpengaruh pada kualitas akhir produksi usaha keripik ubi ungu yang Bunda jalankan.

Konsumen Usaha Keripik Ubi Ungu

Keripik ubi ungu termasuk camilan atau makanan ringan yang sangat populer di semua kalangan masyarakat. Bahkan banyak lapisan masyarakat yang sangat menyukai camilan keripik ubi ungu ini. Kalau Bunda ingin menentukan siapa target konsumen camilan keripik ubi ungu ini terbilang cukup mudah. Alasannya karena konsumen keripik ubi ungu ini tidak terbatas. Mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Rasa keripik ubi ungu yang nikmat memang bisa memikat konsumen dari semua kalangan.

Peralatan Usaha

Menjalankan usaha keripik ubi ungu udah pasti memerlukan peralatan yang memadai untuk memaksimalkan proses pengolahannya. Berbagai peralatan usaha yang dibutuhkan untuk memaksimalkan usaha keripik ubi ungu antara lain adalah wajan, mesin perajang ubi, kompor dan tabung gas, peralatan penggoreng, toples dan berbagai peralatan yang mendukung lainnya. Penggunaan peralatan usaha yang memadai juga sangat penting disediakan untuk mendukung proses produksi keripik. Supaya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Lokasi Usaha

Supaya usaha keripik ubi ungu yang Bunda jalankan bisa lebih dikenal konsumen secara luas maka perlu memilih lokasi yang tepat. Penentuan lokasi yang tepat juga akan membuat bisnis camilan ini makin berjalan dengan baik. Tapi ketika Bunda menjalankannya mulai dari skala rumahan, maka yang pelru dilakukan adalah mencari lapak dagang di tempat orang lain. Bunda bisa melakukan lobi ke warung-warung sembako, minimarket, toko oleh-oleh, gerai khusus camilan, rumah makan, restoran, hingga kedai atau kafe supaya keripik ubi ungu milik Bunda bisa dititipkan di sana. Hal ini sudah pasti akan memberikan keuntungan untuk Bunda. Tidak perlu sewa tempat dengan merogok kocek dalam, cukup lakukan teknik lobi ke beberapa tempat tersebut. Tapi untuk menambah peluang usaha keripik ubi ungu Bunda makin terbuka lebar, buatlah kemasan keripik ubi ungu yang menarik. Sekaligus urus perizinan edar dengan mengajukan izin P-IRT ke Dinas Kesehatan setempat.

Strategi Pemasaran

Semua jenis usaha sudah pasti perlu yang namanya strategi pemasaran. Begitu juga dengan usaha  keripik ubi ungu yang Bunda jalankan. Di mana strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain Bunda bisa menitipkan camilan keripik ubi ungu pada toko, warung bahkan juga bisa di titipkan di supermarket sehingga nantinya bisa lebih mudah dalam pemasarannya. Bunda juga bisa mempromosikan keripik ubi ungu melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Selain itu manfaatkan juga marketplace sebagai toko online untuk menjual keripik ubi ungu yang Bunda hasilkan. Hal yang tidak kalah penting adalah memanfaatkan messenger apps seperti WhatsApp untuk mendekati konsumen.

Itulah ulasan tentang usaha keripik ubi ungu yang bisa Bunda jadikan referesi untuk memulai bisnis makanan ringan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Bunda. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha makanan ringan yang Bunda jalankan makin #NaikKelas ya. Ikuti terus tulisan tentang usaha camilan menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis camilan!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba