Inspirasi Bisnis, Video UKM

Pesona Khas Batik Tulis Giriloyo

batik_tulis_giriloyo2Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak jaman dahulu. Saat ini batik bahkan menjadi icon serta warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui dunia internasional. Dan masing-masing wilayah di Indonesia memiliki batik khas sendiri-sendiri yang makin menjadikan keanekaragaman jenis dan motif batiknya. Salah satu warisan batik yang masih bertahan dan menjadi kekayaan khas adalah batik tulis. Batik tulis merupakan kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan.

Di berbagai wilayah Indonesia banyak ditemui sentra pengrajin batik tulis, Setiap daerah juga mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri, baik dalam ragam hias maupun tata warnanya. Salah satu daerah itu adalah Kampung Batik Giriloyo. Daerah Giriloyo terletak di wilayah Desa Wukirsari, kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta yang terletak kurang lebih 17 Km arah selatan kota Yogyakarta . Di Dusun tersebut banyak terdapat pengrajin batik, apalagi pasca gempa bumi 27 mei 2006 banyak LSM yang peduli dan membina sehingga saat ini Giriloyo merupakan Kampung batik yang sangat potensial.

batik_tulis_giriloyo1Dan salah satu kelompok pengrajin batik yang berada dalam Paguyuban Batik Giriloyo adalah Kelompok Seni Batik Berkah Lestari. Kelompok yang saat ini memiliki 50 pengrajin tersebut berdiri sejak Februari 2007 dengan berlamat di Karangkulon Wukirsari Imogiri Bantul. Kelompok tersebut merupakan pengrajin batik tulis dengan warna alam dan warna sintetis. Namun, selain sebagai sentra kerajinan batik tulis dengan warna alam dan sintetis, kelompok berkah lestari juga melayani berbagai hal seperti penggarapan pesanan dengan motif yang ditentukan customer, trainning atau kursus bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengetahui tentang proses pembuatan batik baik warna alam dan warna sintetis.

batik_tulis_giriloyo3Ketika tim liputan bisnisUKM mengunjungi lokasi pengrajin tersebut (2/12), Ibu-ibu pengrajin batik tampak sibuk mengerjakan beberapa kain batik dengan aneka motif. Ibu-ibu yang memang secara turun temurun mewarisi bakat membatik tersebut setiap harinya memproduksi batik tulis secara manual dan penuh dengan ketekunan. Dilengkapi dengan workshop yang memajang hasil produksi batik tulis beraneka motif, kelompok Seni Batik Berkah Lestari juga melayani berbagai pesanan kain selendang, jarik (kain panjang), baju batik, kemeja, peralatan rumah tangga dari batik, dan souvenir batik.

Beberapa motif yang diproduksi di Berkah Lestari antara lain motif sri kuncoro, pringgodani, sidomukti, sidoasih, sidoluhur dan berbagai motif yang lainnya. Masing-masing motif tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang makin menjadikan batik tulis tersebut bernilai jual tinggi. Proses pewarnaan juga menjadi salah satu faktor penentu kualitas batik yang diproduksi. Dan di Berkah Lestari, proses pewarnaan selain menggunakan warna sintetis juga menggunakan warna alam dari kayu mahoni, secang, dan indigo. Dengan proses tersebut, maka tidak salah ketika batik menjadi salah satu warisan kekayaan budaya asli Indonesia yang patut kita banggakan.

Tim Liputan BisnisUKM