Riset Sebelum Memulai Bisnis, LOMA Thai Tea Siap Bersaing Di Pasaran !

Muhammad Ainul Haq, biasa dipanggil Aan oleh temen – temen deket. Memulai bisnisnya dengan menjatuhkan pilihan pada bisnis minuman kekinian. Ia memiliki brand bernama Loma Thai Tea and Shake. Loma Thai Tea and Shake ini menjual teh dari original bubuk thai tea, ada beberapa varian shake. Untuk awal pemakian teh baru 2 yakni original thai tea dan thai green tea.

Untuk shake baru menyediakan 3 rasa, taro shake, dark choco dan red velvet. Kami juga menyediakan beberapa variasi shake, untuk penggunaan topping belum ada. Next rencana bulan Februari akan launching untuk semua menu dan topping yang ada disini. Namun untuk sementara waktu sekarang ini masih sebatas 5 varian menu yang telah disebutkan tadi diatas.

riset-sebelum-memulai-bisnis-loma-thai-tea-siap-bersaing-dipasaranriset-sebelum-memulai-bisnis-loma-thai-tea-siap-bersaing-dipasaran

Memulai Bisnis Loma Thai Tea Dan Shake

Awal Mula Berbisnis

Ia mulai menjelaskan pada awal mulanya alasan membuka bisnis Loma Loma Thai Tea and Shake. Pada awal tahun 2019 Ia menikah, setelah pertengahan Juli Ia pindah ke Jogja. Pada awal bulan Agustus adalah permulaan Ia ingin punya bisnis minuman yang Ia suka yakni Thai Tea dan Shake.

Riset Pasar

Kemudian Ia mulai mencari – cari informasi dan ketemulah minuman kekinian enak, Teh Thailand yang menjadi tempat pelabuhannya. Ditambah lagi minuman ini adalah minuman yang sedang hits dan banyak varian yang ditawarkan menjadikanya turut tertarik di dunia minuman kekinian ini. Minuman kekinian Thai Tea ini jadi salah satu minuman yang sedang digemari para anak muda terutama anak – anak sekolah, mahasiswa juga hingga orang tua.

Pada awal Agustus mulanya hanya kirim beberapa Thai Tea ini ke beberapa teman yang pesan untuk diantar kerumah. Lalu pertengahan september mulailah mendapatkan tempat untuk dine in atau minum ditempat. Bisa jadi tempat nongkrong dan berkumpul yang pastinya. Untuk bulan depan Februari akan launching dan sekaligus pengenalan baru dan Ia sudah mempersiapkan tempat baru lagi di Jogonalan Kidul.

Alasan Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Alasan memilih bisnis minuman kekinian ini berawal karena suka terlebih dahulu, “Saya mengibaratkan saya sebagai konsumen, saya harus yakin kalo minuman ini enak. Jadi minimal saya harus suka dulu”, begitu penjelasannya.

Tak ketinggalan informasi Ia pun juga rajin untuk meriset dan mencari trend yang sedang berkembang, minuman apa yang baru, jenis apa yang enak, varian apa dan apa yang sedang digemari para anak muda. Setelah mendapatkan informasi data dan sekiranya cukup Ia mulai mengerucutkan dan baru akan dimunculkan satu persatu.

Proses Trial Error

Ia menjelaskan pada proses trial errornya dulu Ia cobakan pada orang – orang terdekatnya seperti saudara, setelah itu teman dekat dan beberapa teman dari temannya. Dan minimal orang – orang yang kasih masukan adalah orang yang tidak kenal. Jadi saran yang diberikan tidak sungkan, tidak malu.

Rata – rata respon dari konsumen alhamdulillah untuk rasa masuk, not bad dan bisa bersaing dipasaran. Nah ada beberapa masukan dari temen – temen untuk mempromosikan minuman lewat instagaram.

loma-thai-tea-siap-bersaing-dipasaran

Masukan Dari Teman

Untuk Loma kini ada beberapa masukan untuk mengandeng tokoh atau artis instagram. Dari kalangan mahasiswa bisa diajak bareng, dan beberapa akun untuk bantu mempromosikan. Lebihnya branding, loho, kemasan. Kalo untuk rasa sudah dipercaya dan diterima oleh masyarakat tentunya.

Ada beberapa varian Teh Thailand ada 2 yang pertama original thai tea dan yang kedua thai green tea. Semuanya memakai bubuk teh asli dari Thailand dan tidak memakai kemasan dari bubuk shake. Jadi Ia maksimalkan dari bubuk teh asli Thailand ini, Alasan terkuatnya karena Ia ingin mempertahankan kualitas yang alsi dari teh itu sendiri.

Memulai Bisnis Minuman Dengan 5 Varian Menu

Untuk 3 varian shake ini Ia memakai yang pertama dark choco bubuk dan beberapa kental manis dan evaporasi. Yang setelah itu ada taro dan dark choco adalah jadi bestsellernya, dan yag terakhir adalah red velved, rasanya cukup satandart dan tidak terlalu low tidak juga terlalu strong. Jadi bisa dikatakan bisa disejejarkan dengan minuman kekinian lainnya. Untuk sekarang ada 5 menu utama kyakni 2 thai tea dan 3 shake.

Pembeda Minuman Loma

Yang menjadi pembeda antara minuman ini dengan minuman ditempat lain. Ia mengaku sering berkunjung ke tempat lain serta merisetnya. Kebanyakan rasa teh dan shakenya rata – rata sangat manis dan kalo disini Ia mengambil ditengah – tengahnya jadi ada rasa manisnya, gurihnya dan tidak dominan hanya manis saja, jadi cenderung pas.

riset-sebelum-memulai-bisnis-loma-thai-tea-dan-shake

Pemasaran Yang Dilakukan

Untuk pemasarannya sekarang ini memang belum dioptimalkan di sosial media seperti facebook atau instagram tapi masih fokus pada orderan di aplikasi grabgood dan gofood. Kini sekarang sudah menajdi partner aktif di gofood dan bisa dipesan di 2 aplikasi layanan food tersebut. Untuk layanan di grabfood untuk saat ini masih dalam proses.

Dan setelah kedua tersebut sudah itu selesai maka rencana selanjutnya dengan mengubah kemasan dan terakhir mulai sponsor ke instagram dan facebook lebih luas. Kemudian setelah itu akan mulai mengandeng artis instagram atau endorse untuk membantu mengenalkan produk Loma Thai Tea and Shake.

Target Pasar

Taget pasar secara spesifik untuk segi rasa sepertiny bisa menjangkau dengan selera orang tua. Kenyataanya banyak pelanggan yang membeli dan akhirnya orang tuanya juga ikut ketagihan untuk menikmati juga. Ini karena memang Thai Tea yang dotawarkan Loma memiliki racikan yang sangat pas, tidka pula hambar tidak pula kemanisan. Untuk target awal sekarang memang memprioritaskan anak sekolah dan mahasiswa namun juga tidak menutup kemungkinan.

Motivasi awal mula memulai bisnis minuman kekinian ini, untuk yang pertama dulu pernah jualan lele, pelg. Basic dari orang tua memang jualan di daerah asalnya Lamongan. Kemudian Ia berkeinginan singgah di Jogja dan ingin belajar buka bisnis sendiri. Akhirnya muncullah ide bisnis minuman kekinian, Ia juga berkeinginan setelah mendapatkan uang dan meraih kesuksesannya akan dipergunakan untuk berbagai. Sehingga tidak hanya menerima tetapi juga berbagi.

Arti Nama LOMA

Nah ibarat kata kalo orang Jawa bilang “Lomo” yang berarti tidak pelit. Jadi muncullah nama usahanya ini adalah LOMA, sedikit agak diplesetkan. Nah kalo dalam bahasa jawa A itu dibaca O jadi kalo orang tua yang baca sudah pasti paham artinya LOMA. Namun kalo untuk anak – anak muda mungkin masih belum ngeh. Nah LOMA ini artinya selalu jadi orang yang dermawan, memberi, saling berbagi itu motivasi mendirikan brand ini. Dan kedepannya Ia berencana untuk mengembangkan minuman juga makanan nantinya.

Harapan dan cita – cita kedepan, ini adalah salah satu step atau langkah awal untuk pertama kalinya saya memulai bisnis. Dari yang awalnya ikut orang tua dan sekarang memulai sendiri. Ini adalah pertama saya, pijakan saya setelah saya coba memenage sendiri, saya coba kembangkan. Saya akan terus berkecimpung di bidang bisnis dan mungkin setelah ini berjala stabil mungkin akan sedikit demi sedikit merambah ke makanan dan lain – lain.

Harapan dan Target Tahun Ini

Harapan yang ditargetkan pada tahun ini adalah pengen 2 tempat yang dibangun ini sudah auto, semua sudah jalan tanpa dihandle. “Pengennya juga dibeberapa kampus sudah ada brand saya, entah UGM, UNY, atau UI. Minimal ada satu kampus yang bisa dimasuki produknya ini.

Kalo untuk packagingnya untuk logo udah aman, sudah ada, sudah yakin dengan logo. Mungkin kebanyakan orang – orang itu untuk desain kemasannya masih copywriting, saya masih mencari penulisannya yang paling cocok. Saya masih mencari quote maupun tulisan – tulisan ciri khas Loma jadi ketika membaca langsung paham ini dari LOMA”, begitu penjelasannya.

Sekian inspirasi dari seorang pemuda yang membagikan kisah pengalamanya dalam merintis usaha minuman kekinian ini. Semoga dapat membantu dan menginspirasi bagi para pemuda diluar sana untuk ikut juga terjun dalam bidang usaha.

Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terima kasih :) salam sukses dan selamat mencoba, yang sudah punya bisnis semoga usahanya lancar dan sukses dan yang baru mau memulai bisnis semoga bisa terinspirasi dan segera mewujudkan mimpinya.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba