Mengulik “Rizal Snack” Usaha Roti & Kue Yang Menguntungkan

Mengulik

Rizal snack, merupakan salah satu brand toko kue dan roti di Yogyakarta tepatnya di Pakualaman. Tahukah kamu ternyata usaha roti merupakan salah satu usaha yang menguntungkan lho. Mengapa begitu? Buat yang penasaran langsung simak aja kisah pengusaha roti dan kue “Rizal Snack” ini. Usaha roti ini memang pantas disebut usaha yang sangat menguntungkan pasalnya sejak dibukanya usaha roti tersebut, pesanan roti dan kue yang datang terus saja mengalir tak kunjung berhenti.

Benar – benar bisa disebut keajaiban bagi pengusaha roti ini. Kalimat tersebut kami rasa tepat untuk diberikan bagi ibu rumah tangga yang satu ini. Berawal dari hobi memasak dan membuat aneka kue dan roti, kini Rini Wijayati (47) menjadikan bisnis snack kue dan roti sebagai mata pencaharian pokok keluarganya. Dan kenyataanya sekarang dari usaha ini memang membuahkan hasil dan mampu menopang kebutuhan keluarga Ibu Rini.

Mengawali usaha roti dan kue sejak tahun 1999, Ibu Rini membuka ‘Rizal Snack’ yang melayani pesanan berbagai kue dan roti aneka rasa. Bertempat tinggal di Gunungketur Yogyakarta, beragam kue produksi Ibu Rini dan keluarga antara lain kue sus buah, ekrel, danis coklat, pie kelapa, bolu, lapis zebra, pie buah, semar mendem, martabak, resoles, dan masih banyak lagi. Total saat ini ‘Rizal Snack’ mampu memproduksi 50 jenis kue dan roti dengan harga pada kisaran seribuan.

Usaha Roti & Kue “Rizal Snack”

Produksi Dilakukan Sendiri

Ditemui di rumahnya Kamis (24/3/2011), Ibu Rini yang ditemani keluarganya masih tampak sibuk melayani beberapa pesanan beragam kue dan roti siang itu. Sambil menyelesaikan produksi pesanannya tersebut, beliau mengaku jika usaha tersebut tidak dikerjakan oleh karyawan dan memang tidak memiliki karyawan untuk membantu memproduksi aneka kuenya. Namun dikerjakan sendiri dibantu oleh suami, adik dan kerabat lainnya.

Detail Dalam Memberikan Pengawasan Produksi

“Ketika pesanan yang datang banyak, otomatis keluarga kami menjadi sangat sibuk untuk bersama – sama membantu produksinya,” kata Ibu Rini sambil menggoreng pastel. Meskipun dikerjakan dengan keluarga sendiri, namun untuk kualitas produk kue dan rotinya Ibu Rini sangat detail dalam memberikan pengawasan.

peluang usaha kue ekrel

Totalitas Dalam Mengerjakan Pesanan

Untuk produksinya sendiri beliau kerjakan dirumahnya sendir, didapur sederhananya yang beratapkan terpal. Pada setiap harinya Ibu Rini seakan tidak lelah mengerjakan pesanan dari pagi hingga malam hari. Bahkan tak sering beliau merelakan tidur malamnya demi mengerjakan pesanan. Beginilah kata beliau, “Pernah kami sampai tidak tidur untuk memenuhi pesanan dalam jumlah yang besar,”

Permintaan Pasar

Meskipun usaha roti dan kuenya ini masih terbilang kecil dan masih masuk dalam skala rumah tangga, namun untuk bisa mendapatkan produk kue dan roti dari ‘Rizal Snack’ para pelanggannya harus memesan jauh – jauh hari sebelum hari H. Hal tersebut karena saat ini pesanan yang diperoleh ‘Rizal Snack’ sangat banyak, sehingga harus antri dan disesuaikan dengan waktunya. Jadi tak heran lagi jika usaha rotinya ini memang betul – betul membawanya pada keuntungan yang tidak sedikit bahkan terus saja mengalir dari hari ke hari.

Harga Jual

Harga roti dan kue yang ditawarkannya pun cukup terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Jadi tak heran lagi ya jika usahanya ini selalu ramai pesanan masyarakat sekitar. Dengan harga yang terjangkau yang ditawarkanya tersebut pun Ibu Rini mengaku masih bisa memperoleh omzet yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Sembari tersenyum, beginilah pengakuan beliau “Dalam sebulan kami bisa memperoleh omzet pada kisaran tiga jutaan, namun itu bukan menjadi patokan karena jumlah pesanan per bulannya yang berbeda-beda,”

Rizal snack, usaha roti dan kue

Target Pasar

Selama ini pesanan ke ‘Rizal Snack’ kebanyakan dari instansi pemerintahan yang ada di seputaran Kota Jogja. Selain itu, pesanan personal untuk keperluan hajatan dan rapat juga sering membuat Ibu Rini dan keluarganya ‘sibuk’. Dengan pesanan yang begitu seringnya dan banyaknya yang tak ada hentinya, Ibu Rini mengaku jika selama ini dirinya seolah dikejar deadline pesanan. Namun, beliau berujar sangat beruntung memiliki keluarga yang mau dan mampu membantu memproduksi aneka kue dan roti tersebut.

Bahan Baku

Menurut pengakuan beliau usahanya ini cukup mudah dijalankan, dengan beberapa kelebihan yakni dengan adanya bahan baku yang mudah didapat dan permintaan pasar yang begitu tinggi, Ibu Rini yakin jika usahanya tersebut masih bisa ditingkatkan baik kualitas dan kuantitasnya. Jadi bagi Anda yang penasaran dengan lezatnya aneka kue dan roti buatan ‘Rizal Snack’, silakan mampir di kediaman Ibu Rini tepatnya di belakang Rumah Sakit Puri Nirmala Pakualaman Yogyakarta.

Tertarik Usaha Roti dan Kue Seperti Ini?

Menarik sekali dari kisah yang dibagikan oleh Ibu Rini pengusaha roti dan kue “Rizal Snack” ini, cukup menginspirasi ya :) Ternyata usaha keras dan niat yang kuat serta keinginanan untuk maju terus dan terus mampu mengantarkan pada kesuksesan dan rezeki yang terus mengalir. Nah untuk Anda yang tertarik dan ingin membuka usaha namun masih belum yakin, mulai aja dulu dari yang kecil mulai dari sekarang. Dengan keyakinan dan usaha yang keras pastinya akan ada jalan yang terbuka lebar untuk orang – orang yang mau bersungguh – sungguh berusaha.

Untuk pembaca sekalian yang baru akan memulai usaha dan masih binggung dan belajar mengenai bisnis. Anda bisa belajar dan mencari – cari inspirasi dari para pengusaha sukses terdahulu hanya di website bisnisukm.com. Di web bisnis UKM Anda bisa menemukan berbagai informasi mengenai bisnis mulai dari peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video bisnis, bisnis online dan masih banyak lagi.

Bisa juga untuk mendapatkan berbagai inspirasi bisnis dari pengusaha sukses terdahulu hanya di bisniskuliner.id. Di website bisnis kuliner Anda bisa belajar dari berbagai pengusaha cafe, warung makan dan restaurant. Sedikitnya ada 242 video liputan yang bisa Anda jadikan inspirasi dan bahan untuk belajar. Salah satunya yakni memulai usaha, modal usaha, lokasi usaha, resep, produksi, pemasaran, keuangan, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Tim liputan bisnisUKM

1 thought on “Mengulik “Rizal Snack” Usaha Roti & Kue Yang Menguntungkan”

  1. ass.ibu saya tertarik dan salut dengan usaha ibu semoga kami yang dikalimantan timur bisa membuka usaha seperti ibu……salam kue………..

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba