Kemasan

Sebelum Membuat Kemasan Produk Kenali Jenis Bahannya

sebelum-membuat-kemasan-produk-kenali-jenis-bahannya

Berkenalan Dengan Jenis Kemasan

Secara umum kemasan produk atau packaging diartikan sebagai bagian paling luar dari suatu produk. Kemasan produk berfungsi untuk membungkus produk tersebut demi menghindari pengaruh buruk sinar matahari berlebih, guncangan dan benturan dengan benda lain, kelembaban yang tidak sesuai serta pengaruh handling yang tidak benar. Kemasan produk membuat image bagi produknya, sehingga sering kali kemasan dibuat sedemikian unik dan menarik sehingga pesan yang akan disampaikan bisa ditangkap oleh pemakai produk.

Kemasan atau packaging selalu menjadi salah satu unsur yang sangat penting bagi para produsen untuk menawarkan produknya. Oleh sebab itu, kemasan produk tidak hanya sekedar menjadi pembungkus saja. Apapun jenis produk yang akan Anda jual, dikala produk Anda kemas dengan unik dan menarik maka dari kemasan tersebut tergambarkan kulitas, benefit, nilai dan merek produk yang dijual.

Pemilihan bahan kemasan sangat penting karena pada setiap produk yang akan dikemas memiliki sifat yang berbeda-beda. Selain itu penting juga untuk mengetahui sifat bahan pengemas yang digunakan dan tujuan dari pengemasan, apakah pendistribusian untuk retail atau jarak jauh. Kemasan produk harus kuat namun tetap fleksibel untuk dibuat menjadi berbagai bentuk desain kemasan.

Secara umum ada 6 jenis bahan dasar yang biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan kemasan produk, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kertas

Kertas adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat kemasan produk dengan proses Sulfatasi. Sifat-sifat penting dari kertas untuk bahan kemasan adalah ketahanan terhadap bau, permeabilitas terhadap uap air, ketahanan terhadap asam dan alkali, aroma dan gas serta ketahanan terhadap lemak dan minyak.

Kaleng

Kaleng merupakan lembaran baja yang dibalut timah (Sn) dengan kadar yang tidak lebih dari 1,00-1,25% dari berat kaleng itu sendiri. Namun, bahan tersebut kadang-kadang dilapisi lagi oleh lapisan bukan metl demi mencegah reaksi dengan makanan atau minuman di dalamnya.

Gelas atau Kaca

Gelas merupakan material non-organik yaitu hasil dari proses pendinginan tanpa melalui proses kristalisasi. Gelas adalah benda padat yang tidak memiliki struktur seperti halnya logal dan juga keramik. Namun, gelas juga mempunyai kekurangan dengan sifatnya yang mudah pecah.

Alumunium Foil

Bahan kemasan ini berupa lembaran logam alumunium yang padat dan tipis dengan ketebalan kurang dari 0,15 mm. Kombinasi alumunium foil dengan bahan kemasan lain bisa mengahasilkan sebuah kemasan produk baru yang mempunyai daya simpan tinggi, tidak mudah sobek bila tertusuk, teknik penutupan mudah dan tahan dengan suhu sterilisasi yang tinggi.

Plastik

Plastik adalah salah satu jenis kemasan produk yang paling sering digunakan karena bahan ini paling mudah didapat dengan harga murah. Namun, kemasan plastik memiliki efek buruk karena susah diterima oleh alam. Selain itu, akibat dari penggunaan plastik yang tidak sesuai dengan fungsinya juga dikhawatirkan akan terjadi perpindahan komponen kimia dari kemasan plastik ke dalam makanan.

Kayu

Kayu adalah bahan kemasan tertua yang sudah lama diketahui manusia. Secara tradisional kemasan dari kayu digunakan untuk mengemas bebagai produk padat maupun cair. Penggunaan kemasan dari kayu baik berupa peti, tong kayu maupun palet sangat umum digunakan dalam transportasi berbagai komoditas dan perdagangan intrenasional. Kemasan kayu pada umumnya dipergunakan sebagai kemasan tersier yaitu untuk melindungi kemasan yang ada di dalamnya. Kelebihan dari kemasan kayu yaitu memberikan perlindungan mekanis dengan baik untuk bahan yang dikemas.

Pada prinsipnya kemasan produk harus bisa menarik perhatian para konsumen baik secara visual, rasional maupun emosional. Sebuah desain kemasn produk yang menarik juga mampu memberikan nilai tambah bagi produk yang dikemasnya.

Sumber gambar : http://packaging-materials.xtraplast.com/images/XtraPlast%20Product%20Example%20Photos/Packaging%20Materials/Trays/Lidding/XtraPlast-Pack-packing-package-tray-seal-food-lidding-a%20Essw.%20Schalensiegler%20s%20%20.jpg