Kenapa Harus Upgrade Kemasanmu? Ini Lho Alasannya

Bananania adalah sebuah brand milik CV. Cariza Khanza Pratama yang bergerak dalam bidang pangan, yakni memiliki produk keripik pisang aneka rasa. Balado. coklat, keju, BBQ, honey. Satu produk lagi turunan dari Bananania yakni granola. Granola sendiri merupakan sereal sarapan yang dikombinasikan antara buah pisang, biji-bijian dan buah-buahan kering lainnya. Bananania granola ini memiliki 3 varian rasa yakni coklat, madu dan cinnamon.

Produk keripik pisang ini dirintis oleh Sofyani Mira, yang berdiri sejak tahun 2019. Sampai saat ini, produk Bananania sudah masuk ke lebih dari 160 swalayan dan toko oleh-oleh di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Keripik pisang memang jadi salah satu peluang yang masih menarik untuk dikembangkan. Meski sekarang ini sudah makin banyak aneka camilan keripik yang bermunculan.

Bananania sudah berdiri 2 tahun lalu dan sudah banyak melewati banyak proses yang tidak mudah untuk sampai pada tahap sekarang ini. Salah satunya adalah kemasan yang berkali-kali mengalami perubahan. Upgrade kemasan ini tujuanya untuk menunjang penjualan dan mengikuti perkembangan bisnis. Mulai dari menggunakan kemasan standing pouch alufoil stiker hingga sekarang sudah memakai standing pouch printing.

Sejak awal tahun 2019 pemilihan kemasan yang digunakan memang sudah mengarah pada jenis kemasan printing alasanya agar produk jadi lebih awet. Dengan dikombinasikan stiker sebagai media untuk menampilkan informasi produknya. Hingga pada akhirnya mulai tahun 2020 Bananania mengganti kemasan menjadi alufoil printing full warna.

Meski pada tahun kedua sudah menggunakan kemasan printing full warna ternyata dirasa ada yang kurang untuk mendongkrak penjualan. Sehingga pada tahun 2021 kemasannya diupgrade dengan desain yang lebih cantik dan menarik. Jadi sejak tahun ketiga ini kemasan dari Bananania sudah berubah lebih cantik dengan desain dan warna yang berbeda setiap varian sesuai dengan rasa-rasanya. Untuk penutupnya pun sudah berganti dari seal menjadi ziplock.

Mengulik Kemasan Bananania

Riset Pasar Sebelum Terjun

Mengulik kemasan dari Bananania dan bagaimana efeknya dari pergantian kemasan sampai sekarang ini. Begini penjelasan dari Ibu Sofi mengapa akhirnya memutusakan untuk memilih kemasan alufoil. Seperti yang kita tahu jika kebanyakan para pelaku bisnis pemula lebih memilih kemasan yang terjangkau. Paling banter biasanya pakai kemasan plastik bening polosan.

Sejak awal dirintis bisnis keripik pisang ini Ibu Sofi sudah lebih dulu melakukan survey. Pemilihan kemasan alufoil ini dikarenakan produk bisa tahan lebih lama. Selain itu kemasan plastik sudah banyak dipasaran dan banyak digunakan pada kemasan keripik-keripik lainnya. Dari sana Ibu Sofi mulai memperhatikan dan meriset kira-kira seperti apa persaingan kedepannya.

Lalu melihat pasar produk dengan kemasan yang lebih ekslusif cukup bagus. Namun belum banyak UMKM yang menggunakan kemasan alufoil. Maka Ia ingin keripik pisang Bananania berada pada segmen tersebut. Jadi pada awal terjun pada tahun 2019 ini memang kedepan sudah menyasar pada kemasan alufoil printing.

Berani Upgrade Untuk Naik Kelas

Namun pada awal butuh riset atau survey pasar, kira-kira dari ke-5 varian rasa tersebut yang paling bestseller. Maka dari awal Ia mencoba menggunakan kemasan alufoil namun masih menggunakan stiker. Apalagi pada saat merintis modal yang dimiliki masih kecil. Jada pada awalnya dulu Ia membeli kemasan alufoil polos, kemudian cetak stiker sendiri.

Menariknya ketika Ia memilih kemasan alufoil dengan stiker ternyata kedepannya sudah memiliki rancangan kedepan. Bahwa bisnisnya nanti akan berkembang. Jadi buat para pelaku UMKM yang mau naik kelas sudah seharusnya memiliki rancangan sejak awal. Terutama “segmen yang akan dibidik mau kemana”, begitu tuturnya.

Upgrade Dari Stiker ke Printing Full Warna

Penggunaan kemasan printing jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan stiker. Alasan pertamanya dari segi ukuran, stiker tidak bisa terlalu besar. Sebab jika ada banyak info yang mau sampaikan melalui kemasan tidak bisa semua tercantum. Apalagi jika memakai kemasan dengan stiker dua sisi jatuhnya akan lebih mahal.

Berbeda dengan kemasan printing full warna. Selain itu dengan penggunaan kemasan printing full warna tentu bisa mencantumkan beberapa informasi produk. Bisa satu sisi atau bahkan dua sisi yakni depan belakang. Dengan pemilihan kemasan stiker pada awalnya produk yang dijual masih skala kecil dan belum memproduksi dalam jumlah banyak. Sehingga masih bisa cetak stiker dalam jumlah kecil.

Berbeda dengan kemasan printing full warna yang mana pasti ada minimal tertentu. Penggunaan stiker tentu lebih terjangkau sebab minimal order bisa 100 pcs sampai 200 pcs. Bahkan ketika print stiker sendiri masih bisa minimal berapapun. Begitulah beberapa alasan mengapa Ia memilih menggunakan kemasan alufoil dengan stiker.

Upgrade Kemasan Alufoil Printing

Alasan Memilih Kemasan Printing

Alasan utama adalah penggunaan kemasan printing full warna segala informasi bisa dicantumkan. Bahkan dengan kombinasi warna yang lebih kompleks sehingga menjadi jauh lebih menarik. Informasi penting lainnya pun bisa disampaikan.

Seperti PIRT, Halal MUI, BPOM, Komposisi, Ingredients. Sebenarnya dengan stiker memang bisa menampilkan beberapa informasi namun pasti kecil dan kurang terlihat jelas. Berbeda dengan printing yang bisa memasukkan semua informasi yang diinginkan.

Upgrade Desain Kemasan Printing

Untuk desain kemasan printing pada tahun 2020 terlihat sama. Padahal Bananania ini ada 5 varian rasa, namun untuk variannya tidak begitu terlihat sebab kecil tulisannya. Jadi ketika konsumen membeli harus memastikan pada tulisan untuk memilih varian rasanya. Sehingga masih tidak terlihat perbedaan warna antara varian satu dengan lainnya.

Hingga pada akhirnya tahun 2021 memutuskan menggunakan kemasan dengan desain baru yang lebih eye cathing dan berwarna. Ibu Sofi ingin jika tiap varian rasa kemasannya juga berbeda. Dari kejauhan konsumen sudah tahu jika Bananania ada varian rasa coklat, honey, balado, BBQ dan cheese. Jadi dari warna sudah terlihat perbedaan rasa.

Pentingnya Upgrade Kemasan

Itu alasan kenapa akhirnya memutuskan untuk upgrade desain kemasan menjadi alufoil full printing seperti sekarang ini. Selain itu sekarang ini produk bananania hadir dengan kemasan ziplock. Sehingga bisa ditutup kembali ketika tidak habis dinikmati. Tentunya akan membantu menjaga produk agar tidak mudah merusak kualitasnya.

Jadi masih bisa disimpan dan dinikmati kembali nantinya. Sudah tahu yaa sekarang pada tahun 2021 ini tidak hanya mengalami perubahan desain kemasan. Namun juga berubah dari penutupnya menggunakan seal. Kini berubah penutupnya menggunakan ziplock yang bisa dibuka tutup. Cukup menarik sekali ternyata Bananania ini yang mana selama kurang lebih 2 tahun menjalankan bisnisnya ini sudah banyak mengalami perbaikan.

Dari segi kemasan tentunya yang menjadi lebih menarik dan lebih terkonsep. Tentunya untuk para UMKM diluar sana penting sekali mengupgrade kemasan sesuai dengan perkembangan zaman dan trend bisnis. Tentu untuk bisa bersaing dipasar modern.

Sebab kemasan adalah baju dari suatu produk, sehingga kemasan yang premium akan mencerminkan produk yang berkualitas pula. Sehingga presepsi masyarakat terhadap produk akan berbeda dengan adanya kemasan yang menarik.

Itu tadi pembahasan tentang pentingnya upgrade kemasan bersama UMKM Bananania yang ternyata mengupgrade kemasan itu sangat penting untuk kemajuan bisnis. Semoga semakin banyak UMKM yang mulai tersadar akan pentingnya mengupgrade kemasan demi mengembangkan bisnisnya.

Leave a Comment