Aktivitas, Galeri Foto

Seminar Kewirausahaan Kembali Digelar di Kecamatan Lendah

pelatihan kewirausahaanSukses digelar pada awal Maret 2014 pada tanggal 12-13 Maret 2014 BisnisUKM.com dipercaya kembali untuk melanjutkan pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas  di kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon progo yang menjadi naungan YAKKUM Daerah Istimewa Yogyakarta untuk diberdayakan secara eknomi dan kualitas hidup.

Seminar dua hari yang dimulai sejak sekitar jam 09.00 ini menghadirkan Trainer BisnisUKM.com Rakmatniwa yang akan membeberkan kunci sukses berwirausaha yang cepat, mudah dan menghasilkan banyak untung. “Sebuah ide bisnis bisa kita dapatkan dengan cara melihat masalah itu adalah solusi” ungkap Rakmatniwa disela-sela membuka acara pagi itu.

Pada hari pertama pemateri menyampaikan penjelasan materi tentang POAC (Planing – Organizing – Actuating – Controling) dalam penerapannya pada perencanaan bahan baku serta proses evaluasi dari sebuah usaha, materi yang diberikan sedikit banyak mampu mendorong rasa keingintahuan peserta karena merupakan pengetahuan yang baru dan belum pernah diketahui sebelumnya.

Pada sesi ini, pemateri memberikan gambaran tentang bagaimana menyusun perencanaan usaha meliputi apa saja aktivitas dan pelaksanaanya “pengelolaan usaha sangat penting diketahui oleh seorang pengusaha, karena dari sana kita menjadi tahu progress yang telah didapat” jelas Pak Rakmatniwa. Tak lupa dalam setiap pertemuan beliau memberikan tugas kepada para peserta pelatihan sebagai bahan pembelajaran dari materi yang telah disampaikan.

Pada hari kedua sekaligus hari terakhir di kecamatan Lendah, Bapak Rakmatniwa memfokuskan materi tentang POAC dalam penerapannya pada proses produksi dan metode pengawasan produksi serta cara mengemas produk. Pada meteri dijelaskan tentang factor-faktor produksi yaitu manusia, modal, bahan baku dan cara kerja, keempat faktor tersebut merupakan syarat adanya sebuah produk usaha.

Seminar kewirausahaan yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut tersebut merupakan upaya Pusat Rehabilitasi Yakkum bekerjasama dengan BisnisUKM.com untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan dengan menjadi pengusaha mandiri dan membuka kesempatan kerja bagi orang lain khususnya penyandang Disabilitas dan Keluarga Disabilitas di Kecamatan Lendah.