Aktivitas, Galeri Foto

Seminar Nasional Go Future and Go Online

seminar nasional go future and go onlineProgram Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung merealisasikan event besarnya yaitu Seminar Nasional ‘Go Future and Go Online’, Kamis (1/11). Seminar yang dilangsungkan di Ruang Audio Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan tersebut menghadirkan empat orang narasumber, yaitu Bapak Jabat Kaban (bisnisUKM.com), Ibu Ir. Sri Suharti (GS1), Eka Hilman (Chocodot), dan Dimas Ginanjar Merdeka (Maicih). Masing-masing narasumber berbagi ilmu terkait bisnis dan usaha yang digelutinya, terutama pemaksimalan media online sebagai ujung tombak bisnisnya.

Dihadiri kurang lebih 200 peserta yang didominasi kalangan akademika Bandung, Seminar Nasional Go Future and Go Online dibuka secara resmi oleh Dekan FISIP Unpar Bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. Selanjutnya, dipandu oleh moderator Bapak Agus Gunawan, S.Sos., B.App.Com., MBA., M.Phil., masing-masing pembicara mempresentasikan bisnis/ usaha yang sedang mereka geluti. Bapak Jabat Kaban yang didaulat sebagai pembicara pertama memberikan gambaran mengenai bisnisUKM.com, serta menyampaikan materi tentang ‘Peran Portal Menjadi Go Online, Bisnis Online Sebagai Langkah Awal UMKM, serta Bagaimana Cara Kerja dan Skema Kerjasama’.

Bapak Jabat Kaban dalam seminar go future and go onlineSementara itu Eka Hilman dari Chocodot mempresentasikan bisnis cokelat uniknya kemudian menyampaikan materi mengenai ‘Tips Dan Trik Selama Membangun dan Menjalankan Bisnis Berbasis Online’. Ibu Ir. Sri Suharti dari GS1 memberikan materi ‘Mempersiapkan Produk Yang Siap Dijual Secara Online’. Dan terakhir Dimas Ginanjar Merdeka dari Maicih berbagi ilmu tentang ‘Tips Dan Trik Selama Membangun dan Menjalankan Bisnis Berbasis Online Dengan Memanfaatkan Media Sosial”.

Selama kurang lebih tiga jam, keempat pembicara mampu ‘menghipnotis’ para peserta seminar yang hadir dengan ilmu seputar pengalaman bisnis masing-masing hingga mampu berkembang seperti saat ini. Adapun beberapa materi pokok yang kemudian ditanyakan oleh moderator terhadap para pemateri diantaranya elemen-elemen dalam teknologi informasi yang tepat untuk bisnis online, kiat-kiat sukses dalam membangun dan mengelola bisnis online, serta penerapan teknologi informasi terhadap bisnis/ UMKM.

pembicara seminar go future and go onlinePara peserta seminar juga terlihat sangat antusias dengan apa yang disampaikan para pemateri. Terbukti ketika sesi tanya jawab dibuka, rentetan pertanyaan langsung menghiasi seisi ruangan seminar. Sebagian besar peserta masih penasaran tentang bagaimana para pelaku-pelaku bisnis tersebut bisa memperoleh penghasilan milyaran Rupiah dengan modal media online.

“Ketika memilih teknologi yang digunakan dalam media online maka kita harus hati-hati atau jangan sampai salah, jangan hanya depannya saja yang kelihatan wah, tetapi backgroundnya juga harus kuat, misalnya bagaimana strategi yang harus dicanangkan terlebih dahulu, kemudian untuk mencapai tujuan itu strateginya harus seperti apa, dan stategi itu diimplementasikan dalam hal proses harus bagaimana, dimana antara satu proses dengan yang lainnya harus saling berkaitan,” begitu sebagian kesimpulan yang dirumuskan oleh moderator dalam seminar tersebut.

Tim bisnisUKM