Berita UKM

Ampuuh! Sop Sayuran Ini Bisa Dijadikan Obat Kanker!

SHARE YUK!

sop-sayur-lima-unsur

Salah satu rumah di Jalan Kanthil, Badran, Laweyan, Solo, ini terlihat ramai setiap hari. Rumah sederhana milik Hendra Gunawan tersebut mendadak ramai setelah beberapa media memberitakan aktivitas dapurnya. Bukan, bukan karena aktvitas kriminal atau ada hal gaib di rumahnya. Sebaliknya, Hendra melakukan hal positif dengan membuka usaha ramuan sayur lima unsur yang dipercaya dapat melawan kanker.

Buka setiap hari kecuali Minggu, pembeli yang datang ke rumah Hendra berjumlah ratusan orang per hari. Mereka datang dengan berbagai keluhan, mulai dari menjaga stamina tubuh hingga mengobati kanker ringan.

hendra-gunawan

hendra-gunawan

Salah satunya Suryanto Suripto, yang sudah mengkonsumsi ramuan buatan Hendra selama 10 tahun. Menurutnya, meminum ramuan tersebut membantu menurunkan penyakit darah tingginya selama ini.

Suryanto dan pelanggan lain sering memilih meminum langsung ramuan tersebut di tempat dengan membayar 5 ribu rupiah per gelas. Sementara lainnya, sering membawa pulang dalam kemasan botol seharga 20 ribu rupiah per botol. Tak tanggung tanggung satu orang bisa memesan hingga lima botol sekali datang.

Begitu ramainya peminat ramuan tersebut, sebenarnya itu ramuan apa? Nah, Hendra menyebutnya sup sayur lima unsur. Sesuai namanya, sup tersebut merupakan perpaduan dari lima sayuran yakni lobak, daun lobak, gobo kuning, wortel, dan jamur huiko berwarna hitam.

Lima Unsur Panca Warna

Pertama kali Hendra menjajal ramuan ini kepada istrinya belasan tahun lalu. Setelah menemukan resep ramuan dari sebuah koran, ia memberikannya rutin kepada istri yang mengidap sakit pada lutut. Hasilnya sang istri sembuh.

“Sebelumnya istri bolak balik ke dokter gak sembuh sembuh. Ramuan ini memang obat segala penyakit. Di koran bahasa mandarin yang saya baca waktu itu malah ditulis khususnya kanker, soalnya penemunya satu keluarga mengidap kanker semua dan sembuh,” kenang Hendra kepada Bisnis UKM.

woow-sop-sayuran-ini-bisa-dijadikan-obat-penyembuh-kanker

Sop sayur lima unsur

Menurut Hendra masing-masing sayuran mewakili setiap unsur dan memiliki khasiat sendiri-sendiri. Unsur kayu itu daun lobak, sedangkan buah lobaknya merupakan unsur logam. Keduanya diyakini mengandung nutrien penawar racun.

“Kalau unsur tanah itu gobo kuning, unsur api wortel, unsur air dari jamur huiko berwarna hitam. Jamur huiko dan gobo sebagai obat anti kanker,” lanjut Hendra sembari mengawasi tungku-tungku di dapurnya.

Hendra pun mengaku tak menyangka ramuan sayur lima unsur buatannya bisa selaris sekarang. Kini ia dibantu istri dan sejumlah karyawan, memasak ramuan menggunakan enam tungku, mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Tungku pun musti terus menyala karena telah ditunggu para pelanggannya.

para-pelanggan-hendra-yang-selalu-ramai-setiap-harinya

Para pelanggan hendra yang selalu ramai setiap harinya

Proses Harus Tepat

Seketika dapur sederhana Hendra menjadi dapur tersibuk di lingkungannya. Ada beberapa karyawan yang tengah bekerja sesuai bagian masing-masing. Pertama ada yang menyiapkan bahan mulai dari pengupasan hingga pencucian. Lamanya pencucian sayur pun diatur agar khasiatnya terjaga.

Setelah itu, sayur dipotong sedang, dan dimasukkan ke panci kaca. Selanjutnya ditambah air sumur, lalu diletakkan di atas tungku berbahan bakar arang. Kunci dari khasiat sup sayur ini adalah ketepatan panas tungku dan lama memasak.

dapur-milik-hendra-yang-selalu-sibuk

Dapur milik Hendra yang selalu sibuk

Hendra selalu memiliki catatan terkait lama memasak sehingga khasiat sup sayur tidak pudar. Bahkan Hendra sendiri yang menjalankan quality control di dapurnya. Setelah sesuai waktu memasak, Ia pun hanya mengambil air sarinya saja. Sementara sisa sayurnya dikumpulkan untuk membuat pupuk.

“Soal resep umpanya ada orang yang minat membuat sendiri ya bisa saja. Tapi biasanya cara masaknya yang kurang tepat. Mungkin pancinya, mungkin apinya, mungkin airnya,” kata Hendra.

Hendra menambahkan dirinya merasa senang dapat membantu orang-orang yang sakit khususnya kanker. Menurutnya, ada semacam kepuasan tersendiri ketika mereka cerita sakitnya berkurang. Namun, ramuan Hendra ini bukan tanpa kendala karena tanpa bahan campuran sup sayur lima unsur hanya dapat bertahan 5-6 jam perjalanan atau bisa 3 hari di dalam lemari pendingin.

 

Reporter:
Rizki Budi Pratama
Kontributor BisnisUKM.com Solo Raya

SHARE YUK!