Strategi Jualan Baso Aci Pedas Buat Menangin Persaingan Pasar!

Jualan baso aci pedas menjadi salah satu bisnis kuliner yang saat ini pasarnya menjanjikan. Kuliner pedas pada dasarnya memang punya banyak penggemar setia. Jadi nggak heran kalau peluang bisnisnya sangat menggiurkan. Di Indonesia kalau kita lihat tren kuliner pedas tidak pernah redup dan selalu hadir inovasi-inovasi terbaru untuk setiap sajian kulinernya. Salah satunya adalah baso aci pedas yang sekarang penggemar setianya kebanyakan dari kalangan anak-anak muda.

Merintis usaha dengan jualan baso aci pedas memang bukan suatu hal yang mudah mengingat persaingan bisnisnya juga makin kompetitif. Tidak hanya bersaing dengan pemain serupa para pelaku usaha yang jualan baso aci pedas juga harus bersaing dengan berbagai kuliner pedas lainnya. Apalagi sekarang ini kemajuan teknologi memudahkan siapa saja untuk bersaing bebas di pasaran. Tapi jangan merasa minder meski kamu baru saja memulai usaha jualan baso aci pedas. Biar nggak kalah bersaing dengan pelaku usaha yang sudah lebih dulu bergelut di bidang yang sama, sebagai pemula kamu bisa lakukan beberapa strategi jualan baso aci pedas biar daya saing makin kuat.

Bakso Aci Pedas, Usaha Kuliner Kekinian Menjanjikan!

1. Tentukan Segmen Pasar yang Tepat

Strategi jualan baso aci pedas ini pada dasarnya juga harus diterapkan untuk semua bidang bisnis. Bukan tanpa alasan karena suatu produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kelompok atau pasar dengan segmen tertentu. Maka dari itu sangat penting untuk menentukan segmen pasar atau target konsumen mana yang akan dibidik ketika kamu merintis usaha jualan baso aci pedas.

Dalam menentukan target konsumen memang kesannya mudah karena suatu produk itu pasti punya pasar. Tapi bukan berarti ketika kamu menjalankan usaha jualan baso aci pedas ini tidak melakukan tahapan untuk menentukan target konsumen. Siapa target konsumen yang akan kamu bidik? Apakah konsumen menengah ke atas atau konsumen reguler. Pastinya hal tersebut juga harus disesuaikan dengan branding produk baso aci pedas yang kamu jual.

Segemen pasar yang akan kamu bidik juga harus spesifik. Misalnya produk baso aci yang kamu jual adalah produk premium, maka bisa saja target konsumennya adalah anak-anak muda pecinta kuliner pedas yang sudah bekerja atau punya penghasilan sendiri. Begitupun ketika kamu menyasar pasar reguler, bisa lebih dispesifikasikan lagi menjadi kalangan pelajar atau mahasiswa yang kebanyakan dari mereka adalah pecinta kuliner pedas dan belum punya penghasilan sendiri.

2. Strategi Jualan Baso Aci Pedas : Berani Tampil Beda

Kalau belum bisa bersaing dari segi modal dana dengan kompetitor yang lebih besar, kamu bisa kembangkan kreativitas dan inovasi supaya usaha jualan baso aci pedas kamu bisa tampil beda di mata calon konsumen. Untuk menarik perhatian konsumen, buatlah sesuatu yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Lakukan survey pasar untuk membandingkan produk baso aci pedas yang kamu jual dengan competitor. Selanjutnya tonjolkan keunikan yang tak dimiliki oleh kompetitormu.

Misalnya saja kamu bisa berinovasi dari segi varian produk. Kalau pada umumnya baso aci yang beredar di pasaran adalah baso aci dengan cita rasa original dan pedas, kamu bisa munculkan cita rasa lain yang lebih unik. Misalnya baso aci kuah kare, baso aci kuah soto, baso aci goreng, baso aci tetelan, dan varian menu lainnya yang bisa menjadikan usaha baso aci pedas kamu tampil beda. Tapi bukan berarti kamu asal tampil beda tanpa melihat kebutuhan pasar ya. Keuinikan yang diciptakan tetap berangkat dari data atau pun riset yang kamu lakukan di pasar.

3. Strategi Jualan Baso Aci Pedas : Ikut Pameran

Untuk meningkatkan daya saing produk, sekali-kali kamu bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah ataupun swasta. Selain untuk memperkenalkan usaha jualan baso aci pedas kamu ke kalangan masyarakat luas, pameran juga bisa menjadi ajang untuk berkenalan langsung dengan para kompetitor yang ada. Tentunya ada banyak pengalaman dan informasi baru yang bisa kamu dapatkan dari acara pameran. Tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan ide baru setelah bertemu dengan para kompetitor.

4. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Ketika kamu sudah memiliki banyak pelanggan, jangan sia-siakan keuntungan tersebut. Pastikan selalu menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan kamu. Berikan layanan yang cepat dan tepat agar mereka tidak berpaling ke produk yang lain. Pelanggan adalah aset berharga yang bisa membantu usaha jualan baso aci pedas kamu memenangkan persaingan pasar.

5. Bikin Inovasi Produk untuk Perluas Pasar

Kalau pada poin sebelumnya kamu perlu tampil unik supaya bisa terlihat lebih menonjol dibandingkan kompetitor yang sudah lebih dulu ada dengan variasi menu, di poin ini kamu perlu untuk berinovasi terkait produk. Sekarang ini baso aci bukan sebatas menjadi sajian siap makan yang nikmat untuk dimakan saat itu juga atau makan di warung baso aci langsung. Tapi baso aci juga menjadi makanan instan atau siap saji kapan pun dan di mana pun seseorang ingin menikmati kelezatannya.

Maka dari itu kamu juga perlu berinovasi untuk menjadikan produk dari usaha jualan baso aci dalam bentuk instan. Selain produk kamu makin bervariasi, pasarnya juga akan semakin luas. Kalau biasanya konsumen kamu hanya terbatas pada orang-orang di wilayah kamu menjalankan usaha jualan baso aci pedas, produk instan ini bisa menyasar pasar tanpa terbatas wilayah. Konsumen bisa datang dari mana saja dan pastinya hal ini akan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

6. Buatlah Produk dengan Tampilan Mewah Meski Harga Relatif Murah

Ketika berbelanja di supermarket dengan banyak pilihan produk, calon konsumen hanya membutuhkan waktu beberapa detik sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Maka dari membuat tampilan kemasan produk yang mewah agar produkmu tak terlihat murahan adalah hal yang sangat penting. Kesan pertama yang dilihat calon konsumen menjadi faktor utama yang menentukan pembelian. Buatlah tampilan kemasan baso aci instan dengan desain dan pemilihan warna yang semenarik mungkin.

7. Pemasaran Media Sosial untuk Jualan Baso Aci Pedas

Sekarang ini semua pelaku bisnis kebanyakan sudah menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. Apalagi bisnis kuliner yang setiap hari konsumennya akan selalu ada. Maka dari itu kamu sangat perlu bahkan harus memanfaatkan media sosial untuk memasarkan usaha jualan baso aci pedas. Kebiasaan konsumen sekarang sudah berubah. Media sosial ibarat sudah menjadi alat yang akan menjadi pemandu untuk melakukan banyak hal. Termasuk dalam memutuskan untuk membeli produk makanan tertentu.

Jadi nggak heran kalau berawal dari media sosial, suatu usaha bisa mendapat konsumen yang banyak bahkan loyal. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan media sosial untuk pemasaran adalah terkait konten-konten yang relevan dengan target konsumen kamu. Selain konten seputar produk atau pun promosi, konten lain yang memuat hal edukasi dan hiburan juga perlu kamu sisipkan.

Itulah strategi jualan baso aci pedas yang bisa kamu terapkan untuk memenangkan persaingan pasar. Semoga tulisan in bermanfaat untuk kamu ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak yang mendapatkan pengetahuan soal strategi jualan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner kamu makin #NaikKelas!

Ikuti terus informasi menarik seputar strategi jualan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba