Upgrade Kemasan Berkualitas, Bisnis Siap Naik Kelas!

Kemasan berkualitas menjadi salah satu hal yang sedang gencar dicari oleh banyak pelaku usaha. Hal ini tentunya terjadi bukan tanpa alasan mengingat kemasan merupakan salah satu hal penting untuk meningkatkan daya saing. Kemasana seperti yang kita tahu saat ini bukan hanya sebatas menjadi wadah atau melindungi produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan berkualitas merupakan bagian dari identitas produk yang juga menjadi nilai untuk meningkatkan daya saing dengan kompetitor bisnis.

Kenapa Kemasan Berkualitas Itu Penting?

Persaingan di dunia bisnis untuk produk apa pun kita lihat saat ini makin kompetitif. Setiap pelaku usaha harus selalu berinovasi untuk meningkatkan daya saing agar produknya bisa tetap berkompetisi dengan produk lain. Maka dari itu salah satu hal yang penting dalam hal ini adalah memiliki kemasan berkualitas. Mungkin beberapa orang masih belum terlalu mementingkan kemasan karena dianggap sebagai pembungkus saja. Padahal kemasan berkualitas itu adalah unsur penting untuk menguatkan identitas produk.

Sebenarnya apa aja ya yang perlu dipersiapkan ketika persaingan bisnis makin kompetitif? Selain strategi bisnis tentunya kamu perlu punya ciri khas yang tidak dimiliki oleh kompetitor kamu. Supaya daya saing bisnis yang kamu jalankan semakin kuat. Salah satu yang bisa menciptakan ciri khas untuk usaha kamu adalah kemasan berkualitas. Kenapa kemasan berkualitas menjadi hal yang penting untuk membangun identitas dan ciri khas produk? Berikut ini lima alasan kenapa kemasan berkualitas bisa menguatkan daya saing bisnis yang kamu jalankan.

1. Identitas Produk

Seperti yang udah dibahas sebelumnya kalau persaingan bisnis di Indonesia saat ini memang ketat. Makin banyak ide kreatif dan inovatif yang bermunculan. Sehingga semakin banyak bisnis serupa yang berkembang. Terus bagaimana caranya bisnis kamu berbeda dengan kompetitor atau bisnis serupa lainnya? Kemasan! Buatlah kemasan berkualitas yang “ini gue banget” untuk produk kamu. Dalam artian, kemasan berkualitas bisa merepresentasikan produk atau bisnis kamu. Kemasan yang berhasil adalah kemasan yang akan membuat calon konsumen langsung mengenali produk kamu. Menggunakan kemasan berkualitas yang tepat bisa sekaligus membranding produk kamu sehingga memiliki ciri khas atau identitas tersendiri.

2. Melindungi Produk

Kemasan juga akan melindungi dan mejaga kualitas produk kamu. Bayangin deh kalau kamu punya produk makanan atau minuman tapi kemasannya kurang oke? Apalagi kalau bahannya yang kurang berkualitas. Selain bisa merugikan konsumen, kemasan yang kurang tepat juga akan memberikan kesan yang kurang baik untuk perkembangan bisnis kamu. Pada dasarnya kemasan berkualitas yang tepat bisa melindungi produk mulai dari proses produksi, penjualan dan promosi, display produk, distribusi, hingga sampai ke tangan konsumen.

3. Menguatkan Daya Tarik

Produk yang dikemas dengan cantik akan memiliki nilai penjualan yang lebih tinggi daripada produk yang dikemas ala kadarnya. Orang cenderung akan lebih ingin mencari tahu produk yang kemasannya menarik dan memiliki nilai lebih seperti desain yang bagus dan bahan yang ramah lingkungan. Apalagi saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Terutama dengan limbah yang dihasilkan, kemasan yang ramah lingkungan akan lebih disukai daripada kemasan yang sulit diuraikan.

4. Memuat Informasi Produk

Biasanya dalam sebuah kemasan tidak hanya termuat nama produk saja, tapi juga informasi seputar produk. Calon konsumen biasanya mencari informasi pada kemasan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Penambahan informasi produk pada kemasan juga bertujuan agar mudah dilihat oleh konsumen. Jadi, konsumen akan semakin yakin untuk melakukan pembelian. Informasi yang perlu dimuat dalam kemasan berkualitas di antaranya adalah merk, tanggal kedaluwarsa, bahan baku, angka kecukupan gizi, tanggal produksi, dan lain sebagainya. Bisa juga kamu tambahkan quotes atau lelucon pada desain kemasan. Sesuaikan dengan identitas bisnis dan siapa segmen pasar yang kamu bidik. Teknik copywriting juga sangat penting untuk dipahami perihal membuat informasi produk.

5. Memudahkan Penggunaan

Pada dasarnya kemasan produk itu tercipta untuk memudahkan tiga hal di luar membangun brand. Ketiga hal itu adalah memudahkan untuk digunakan, dibawa, dan disimpan. Hal-hal tersebut bukan hanya ditujukan untuk konsumen. Tapi untuk kamu juga sebagai produsen. Jadi, pilihlah kemasan berkualitas yang bisa menguatkan brand sekaligus memudahkan dalam penggunaan produk.

Pertimbangan Pemilihan Kemasan Berkualitas

Dari segi bisnis kemasan berkualitas pastinya bisa mendukung proses mulai dari penyimpanan, distribusi, dan juga penjualan. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih kemasan untuk suatu produk. Kemasan itu akan mengikuiti produk dengan pertimbangan jenis produk, jangka waktu atau masa simpan produk, proses produksi apakah masih manual atau otomatis, distribusi, kompetitor, sampai marketing. Pemilihan kemasan juga dipertimbangkan dari segi bahan atau material dan juga bentuk ataupun model kemasan.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih kemasan produk adalah disesuaikan dengan karakteristik produk. Pastinya produk pangan dalam bentuk padat, bubuk, cair masing-masing akan berbeda. Pertimbangan kedua adalah distribusi produk, masih berkaitan dengan hal pertama di mana kalau produk yang dijual adalah siap makan atau sudah matang berarti alur distribusinya lebih singkat. Umumnya hanya melalui satu alur distribusi yaitu dari resto kamu, kurir, dan sampai ke tangan konsumen. Beda halnya dengan produk siap saji yang alur distribusinya lebih panjang apalagi untuk pengiriman ke konsumen dari luar kota.

Pertimbangan ketiga adalah penjualan produk. Kalau produk yang kamu jual termasuk produk fast moving dalam artian sejak produksi selesai dan dijual ke pasaran dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan produk sudah terjual maka bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau. Beda halnya kalau biasanya produk terjual dalam waktu lebih dari tiga bulan. Kamu bisa pakai kemasan yang lebih berkualitas dari segi bahan atau materialnya.

Keempat pertimbangannya adalah target konsumen. Kalau produk yang kamu jual menyasar segmen pasar menengah ke atas atau menjadi produk premium, maka kemasan yang digunakan juga harus disesuaikan. Begitu pun ketika menyasar segmen pasar reguler, bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau. Pertimbangan terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Kamu bisa pilih kemasan berkualitas sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Sudah Siap Naik Kelas pakai Kemasan Berkualitas?

Untuk produk-produk seperti kopi misalnya kemasan yang berkualitas atau pun premium biasanya menggunakan tiga warna dasar antara hitam, putih dan gold. Sementara untuk produk camilan atau makanan akan lebih menarik dengan pemilihan warna dan desain yang komples. Selain pemilihan warna dan desain, teknik copywriting juga punya peranan penting dalam suatu kemasan. Kamu sudah siap punya kemasan berkualitas supaya bisnis makin naik kelas? Yuk konsultasikan kemasan produk yang kamu butuhkan degan menghubungi tim diKemas.com dengan klik di sini.

Itulah ulasan seputar pentingnya kemasan berkualitas untuk bisnis yang kamu jalankan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang punya pengetahuan soal pentingnya kemasan produk.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan produk UKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba