Inspirasi Bisnis

Enam Tempat Terbaik Untuk Mencari Ide Bisnis

Enam tempat terbaik untuk mencari ide bisnisSebagai pelaku bisnis kamu selalu dituntut agar dapat memunculkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan bisnis. Tidak jarang kamu berani mengambil resiko luar biasa demi mewujudkan ide bisnis yang diinginkan, sekalipun kamu belum begitu yakin apakah bisnis tersebut nantinya akan menguntungkan atau tidak. Namun, begitulah resiko menjadi seorang pebisnis.

Semua orang bisa mendapatkan ide bisnis dari mana saja dan kapan saja. Inspirasi bisnis kadang ditemukan dari seringnya kamu melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar dan dengan mengandalkan seluruh panca indera. Banyak sekali orang sukses yang berhasil menemukan sebuah inspirasi saat mereka sedang berapa di suatu tempat.

Nah berikut ini adalah tempat-tempat yang mungkin dapat membantu kamu untuk mencari ide bisnis yang potensial.

1. Rumah

Dari dalam dan sekeliling rumah saja kamu sudah bisa menemukan inspirasi bisnis. Cobalah untuk mengamati secara detail segala peralatan rumah maupun kondisi di dalam rumah. Misalnya saja peralatan rumah tangga yang kurang tertata rapi, kamar mandi yang kurang terawat, cat dinding yang terkelupas, ventilasi udara yang kotor dan lain sebagainya. Dari masalah yang ada di dalam rumah tadi, ada beberapa jenis bisnis yang bisa kamu jalankan seperti penyedia jasa cleaning service, toko cat dinding dan lain-lain.

2. Lingkungan Rumah

Inspirasi bisnis juga bisa kamu temukan dari lingkungan sekitar rumahmu. Sebagai orang yang tinggal di dalam satu lingkungan pastinya kamu hafal dengan segala aktivitas orang-orang di sekitar lingkungan rumah. Jika kamu tinggal di kawasan perumahan yang kebanyakan penduduknya sibuk bekerja, maka alternatif bisnis yang bisa kamu jalankan adalah laundry, membuka mini market, rumah makan dan jasa kebersihan.

3. Kantor

Jika kamu adalah seorang karyawan, maka di kantor pastinya banyak karyawan yang tidak hanya mengandalkan gaji bulanan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Banyak dari karyawan kantor yang menjalankan bisnis online sebagai bisnis sampingan dengan menjual berbagai macam produk. Dari situ kamu juga bisa mencontoh aktivitas bisnis yang mereka jalankan.

4. Pusat Perbelanjaan

Tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dapat menjadi pabrik inspirasi bisnis bagimu. Hanya dalam waktu sekejap saja mungkin kamu dapat menemukan inspirasi bisnis. Banyak sekali jenis produk yang dijual di pusat perbelanjaan. Dari situlah mungkin kamu juga terinspirasi untuk menjual produk serupa seperti tas, sepatu, baju, makanan dan lain sebagainya.

5. Tempat Berlibur

Liburan merupakan momen menyenangkan untuk bersenang-senang. Namun, disitu kamu harus tetap membuka panca inderamu untuk menemukan sebuah inspirasi bisnis. Misalnya saja jika kamu menemukan seorang pembuat kerajinan yang kesulitan untuk memasarkan produknya. Nah, disinilah kamu bisa menjalin kerjasama dalam hal pemasaran. Selin itu, jika kamu melihat ada souvenir yang unik maka kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu ide usaha.

6. Sekolah

Jika kamu adalah orang tua yang bertugas mengantar jemput anak ke sekolah, maka inspirasi bisnis mungkin saja muncul ketika kamu sedang berada di sekolah. Apalagi jika kamu banyak mengenal orang tua murid dan guru dengan baik. kamu bisa menjalankan bisnis pengadaan alat tulis, seragam olahraga, mesin fotokopi dan beberapa peluang bisnis lainnya.

Itulah beberapa tempat ideal yang bisa memunculkan inspirasi dan peluang bisnis. Hal penting yang perlu kamu ingat disini adalah apapun ide bisnis kreatif yang kamu dapatkan bisa segera dijalankan dan menjadi peluang bisnis potensial ke depannya.