Tiktok Untuk Kegiatan Bisnis, Begini Kelebihan Tiktok

Kelebihan tiktok dibandingkan dengan aplikasi lain memang cukup menarik. Maka tak heran kini banyak diperbincangkan dan digunakan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Tiktok ini adalah sebuah aplikasi yang kini banyak digandrungi oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Para pelaku bisnis yang menjadikan tiktok sebagai media untuk promosi karena tiktok ini tengah trend dan digandrungi oleh semua kalangan.

Baik muda maupun tua sedang menyukai aplikasi yang satu ini. Sebenarnya memang sudah sejak tahun 2016 aplikasi ini dirintis namun waktu itu belum banyak yang menggunakanya untuk kepentingan bisnis. Dulunya para penguna tiktok hanya menggunakanya kebanyakan untuk pribadi. Namun kini semakin berkembang fitur yang ada semakin mendukung untuk kegiatan bisnis.

Pertumbuhan penggunaan tiktok untuk promosi bisnis ini cukup cepat, seiring dengan pertumbuhan konten video dan foto yang ditunjang dengan kemajuan fitur dan juga kecepatan internet ketika mengunggah video maupun foto. Banyak platform atau aplikasi yang menyediakan fitur yang mendukung pembuatan video dan foto dengan tambahan filter yang lebih menarik bagi para pengguna.

Salah satu aplikasi yang sangat mendukung untuk itu adalah tiktok. Meski di Indonesia sendiri penggunanya belum begitu banyak dan baru saja trend untuk bisnis. Di negara lain aplikasi ini sudah lebih dulu digunakan dan cukup populer.

Tiktok Untuk Kegiatan Bisnis

Tiktok ini merupakan aplikasi yang memberikan spesial effek yang unik dan juga menarik yang mana bisa digunakan oleh para penggunanya dengan sangat mudah. Tidak hanya sekedar membuat video pendek yang diberi background musik dan efek menarik.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dituntut untuk lebih kreatif dan memberikan kesempatan kamu untuk menciptakan sebuah karya atau menjadi seorang content creator. Fitur – fitur spesial effek yang disajikan oleh tiktok ini cukup beraneka ragam. Sehingga membuat video pendek yang dihasilkan cukup menarik dengan kehadiran efek yang dibisa digunakan secara mudah dan instant.

Langkah – Langkah Membuat Konten

Aplikasi tiktok ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup mudah untuk digunakan oleh siapapun. Termasuk mudah dipahami oleh para pengguna baru, nah untuk membuat konten pada tiktok ini kamu bisa simak langkah – langkah berikut.

  • Pertama unduh aplikasi tiktok di app store atau google play store, kemudian instal pada smartphonemu.
  • Lengkapi profil akun tiktokmu.
  • Buat rencana konten video yang akan kamu buat dan kemudian aplikasikan filter yang kamu inginkan.
  • Kemudian rekam videomu.
  • Kamu bisa membuatnya secara mandiri atau sendiri dan juga bisa melakukanya sendiri.
  • Lalu edit video dengan menggunakan tambahan efek dan background musik yang sesuai untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Masukkan caption atau deskripsi untuk video yang akan kamu unggah.
  • Unggah video lalu lihat video feed yang ada.
  • Like atau coment pada video apapun yang kamu sukai.
  • Cari video yang kamu sukai atau yang sedang trend.
  • Lalu kamu juga bisa mengikuti challenge yang sedang trend.
  • Ikuti pengguna lain melalui video yang kamu sukai melalui kolom pencarian.

Kelebihan Tiktok Untuk Bisnis

Tiktok ini sangat mendukung sekali digunakan untuk promosi bisnis. Mau tahu kelebihan dan kekurangan tiktok ini? Berikut ini kelebihan tiktok yang menjadii alasan mengapa aplikasi ini cocok digunakan untuk promosi.

Tempat Berkreasi

Kebanyakan dari sosial media seperti instagram, facebook dan yang lainnya dipenuhi dengan rekan kerja, teman, influncer dan keluarga dan membuat jenuh penggunanya. Privasi terkadang terganggu dan kebanyakan konten yang disajikan kurang kreatif dan hanya memamerkan kehidupan sehari – hari. Maka berbeda dengan tiktok ini, penggunanya yang beragam dan berbagai kelas ini bisa menjadi referensi membuat konten yang tidak hanya itu – itu saja.

Sosial Media Tanpa Ada Hujatan

Promosi bisnis memang sekarang ini sedang gencar dilakukan diberbagai media sosial. Namun tentunya promosi bisnis akan sangat menganggu apabila di media sosial ada banyak spam dan juga hujatan. Berbeda dengan tiktok ini hanya sekedar aplikasi yang berisi banyak hiburan dan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna. Tentunya akan sangat nyaman digunakan untuk promosi bisnis.

Dituntut Menjadi Content Creator

Apabila sosial media lain berisi seputar konten foto, tulisan atau video. Berbeda halnya dengan tiktok ini. Dengan beriklan dengan menggunakan tiktok ini kamu akan dituntut untuk lebih kreatif dalam berkreasi. Dengan adanya efek background musik dan juga filter maka akan lebih menarik. Beriklan di tiktok ini juga menuntut kamu juga menjadi lebih kreatif dalam berkreasi menghasilkan konten yang unik dan menarik.

Ada Trending

Keuntungan dengan menggunakan aplikasi tiktok untuk ikan bisnis ini karena adanya trending. Dengan adanya hashtag dan juga trending ini tentu akan membantu menaikkan iklan dan mempermudah promosi. Semakin banyak para pengguna yang melihat dan menyukai maka semakin besar peluang videomu promosimu ditonton.

Banyak Filter dan Efek Beragam

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tiktok dan tidak dimiliki oleh aplikasi lain yakni dengan adanya filter dan efek. Dengan adanya banyak pilihan efek dan filter maka akan memudahkan bagi para pengguna yang akan membuat konten untuk promosi. Filter dan efek ini mampu membuat konten menjadi lebih menarik. Tentunya para pengguna lain akan tertraik melihat produkmu.

Tidak Ada Iklan

Menariknya aplikasi ini adalah tidak adanya iklan, tidak seperti pada sosial media lainya yang terkadang diselingi dengan adanya iklan. Tentu cukup menggangu jika kita menonton video kemudian dijeda dengan iklan. Dengan tidak adanya iklan di tiktok ini akan membuat para penggunanya puas.

Mudah Digunakan

Tiktok ini adalah salah satu media sosial untuk promosi yang mudah digunakan oleh siapapun. Meskipun oleh pengguna baru pun aplikasi ini mudah dipahami, sehingga banyak yang tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini. Tak terkecuali untuk kegiatan bisnis tentunya sangat membantu sekali. Maka dari itu tiktok banyak menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis untuk digunakan.

Sudah dulu pembahasan kita mengenai kelebihan tiktok untuk kegiatan bisnis ini. Dapatkan pula artikel menarik lainya hanya di website bisnisukm.com. Dan masih ada banyak lagi artikel yang membahas tentang media sosial yang digunakan promosi online. Semoga bermanfaat :)

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba