Sosial Media Promosi Bisnis Ini Ampuh Untuk Meningkatkan Penjualan

Sosial media promosi bisnis ini cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan. Bagi para pelaku bisnis tentunya tidak akan ketinggalan zaman. Sebagai pelaku bisnis memang harus selalu dituntut untuk melek akan perkembangan zaman dan teknologi. Terutama untuk teknologi yang berguna untuk meningkatkan penjualan. Media sosial memang sejak dulu digunakan untuk berjualan dan memperkenalkan produk. Media ini memang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. Dengan bantuan media sosial tentu produk akan dengan mudah dikenal secara luas. Bahkan jangkauannya sangat tidak terbatas, tidak hanya di dalam negeri namun juga bisa mencapai luar negeri.

Promosi produk dengan media sosial kini semakin berkembang dan mudah dilakukan sejak merebaknya media sosial saat ini. Bahkan semakin banyaknya kehadiran sosial media yang jumlahnya tidak sedikit benar – benar menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Semenjak merebaknya media sosaial untuk kepentingan promosi maka promosi tak seperti zaman dulu yang menggunakan televisi, radio dan media cetak yang cenderung lebih mahal biayanya. Di era modern ini disebutlah era digital karena media online semakin berkembang dan sangat populer digunakan untuk promosi bisnis.

Merebaknya media sosial yang digunakan untuk promosi bisnis ini sangat didukung oleh adanya internet yang berpotensi turut mendukung keberhasilan promosi dengan mudah cepat bahkan dengan biaya yang murah. Bahkan yang lebih menariknya lagi bisa tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan didukung internet tools seperti website, sosial media, marketplace yang bersifat global, real time dan sangat praktis. Tentunya membuat kegiatan promosi akan lebih maksimal karena jangkauannya lebih luas dan bahkan hampir tidak terbatas. Nah beberapa media sosial berikut ini bisa digunakan untuk memaksimalkan penjualan online. Kita cek ada apa saja dan lihat yuk kamu sudah pakai media sosial berikut ini belum untuk meningkatkan penjualanmu?

Media Sosial Promosi Bisnis

Facebook

Media sosial yang satu ini merupakan salah satu media yang digunakan sejak lama dan paling lama dibandingkan dengan para media sosial lainnya. Media sosial ini menjadi pilihan banyak orang terutama para pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Salah satu media sosial yang pengguna aktifnya cukup banyak.

Hal tersebut tidak menjadi suatu keheranan karena memang media sosial ini mudah digunakan. Kehadiran media sosial sangat membantu para pelaku bisnis untuk berjualan yang tidak memiliki toko fisik atau lapak. Namun tak sediki pula para pelaku bisnis yang sudah memiliki lapak atau toko fisik pun menggunakan facebook sebagai media untuk promosinya.

Sudah terbukti sejak lama facebook berhasil menelurkan para pelaku bisnis yang akhirnya sukses dari memasarkan lewat media sosial ini. Lalu bagaimana cara mengetahui jika promosi dengan facebook ini berhasil? Hal yang pertama dilakukan adalah dengan membuat halaman facebookmu menjadi menarik dan disukai banyak pengguna lainnya.

Setelah itu dapatkan like sebanyaknya dan dari sini kamu bisa mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai calon pelanggan. Kemudian dari like tersebut kenali target yang menyukai halamanmu. Dengan riset dan analisa tersebut maka kamu akan mengetahui konten yang pas dan menarik bagi para pengguna.

Whatsapp

Aplikasi ini juga sudah dibilang salah satu media sosial yang juga sudah lama digunakan. Jika dulu fungsinya masih hanya sebatas digunakna untuk komunikasi saja seperti telphone dan chat. Semakin berkembang fitur – fiturnya whatsapp memiliki fitur grub yang mana merupakakan kumpulan dari beberapa pengguna lainnya. Dari sana bisa digunakan untuk berjualan atau promosi namun masih cukup terbatas.

Namun seiring perkembangan zaman maka sekarang whatsapp memiliki fitur seperti akun lainya yakni bisa update story atau cerita yang memiliki durasi waktu 24jam. Dari sana bisa digunakan untuk menawarkan dagangan dengan berbagai keterangan detail produk. Selain untuk mengupload story untuk memperkenalkan produk whatsapp juga untuk komunikasi dan bertanya – tanya lebih pribadi jika ingin menanyakan detail produk dan lain sebagainya.

Twitter

Selain dua media sosial diatas twitter salah satu media yang juga dimanfaatkan untuk promosi bisnis. Media yang satu ini tak kalah banyak penggunanya, bisa dikatakan twitter merupakan salah satu media yang juga kemunculannya cukup lama. Namun kini masih digunakan dan dimanfaatkan untuk promosi bisnis. Meskipun pada awalnya dulu hanya bisa digunakan untuk update status yang karakternya cukup terbatas. Namun kini cukup mampu menjadi salah satu media sosial yang ampuh untuk promosi.

Banyaknya para pengguna twitter ini menjadikan media ini salah satu media yang tepat untuk promosi karena target pasar yang akan dibidik lebih luas dan bisa lebih tepat sasaran. Cara yang bisa untuk memaksimalkan penjualan dengan aplikasi ini dnegan memperbanyak jumlah follower, mengirim twit secara teratur dan rajin, promosi situs rutin dan sebelumnya pastikan jika kamu sudah mengetahui atau menentukan waktu yang tepat untuk posting. Bisa juga kamu bekerjasama dengan pengguna akun twitter lainnya untuk saling promosi.

Instagram

Media sosial ini cukup populer dan dinilai sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosmosi bisnis. Banyaknya para pengguna media sosial yang satu ini menjadi salah satu alasan mengapa para pelaku bisnis beralih dan mengikuti kemana para pelanggan menggunakan media soaial. Hal tersebut dilakukan agar target tepat sasaran. Media yang satu ini menjadi primadona bagi para pelaku bisnis.

Selain untuk mengupload gambar produk dengan caption sebagai detail informasi dalam aplikasi ini juga menyediakan fitur story yang mana para penjual bisa spam gambar produk dalam durasi 24jam. salah stu strategi ampuh pada aplikasi isntagram ini adalah dengan membubuhkan hashtag. Dengan penggunaan hashtag ini tentunya menjadikan promosi menjadi lenih luas jangkaunnya. Selain itu aktif berinteraksi dengan para pengguna lain menjadi salah satu trik yang membuat pelanggan tertarik pada produk dan bisnismu.

Sumber gambar : https://www.xendit.co/id/blog/3-aspek-penting-dalam-sosial-media-marketing-yang-perlu-anda-ketahui/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba