Tips Bisnis Online Biar Konsumen Sering Repeat Order

tips-bisnis-online-biar-konsumen-sering-repeat-order

Trik dan tips bisnis online agar pelanggan repeat order sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Di jaman era modern ini banyaknya persaingan menjadikan para pelaku bisnis harus ekstra berjuang untuk membuat strategi pemasaran agar dapat bersaing dipasaran. Tingginya persaingan pasar digital yang semakin pesat, memang menjadikan para pelaku bisnis online tidak hanya fokus mendatangkan calon pelanggan baru saja, tapi juga mulai memaksa mereka untuk mencari berbagai tips bisnis jitu biar konsumen yang sudah pernah beli, kembali melakukan repeat order (pembelian berulang-ulang).

Meski pada dasarnya transaksi pembelian dari konsumen baru maupun konsumen lama yang melakukan repeat order, sama – sama mendatangkan omzet penjualan bisnis toko online. Akan tetapi keinginan konsumen untuk repeat order menjadi salah satu indikasi bila bisnis toko online kamu cukup berkualitas sehingga tidak heran bila memiliki banyak pelanggan setia. Maka perlu adanya trik paling ampuh menggaet para pelanggan agar mau datang kembali dan membeli produkmu. Nah kira – kira apa saja cara yang bisa diterapkan agar bisnis onlinemu tetap berjaya ditengah derasnaya persaingan pasar.

Hal Yang Membuat Toko Online Kebanjiran Order

Disamping menawarkan beragam jenis produk yang berkualitas bagus, pengalaman menyenangkan ketika bertransaksi juga menjadi faktor utama yang akhirnya mendorong setiap konsumen untuk melakukan pembelian kembali. Apabila kesan pertama yang mereka dapatkan cukup mengesankan, tidak menutup kemungkinan bila dikemudian hari mereka juga tertarik melakukan repeat order di toko online milikmu.

Nah pelanggan melakukan repeat order bukan tanpa alasan. Pasti ada strategi yang dipasang oleh penjual agar pelanggan terus kembali. Nah gimana tuh? Buat kamu para pemula yang pengen banget merintis peluang bisnis online di tahun ini, berikut kami bagikan tips bisnis online biar konsumen gak sungkan – sungkan lagi melakukan repeat order. Yuk langsung aja simak beberapa point dibawah ini.

Tips Bisnis Online Agar Pelanggan Reapet Order 

1. Lebih Komunikatif

Pastikan sebagai penjual kamu lebih komunikatif dengan pelanggan. Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya kamu tidak hanya menawarkan barang, menerima pembayaran, dan mengirimkan pesanan kepada para konsumen. Kamu bisa melakukan lebih dari itu, bangunlah komunikasi yang baik, efektif dengan para pembeli agar kedepannya mereka tidak sungkan menghubungimu kembali untuk melakukan repeat order. Cara ini cukup ampuh untuk membuat pelanggan nyata menjadi pelanggan setia.

2. Kemasan Menarik

Beri kesan menarik pada kemasan produk yang digunakan. Kesan pertama cukup mempengaruhi psikologi konsumen untuk melakukan transaksi pembelian selanjutnya. Untuk itu, selain memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan, perhatikan pula kemasan produk yang digunakan. Hal ini penting agar produk yang kami kirimkan ke konsumen bisa tetap terjaga dan mereka juga puas setelah melihat tampilan produk yang mereka pesan.

3. Tepat Waktu

Usahakan selalu tepat waktu dalam mengirimkan pesanan. Janjimu kepada konsumen jadi salah satu hal yang wajib kamu tepati. Termasuk juga ketika kamu menjanjikan pengiriman barang 5 hari sampai di tangan konsumen, jadi  harus kamu upayakan agar janji tersebut tidak meleset.

Dari hal-hal kecil seperti ini, kepercayaan konsumen bisa mulai terbangun sehingga tidak menutup kemungkinan bila dikemudian hari mereka tertarik untuk melakukan pembelian ulang di toko online kamu.

4. Memberi Diskon

Salah satu cara yang dilakukan untuk membuat pelanggan menjadi tertarik untuk repeat order yakni dengan adanya diskon. Dengan adanya potongan harga tentunya pelanggan akan terus menanti dan menunggu promo – promo yang ada setiap momentnya. Dan yang pastinya tokomu akan menjadi lebih dikenal luas oleh para pelanggan dan khalayak luas.

5. Buat Media Komunikasi

Pelanggan akan merasa aman, nyaman dan puas ketika produk yang dipilihnya merupakan barang yang berkualitas dan produk pilihan. Sudah pasti jika kamu sebagai penjual memberikan pelayanan yang baik.

Misalnya saja membuat sebuah forum diskusi pada sosial media untuk membuat komunikasi lebih mudah dan memberikan akses bagi pelanggan untuk komunikasi langsung dengan penjual. Bukankah sekarang ini sudah banyak sosial media yang bisa digunakan untuk membuat group chat seperti di facebook, telegram, whatsapp dan lain sebagainya.

6. Memberikan Member

Untuk membuat pelanggan repeat order salah satunya dengan memberikan member, dengan adanya member kamu bisa memberikan service pelayanan dengan mendahulukan member dari pada pelanggan yang belum memiliki member. Atau kamu juga bisa dengan memberikan member maka bisa mendapatkan diskon pada moment – moment tertentu bisa juga mengumpulkan point untuk mendapatkan sesuatu untuk ditukar.

7. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelanggan akan merasa terkesan dan dihargai ketika kamu melakukan pelayanan yang baik, sopan, cepat, sabar dan juga penuh pengertian. Dengarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Menjaga agar komunikasi baik dan menjaga pelayanan agar tidak buruk dan mengecewakan.

Dengan memberikan pelayanan yang ekstra maka citra toko onlinemu juga akan terkesan baik. Maka yang terjadi pelanggan akan memberikan review mengenai pelayanan pada toko onlinemu pada sosial media cukup baik. Ini akan sangat membantu untuk mendatangkan calon pelanggan dan membuat pelanggan tetap setia kepadamu.

8. Menjaga Kepercayaan

Menjaga sebuah kepercayaan merupakan salah satu kunci yang membuat pelanggan repeat order. Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kepercayaan pada pelanggan yakni dengan selalu mengatakan jujur kepada pelanggan mengenai kondisi dan situasi barang di toko online secara terbuka.

Apabila berjanji untuk mengirimkan barang hari ini maka pastikan kamu juga menepatinya. Dengan begitu maka pelanggan akan setia dan enggan untuk beralih ke toko online lain karena merasa sudah mendapatkan toko online yang amanah dan benar – benar menjaga kepercayaan.

9. Memberikan Hadiah / Bingkisan

Pelanggan akan merasa terkesan dan senang jika tiba – tiba diberikan bingkisan atau hadiah kecil sebagai wujud terima kasih karena telah menjadi pelanggan setia. Maka tak ada salahnya jika sesekali kamu memberikan hadiah kecil kepada pelanggan pada moment – moment tertentu.

Misalnya saja saat menjelang tahun baru kamu bisa memberikan hadiah kecil sebuah kalender. Nah pelanggan yang diberikan hadiah akan merasa terkesan dan merasa beruntung menjadi pelanggan setiamu. Cara ini juga akan membuat konsumen tertarik dengan tokomu dan membuat konsumen baru untuk datang menjadi pelangganmu.

10. Notifikasi

Di era teknologi ini yang membuat orang ketinggalan informasi terupdate yakni notifikasi. Memang terkadang sedikit menggangu tapi juga merupakan salah satu sesuatu yang ditunggu untuk mendapatkan informasi tentang barang terupdate. Nah salah satu yang bisa kamu gunakan untuk membuat pelanggan reapet order dengan rutin selalu memberitahukan jika tokomu memiliki barang baru ataupun sedang mengadakan diskon. Dijamin pelangganmu akan terus memburu dan datang ke tokomu untuk memesan barang kembali.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, semoga toko onlinemu bisa mendatangkan banyak pelanggan & berhasil memenangkan persaingan pasar di dunia maya. Salam Sukses !

Sumber gambar :
1. https://digitalclassmarketer.web.id/after-sales-meningkatkan-repeat-order/

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba