Inspirasi Bisnis

Wajib Simak Strategi Pemasaran Ini Jika Kamu Baru Memulai Bisnis

strategi-pemasaran

sumber gambar: Unsplash.com/William Iven

Strategi pemasaran? Penting banget untuk kamuyang baru memulai bisnis. Hal yang menjadi prioritas untuk dipertimbangkan dalam sebuah bisnis, terutama jika baru saja merintis adalah strategi dalam mempromosikan usahamu. Tidak jarang, orang yang menjalankan bisnis hanya sekadar menjalankan dan untuk marketing-nya mengalir begitu saja alias fleksibel, padahal jika ingin bisnismu berhasil, segala sesuatunya harus dimatangkan!

Apabila kamu ingin menjalankan bisnis, memang perlu memanfaatkan tenaga ahli untuk urusan marketing. Itu pun dengan tujuan agar hasilnya optimal karena nggak semua orang memiliki kreativitas ataupun kemampuan ini. Jika memang belum bisa merekrut tenaga ahli, setidaknya kamu mengetahui dulu hal-hal penting soal cara memasarkan produk/jasamu berikut ini.

Strategi Pemasaran Agar Bisnismu Lancar Jaya

Kalau menjalankan usaha jangan setengah-setengah. Kamu sudah tahu kalau punya banyak saingan, jangan dianggap remeh. Ini dia strategi untuk membuat bisnismu sukses.

1. Hadirkan produk yang berkualitas dengan mengerahkan usaha yang totalitas

produk-unggulan

sumber gambar: Unsplash.com/Campaign Creators

Kamu perlu menghadirkan produk yang kualitasnya baik. Jangan terburu-buru menjalankan sebuah usaha. Perlu evaluasi untuk setiap produk yang kamu hasilkan. Sebelumnya tentu dengan riset untuk mengetahui trend dan kebutuhan yang sedang berkembang di masyarakat kita. Melalui riset yang dilakukan, harapannya bisnis yang dijalankan bisa tepat sasaran.

Baca Juga  Usaha Minuman Kekinian Kemasan Jadi Primadona

2. Cari tahu siapa kompetitormu

Dengan mengetahui saingan, kamu jadi bisa mengupayakan untuk menjadi versi terbarikmu. Jangan sampai kompetitormu jauh lebih maju, minimal kalian setara, kalau bisa ya seharusnya usahamu yang lebih unggul. Dengan begitu, penting bagimu mengetahui kelemahan produk supaya bisa berbenah. Kalau itu terlaksana, otomatis pelanggan pasti akan datang padamu karena sudah tahu kualitas produkmu yang paling juara.

3. Kemasan produkmu harus yang menarik

kemasan-produk-harus-menarik

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Keindahan visual menjadi penyebab seseorang tertarik untuk mencoba atau memiliki sesuatu. Karena yang dilihat pertama kali adalah kemasan, harus dioptimalkan. Pastikan semua hal yang kaitannya dengan kemasan sudah dievaluasi sedemikian rupa supaya tidak mengecewakan usahamu sendiri maupun calon konsumen. Kesan pertama begitu menggoda (mengacu pada tampilan alias kemasan), lalu kesan berikutnya terserah konsumen (mengacu pada rasanya/kualitas produk).

4. Tentukan bagaimana kamu memasarkan produk

tentukan-strategi-pemasaran

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Hal yang pertama kali terlintas setelah muncul ide bisnis adalah eksekusinya alias bagaimana nanti memasarkannya? Nah, strategi dan konsep yang sudah kamu buat menjadi salah satu pertimbangan ini. Jika targetmu adalah anak sekolah, kamu bisa pakai gerobak untuk mendagangkannya. Kalau kamu ingin punya gedung sendiri juga bisa. Segala sesuatu tentu sesuai dengan kemampuanmu dan pertimbanganmu juga.

5.  Berikan promo menarik

Orang akan sangat senang jika disuguhi dengan tawaran menguntungkan seperti promo dan diskon. Promo selalu identik dengan keuntungan bagi pembeli, jadi jika kamu menawarkan hal menarik, bukan nggak mungkin pelanggan jadi tertarik untuk berkunjung. Banyak juga orang yang mencari giveaway, karena mereka cenderung menyukai hal-hal yang berkaitan dengan pengorbanan minimal, untung maksimal. Itu sebagai strategi awal untuk mencari pelanggan yang bisa saja jadi pelanggan tetap di kemudian hari kan?

Baca Juga  10 Ide Bisnis Makanan Ringan Yang Wajib Kamu Coba

Kamu boleh sering mengadakan promo, tapi harus memperhatikan jangan sampai kamu mengalami kerugian!

6. Sekarang serba digital, harus memanfaatkan media sosial sebaik mungkin

media-sosial

sumber gambar: Unsplash.com/Kaleidico

Segala sesuatu sangat mudah disebarluaskan melalui media sosial. Kekuatan media online sudah tidak diragukan lagi, Hal-hal unik seringkali jadi viral. Jadi, kalau kamu mau bisnismu viral melalui media online, kamu juga bisa menyuguhkan hal unik misal dengan desain kemasanmu yang unik, eits tapi jangan yang alay. Kalau alay bisa-bisa cuman viral tapi orang ogah membeli produkmu.

Orang-orang sekarang suka sesuatu yang menggelitik, menghibur, dan instagramable. Jadi, kalau kamu bisa menghadirkan itu dari produkmu, sangat mudah untuk membuat bisnismu jadi viral!

7. Kalau ada yang memintamu jadi sponsor kegiatan, terima aja!

Ini menjadi momen bagus untuk semakin mengenalkan bisnismu ke banyak orang. Apalagi kalau target audience sebuah kegiatan besar, kamu bisa diuntungkan. Kalau kamu bisnis kuliner, kamu bisa men-supply acara tersebut dengan produkmu. Orang jadi tahu kalau itu produkmu dari mana? Pasti dari kemasan, makanya kemasanmu penting menampilkan identitas bisnismu.

Oke, itu tadi adalah 7 strategi marketing yang bisa kamu adaptasi. Semoga dengan membaca ini kamu dapat banyak pencerahan ya! Oh iya, pokoknya kalau kamu butuh inspirasi soal kemasan atau butuh desain untuk kemasan produk, dikemas.com bisa bantu selesaikan masalahmu itu. Dikemas bisa memberikan kamu desain gratis tis tis, kamu tinggal kasih tahu aja kamu mau menjalankan bisnis apa. Enak banget kan?

Kalau ada pertanyaan boleh banget tinggalkan komentar atau bisa juga langsung hubungi konta yang tersedia…