Training Pengelolaan Usaha Penyandang & Keluarga Disabilitas di Girimulyo

Training Pengelolaan Usaha Bagi Penyandang dan Keluarga Disabilitas di Girimulyo, Kulonprogo

BisnisUKM kembali melaksanakan Training Pengelolaan Usaha bersama Pusat Rehabilitasi Yakkum Yogya. Training ini merupakan pelatihan wirausaha tingkat lanjut bagi para peserta yang sebelumnya telah mengikuti training dasar-dasar berwirausaha di Kecamatan Girimulyo, Kab. Kulonprogo. Peserta training berkisar 30 orang yang merupakan para penyandang disabilitas dan keluarga yang mewakili. Training ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2014.

Dalam training pengelolaan usaha ini, peserta mempelajari  bagaimana cara mengelola usaha secara efektif dengan menerapkan manajemen strategi  POAC (planning, organizingactuating, dan controlling). Meski materi yang disampaikan terbilang cukup berat, tetapi peserta tetap antusias karena materi disampaikan dengan bahasa ringan sehari-hari.

Training selama dua hari ini, mendatangkan narasumber Sdr. Eko Heru Utomo, SE selaku trainer BisnisUKM.com. Masih pada hari pertama, materi berlanjut pada tatacara dalam mengelola fasilitas dan bahan baku yang dibutuhkan untu menjalankan usaha. Pengelolaan bahan baku dibutuhkan agar pelaku UKM mampu menjaga persediaan bahan tetap terjaga, yakni tidak kelebihan atau kekurangan.

Di hari selanjutnya, peserta diajak mempelajari manajemen produksi, mulai dari perencanaan produk, bentuk produk yang akan dihasilkan, hingga proses pengendalian mutu produk yang siap dinikmati oleh konsumen. Trainer pun juga menjelaskan tentang pentingnya kemasan produk untuk mendongkrak tingkat penjualan produk.

Adanya training pengelolaan usaha ini diharapkan dapat memberi gambaran yang lebih luas tentang seluk beluk usaha bagi para penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas. Kedepannnya diharapkan mereka mampu merintis dan menjalankan usahanya untuk bisa meningkatkan kemandirian finansial keluarga.

Karena pada dasarnya difabel juga bisa mandiri seperti orang-orang lainnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba