Peran Penting Label Dalam Kemasan Produk UKM

Label ProdukSebuah strategi pemasaran yang baik adalah strategi yang bisa menjadi penentu antara produk yang sukses maupun yang gagal. Bahkan para pelaku bisnis yang telah besar sekalipun akan menginvestasikan banyak uang serta waktu mereka untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang fantastis ketika meluncurkan sebuah produk baru.

Bagi para pemilik bisnis kecil, bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dengan anggaran pemasaran yang besar pula tentu saja bukan menjadi perkara mudah bagi mereka. Meskipun strategi pemasaran secara online melalui media sosial dan website cukup membantu, namun hal tersebut belum cukup.

Hal yang paling banyak diabaikan oleh para pemilik bisnis kecil atau UKM adalah kebutuhan berinvestasi dalam pelabelan yang baik serta kemasan produk yang mereka gunakan. Kebanyakan dari pemilik bisnis kecil atau UKM lebih berkonsentrasi pada mencetak selebaran, membeli ruang untuk iklan dan kampanye email. Padahal, perlu pelaku bisnis ketahui bahwa banyak konsumen yang akan lebih tertarik dengan kemasan yang baik. Bahkan, kemasan produk harus menjadi kunci penting dari strategi pemasaran. Kita semua secara alami pastinya lebih tertarik pada visual atau penampilan.

Artinya, bagi Anda para pemilik bisnis kecil atau UKM harus mulai mempertimbangkan untuk mau berinvestasi pada label dan juga kemasan produk sebagai prioritas. Salah satu aspek penting dalam sebuah kemasan bagi para pemilik bisnis adalah adanya label, dan cara untuk mendapatkannnya juga paling sulit.

Label produk adalah salah satu faktor penting yang bisa menguatkan branding dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Adanya label dalam sebuah kemasan produk menjadi sebuah pengenal sekaligus pembeda dari para kompetitor yang lain. Melalui label produk, pemilik bisnis bisa menyampaikan informasi mengenai kualitas, brand, kode produksi, legalitas, petunjuk dan lain sebagainya. Meskipun produk yang dijual sama, namun informasi yang akan disampaikan antara pemilik bisnis yang satu dengan yang lainnya pastinya berbeda.

Penting bagi Anda pemilik bisnis untuk mencantumkan semua informasi tentang produk secara akurat, terutama mengenai informasi hukum. Selain itu, pastikan juga Anda mencantumkan informasi tersebut dalam bahasa inggris atau bahasa internasional jika Anda mempunyai niat untuk mengekspor produk yang Anda miliki.

Pemberian label produk dalam kemasan selain merupakan kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang potensial juga merupakan persyaratan hukum. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan, Anda harus memperhitungkan kata-kata yang tepat yang akan Anda cantumkan pada label kemasan produk.

Bayangkan saja jika Anda adalah pemilik bisnis keripik tempe yang sangat laris dan sedang naik daun, namun Anda tidak memiliki merk atau brand. Tiba-tiba, ada kompetitor datang dan bergerak pda bisnis yang sejenis, dengan kondisi yang seperti itu pastinya market atau pasar pun akan terbagi. Hal ini tentu saja bisa menurunkan penjualan keripik tempe milik Anda, karena konsumen tidak bisa membedakan mana produk milik Anda dan mana produk milik kompetitor.

Akan berbeda jika produk milik Anda mempunyai merk atau brand yang dilengkapi juga dengan label produk. Maka para konsumen pastinya dapat dengan mudah mengenali produk Anda dan tidak akan gampang berpaling ke produk lain yang sejenis karena mereka telah percaya dengan brand atau merk Anda sekaligus telah mengetahui kualitas rasa dari keripik tempe milik Anda. Hal inilah yang menunjukkan peran penting label dalam kemasan produk UKM. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Sumber gambar : http://a57.foxnews.com/global.fncstatic.com/static/managed/img/fn2/travel/876/493/rtertert646456.jpg?ve=1&tl=1

2 Komentar

  1. kalo ingin memakai label/ merk apakah diperlukan izin ke pemerintah? misalnya ke BPOM, DINKES DLL?

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, ada baiknya bila merek atau label produk yang dimiliki UKM telah mendapatkan izin resmi dari dinas terkait. Minimal untuk UKM ada nomor izin PIRT yang bisa di dapat dari dinas kesehatan setempat. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.