Usaha Untuk Pensiunan 6 Peluang Ini Bisa Dicoba

Usaha untuk pensiunan kerap menjadi hal yang banyak dipersiapkan sejak jauh hari. Tapi ide usaha apa saja yang cocok? Simak ulasan berikut!

Usaha Untuk Pensiunan 6 Peluang Ini Bisa Dicoba
Sumber : lawdonut.co.uk

Usaha untuk pensiunan sekarang ini kerap dibahas oleh beragam media. Sebab meski dalam aturan pemerintah pada usia tertentu seseorang memang harus pensiun justru akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh bagi mereka. Hal yang berkaitan dengan usia pensiun telah diatur oleh pemerintah. Berdasarkan aturan pemerintah usia pensiun ditentukan berdasarkan regulasi perusahan atau instansi yang mengacu pada peraturan pemerintah.

Usia Pensiun

Seperti dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, UU Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun, dan UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Di situ disebutkan bahwa usia pensiun seorang pekerja adalah umur 55-60 tahun. Maka artinya di usia tersebut seseorang seharusnya sudah tidak bekerja dengan pengecualian Anda memiliki usaha atau pemilik perusahaan.

Tidak selamanya seseorang akan terus menjadi karyawan. Ketika telah memasuki usia tertentu, pensiun akan menjadi jalan yang ditempuh. Meskipun seseorang masih merasa mampu bekerja. Sebab seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada peraturan yang mengatur masa kerja seseorang yang digolongkan masuk pada masa pensiun di usia tertentu.

Masa pensiun tentu identik dengan kegiatan yang cenderung lebih santai dan juga punya banyak waktu. Karena ragam rutinitas pekerjaan harian di kantor sudah tidak lagi dilakukan. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa masa pensiun menjadi hal yang menakutkan untuk sebagian orang. Karena ternyata saat sudah masuk masa pensiun, masih bayak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Maka menjalankan bisnis untuk pensiunan adalah sebuah solusi atas keadaan tersebut. Meski misalnya Anda masih tetap mendapat dana pensiun setiap bulannya, berkegiatan dengan menjalankan bisnis untuk pensiunan juga ide yang bagus supaya tidak merasa jenuh dan bosan. Bagi karyawan swasta bisa memanfaatkan pesangon sebagai modal usaha untuk pensiunan.

Ada banyak peluang bisnis untuk pensiunan yang bisa dijalankan. Tapi harus dipastikan bahwa bisnis untuk pensiunan tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan supaya bisa dijalankan dengan rasa senang dan lebih mudah. Mulai dari ide bisnis skala kecil sampai besar bisa dilakukan. berikut enam ide usaha untuk pensiunan yang bisa Anda coba atau bisa dipersiapkan sejak sekarang.

Ide Usaha Untuk Pensiunan

1. Peternakan

Sumber : asia.nikkei.com

Usaha di bidang peternakan menjadi sektor yang bisa kembangkan saat masa pensiun tiba. Tidak terlalu membutuhkan waktu saklek atau kaku, membangun konsep bisnis untuk bidang peternakan bisa dicoba. Seperti misalnya dengan mulai membangun membuat kandang, mempersiapkan rencana bisnis, merekrut sumber daya manusia, dan strategi pemasaranya. Bisnis peternakan yang potensial adalah ayam petelur, ayam negeri, ternak sapi atau kambing, atau bisa juga burung kicau.

Bisnis di bidang peternakan tentu harus dipertimbangkan dengan matang. Punya rencana bisnis yang baik dan juga eksekusi yang baik. Supaya akan didapatkan hasil yang baik. Bisnis peternakan cocok untuk pensiunan yang punya modal cukup untuk hire karyawan dan bisa membuat perencanaan bisnis yang matang.

2. Bisnis Properti Kontrakan atau Kos

Sumber : katadata.co.id

Bagi karyawan yang biasa mendapatka gaji rutin tiap bulan kemudian saat pensiun tidak memiliki penghasilan pasti akan berada pada kondisi yang sangat tidak nyaman. Apalagi di masa kerjanya memiliki penghasilan dengan gaji yang tinggi. Jika Anda tidak ingin berada pada kondisi tersebut, maka sejak sekarang persiapkan tabungan untuk investasi properti kontrakan atau kos yang bisa dijadikan sumber penghasilan.

Usaha properti memang butuhkan modal yang relatif besar, tapi ketika persiapannya sudah matang sejak dini bisnis ini bukan hal yang sulit untuk dijalankan. Tapi jelilah dalam menjalankan bisnis ini nantinya. Dengan analisis yang tepat bisa membuat bisnis ini berjalan dengan baik.

Contoh analisisnya adalah pilih lokasi strategis misalnya lingkungan kampus atau kawasan kantor yang banyak orang membutuhkan tempat tinggal sementara baik untuk keperluan kuliah bagi mahasiswa atau kerja bagi pekerja. Selain itu fasilitas yang diberikan juga harus diperhatikan sesuai dengan target konsumennya. Kalau target konsumen adalah mahasiswa maka fasilitas koneksi internet wifi harus diadakan supaya bisa bersaing dengan penyedia sewa kos yang lain.

3. Bisnis Sewa Kendaraan

Sumber : nbcnews.com

Setiap orang pasti membutuhkan transpotasi untuk mobilitasnya. Apalagi untuk keperluan jarak jauh. Tapi tidak semua orang punya kendaraan pribadi. Maka bisnis persewaan kendaraan seperti mobil adalah peluang yang bisa dikembangkan.

Bisnis ini bisa dianalisis dari tempat, kalau di daerah wisata akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Atau bisa juga dengan analisis kebutuhan musiman seperti mudik lebaran. Modal untuk bisnis sewa kendaraan ini memang cukup besar dan berisiko. Tapi ketika dianalisis dan direncanakan dengan baik akan mendatangkan keuntungan yang baik juga.

4. Pertanian

Sumber : investasi.online

Tidak begitu berbeda dengan bisnis di bidang peternakan, usaha di bidang pertanian juga sangat cocok untuk pensiunan. Punya waktu yang banyak dan luang bisa dimanfaatkan untuk mulai bercocok tanam. Misalnya menanam tanaman palawija, seperti terong, cabai, tomat, timun, dan lainnya. Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup luas untuk bercocok tanam.

Bisa juga dengan memanfaatkan pertanian hidroponik yang tidak memerlukan lahan terlalu luas tapi hasilnya sangat menguntungkan. Banyak hasil pertanian hidroponik yang bisa dipasarkan ke restoran atau rumah makan yang menyediakan menu makanan sehat. Mulai dari selada, bayam, tomat, kentang, atau pun terong. Pastikan pemilihan jenis tanaman pertanian yang akan dijadikan bisnis disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

5. Bisnis Toko Sembako

Sumber : nbcnews.com

Bisis ini bisa dibilang menjadi bisnis yang paling diminati untuk pensiunan. Sebab tidak memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra untuk menjalankan usaha toko sembako. Apalagi sudah pasti toko sembako tidak akan pernah kehilangan pembeli asalkan letak toko yang kelengkapan produk yang dijual memenuhi kebutuhan konsumen.

Membuka bisnis toko sembako juga bisa dilakukan dari rumah tidak memerlukan lahan baru untuk memulainya. Cukup dengan memilih suplier berkualitas dan harganya bersahabat maka bisnis toko sembako bisa berjalan dan mendatangkan keuntungan.

6. Bisnis Cuci Kendaraan

SUmber : img.grouponcdn.com

Kalau Anda memiliki lahan cukup luas yang dekat dengan komplek perumahan atau berada di pinggir jalan ramai maka peluang ini bisa diambil untuk membuat bisnis. Tempat cuci kendaraan adalah bisnis yang tepat. Setidaknya lahan yang Anda miliki bisa memuat tiga sampai empat kendaraan dan beberapa unit motor untuk menjalankan bisnis cuci kendaraan ini.

Untuk pemanfaatan sumber daya manusia juga cukup mudah. Rekrutlah pemuda di sekitar tempat tinggal Anda yang butuh pekerjaan tambahan. Atau bisa juga jalin kerjasama dengan kerabat atau keluarga yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Itulah enam ide usaha untuk pensiunan yang bisa menjadi referensi Anda. Persiapkan dana pensiun Anda dan juga rencana apa yang ingin Anda lakukan di masa pensiun ya! Tetap semangat dan sehat selalu. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba