15 Ide Jualan Menjelang Lebaran yang Bisa Kamu Eksekusi!

Puasa tahun 2021 berjalan cepat sekali ya? Tiba-tiba saja sudah mau lebaran. Tentu saja ibadah yang dilakukan dengan niat tulus malah justru tidak terasa. Nah, selain berlomba-lomba mengumpulkan pahala, bulan puasa juga bisa kamu jadikan pijakan untuk memulai usaha lho!

Tidak hanya untung pahala, kamu juga bisa nabung cuan dari sini. Kalau kamu kebingungan memulainya, bisnisukm.com ada 15 ide jualan menjelang lebaran yang bisa kamu lakukan. Yuk kita bedah satu persatu.

1. Bahan dan Alat Kue

Ide jualan menjelang lebaran yang pertama adalah bahan dan alat kue. Kue adalah sajian wajib yang harus ada di setiap rumah. Meskipun lebaran dua tahun belakangan kita lalui dengan pandemi, tapi produksi kue kayaknya gak pernah ada matinya. Banyak sekali, baik individu maupun industri skala rumahan yang menyediakan, yang membuat pesanan kue kering.

Semakin banyak produksi, maka yang paling dibutuhkan adalah bahan kue itu sendiri. Kamu tentu bisa membayangkan berapa banyak tepung dan mentega yang dicari oleh para pengusaha kue. Itu semua belum termasuk dengan bahan tambahan lain, misal: cokelat, gula, kismis kering, dan lain-lain.

Kamu bisa  membuat bahan-bahan kue dalam bentuk kecil-kecil (misal 100 gram atau 250 gram) untuk memfasilitasi permintaan rumah tangga. Lalu bisa juga membuat kemasan dalam bentuk lebih besar (misal 500 gr dan 1 kg) untuk skala yang lebih besar. Pastikan juga kelengkapan roti lain juga lengkap, termasuk juga alat kue.  

2. Kue Kering

Ide yang tidak pernah mati setiap lebaran: kue kering! Ya, pesanan kue kering, apapun keadaanya selalu diminati. Ragam kue yang banyak dengan varian rasa macam-macam tetap banyak permintaan meski aktivitas silaturahmi mungkin dibatasi.

Semakin banyak ragam kue yang bisa ditawarkan maka orang akan semakin impulsif untuk membeli. Harganya bisa kamu sesuaikan, termasuk juga dengan ukuran kemasan yang kamu tawarkan. Jadi bisa juga buat kue kering toples kecil dengan harga murah, atau toples besar dengan harga mahal.

3. Masker Kain Cantik

Inti dari membuka peluang usaha adalah kamu menjawab kebutuhan masyarakat. Sekarang ini banyak orang ingin menggunakan masker tapi tetap stylish. Kamu dapat memenuhi keingan tersebut dengan menghadirkan masker kain dengan beragam motif dan bentuk, tapi tetap aman digunakan! Ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan: kamu bisa menjahit sendiri, kamu bisa menjadi reseller, atau menjadi dropshipper. Sesuaikan dengan modal yang kamu punya ya!

4. Masker Medis

Masker medis masih dibutuhkan oleh banyak orang. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller atau dropshipper. Karena permintaan satu ini membeludak, tentu ada kemungkinan penjualan masker medis palsu. Pastikan kamu sudah teliti ketika mengambil barang dari produsen ya!

5. Handsanitizer

Sama seperto masker medis, handsanitizer juga pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Kamu bisa menjual dalam bentuk kemasan kecil yang bisa dibawa-bawa maupun kemasan besar untuk dipakai di rumah. Lebih baik kamu menjual merek handsanitizer yang sudah banyak dikenal orang dibanding merek yang tidak jelas.

6. Sabun Cuci Tangan

Jual sabun cuci dan botolnya bisa jadi ide jualan menjelang lebaran yang yahud lho! Sebelum memasuki tempat ibadah dan rumah orang lain, kita diwajibkan untuk cuci tangan terlebih dahulu. Dengan meningkatnya aktivitas saling kunjung-mengunjungi, sabun satu ini harus tersedia di tempat-tempat tersebut. Kamu bisa menjual dalam bentuk kemasan kecil, atau dalam bentuk jerigen yang besar.

7. Pulsa dan Kuota Internet

Tidak diperbolehkan mudik tentu hal yang menyedihkan bagi beberapa orang. Satu-satunya cara menghubungi keluarga yang jauh adalah melalui sambungan telepon. Meningkatnya penggunaan HP menjelang lebaran hingga waktu lebaran membuat pulsa dan kuota internet jadi produk yang banyak dicari. Jadi penjual pulsa dan kuota mendadak tidak ada salahnya lho, pasti banyak yang akan membutuhkannya nanti.

8. Baju Muslim

Penjualan baju muslim dipastikan akan meningkat menjelang lebaran. Menjadi reseller baju muslim mulai sekarang tidak salahnya lho! Pastikan kamu memilih supplier yang berkualitas ya! Jangan lupa juga untuk memikirkan harga, jika kelewat mahal tentu akan sedikit yang tertarik.

Untuk lebaran kali ini, baju muslim wanita akan didominasi dress dengan warna-warna pastel. Tampilan anggun dan elegan menjadi kunci dari  tampilan lebaran. Pastikan baju-bajumu termasuk dalam tren ya.

9. Alat Ibadah

Sama seperti baju muslim, alat ibadah juga akan mengalami lonjakan menjelang lebaran. Kamu bisa cari supplier mukena hingga sajadah yang bisa dijangkau. Harus mulai untuk berjualan di minggu ini, karena tentu butuh waktu untuk melakukan promosi kepada teman, saudara, atau tetanggamu.

10. Sepatu dan Sandal

Jika baju sudah dibahas, saatnya merambah sepatu dan sandal. Keduanya juga banyak dicari untuk berlebaran lho! Banyak jenis yang bisa kamu jual: dari mulai sandal anak-anak hingga deasa, baik untuk pria maupun wanita.

11. Alat Makeup

Meskpiun memakai masker dan jaga jarak, penampilan tetap penting untuk sebagian perempuan, apalagi di momen spesial seperti lebaran. Kamu bisa ambil peluang ini dengan menjual alat-alat makeup atau bahkan makeupnya langsung! Ada banyak alat makeup yang bisa kamu jajal, mulai dari puff, brush, hingga penjepit bulu mata.

12. Tas Wanita

Biasanya jika baju sudah, sepatu/sandal sudah, maka item lebaran lainnya adalah tas wanita. Ada banyak ragam tas wanita yang bisa kamu jual. Bahkan warnanya pun banyak sekali. Lebih baik jual tas kecil yang bisa dibawa-bawa ya.

13. Katering Makanan Lebaran

Lebaran tidak lengkap tanpa makanan spesial, yang biasanya berupa opor, ketupat, hingga rendang. Sayangnya banyak orang tidak bisa menikmati makanan ini karena tidak bisa pulang. Nah, saatnya sajikan kehangatan dengan mbuka katering makanan lebaran.

Katering makanan lebaran juga akan membantu mereka yang mungkin malas memasak. Sajikan dalam beberapa paket, misal paket individu, paket 2 orang, hingga paket keluarga. Jadi pemesan akan mudah menyesuaikan ketika membeli makananmu.

14. Hampers

Sekarang hampers punya ragam isi, bisa buku, makanan, hingga minuman herbal. Kamu bisa menyediakan pembuatan hampers dengan beragam isi. Jangan lupa untuk menambahkan pesan-pesan menyentuh di setiap hampers. Kalau kamu ingin tengok peluang hampers lebaran, bisnisukm.com juga sudah membahasnya di sini!

15.  Dompet Pria dan Wanita

Yap, dompet baru juga masih bisa jadi ide jualan menjelang lebaran nih. Sajikan dua dompet pria dan wanita dengan model terbaru ya! Pastikan kamu tidak menjual dompet tiruan supaya jualanmu tidak terkesan ‘murah’.

Nah, di atas adalah 15 ide jualan menjelang lebaran yang bisa kamu lakukan. Tenang saja, bisnisukm.com akan membuat rangkaian tulisan yang mengupas satu persatu ide jualan di atas. Stay tune terus di website ini ya! Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temam lain yang sedang bingung dengan ide usaha ya!

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment