Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis, Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Wajib Coba: Resep Cara Membuat Cumi Goreng Tepung Mantul

Seringkali menemukan olahan cumi pedas manis atau yang basah lainnya, sekali-kali bisa coba bikin yang garing. Cumi goreng tepung jawabannya. Jadi, kamu akan merasakan tekstur yang renyah di luar, tapi lembut di dalam. Sensasi makan yang enak banget kan? Apalagi makan pakai nasi panas dan cumi goreng tepungnya dicocol pakai saus sambal. Wah, menggiurkan banget padahal cuman dibayangin.

Well, biar nggak sekadar membayangkan, sekarang waktunya kamu tahu cara mengolah cumi-cumi jadi makanan yang enak banget. Selain itu, bahan yang dibutuhkan juga nggak banyak lho. Pokoknya tinggal mengumpulkan beberapa bahan saja, kamu bisa merasakan kelezatannya sendiri dalam hitungan menit.

cumi-goreng-tepung

sumber gambar: infobekasi.co

Siapa sih yang akan tahan sama godaan kriyuknya cumi goreng tepung ini? Nah, ini juga bisa jadi peluang bisnis lho. Biasanya, seseorang akan menjadi sesuatu sebagai peluang diawali dari kegemaran orang itu sendiri. Misalnya seorang pengusaha sea food memutuskan bergerak di bidang ini karena ternyata dia penyuka kuliner berbau sea food. Kalau kamu merasakan hal yang sama, nggak ada salahnya untuk mencoba peruntungan menarik ini.

Kamu bisa hadirkan cumi saja untuk ngemil atau bisa juga dengan ekstra nasi. Dengan begitu, pembeli bisa leluasa memilih disesuaikan sama keadaannya. Kalau lagi pengen makan berat ya makan pakai nasi. Kalau lagi kenyang tapi pengen makan sea food ya cukup pesan cumi goreng tepungnya saja.

Sebelum masuk ke resep, kita coba cari tahu manfaat mengonsumsi cumi-cumi yuk!

Manfaat Makan Cumi-Cumi

Ketika ingin menjalankan bisnis terutama kuliner, pastikan kamu tahu kandungan gizi atau pun manfaatnya saat dikonsumsi ya! Jangan meracuni konsumenmu karena menghidangkan makanan yang kelewat nggak sehat. Berikut ini manfaat makan cumi-cumi yang perlu kamu ketahui.

1. Mengandung lemak baik

Kandungan lemak sehat dalam cumi-cumi dapat membantu meningkatkan kolesterol baik serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Lemak tak jenuh ini berfungsi sebagai sumber energi yang bagus buat tubuh kita. Lemak jenis ini juga membantu tubuh menyerap jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak: vitamin A, D, E, K.

2. Tidak perlu risau masalah kandungan merkuri

Kandungan merkuri dalam makanan laut seringkali menjadi pertanyaan. Jika kamu cari sea food yang kandungan merkurinya rendah, cumi-cumi jawabannya.

3. Tinggi protein

Salah satu fungsi protein adalah untuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. Selain itu fungsi penting lainnya adalah membangun antibodi untuk kekebalan tubuh dari serangan penyakit, biar nggak gampang sakit.

Oke, itu tadi tiga manfaat mengonsumsi cumi-cumi, sebenarnya nggak cuman itu lho, masih ada beberapa manfaat luar biasa lainnya yang bisa kamu cari tahu lagi untuk nambah wawasan.

Karena sudah tahu manfaatnya yang bagus, sekarang kita masuk ke resep pembuatannya yuk!

Resep Cumi Goreng Tepung

resep-membuat-cumi-goreng-tepung

sumber gambar: pinterest.com/Thrillist

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Cumi-cumi 250 gram

Air jeruk nipis 1 sdm

Merica bubuk secukupnya saja

Bahan basah (aduk rata):

Putih telur 1 butir

Tepung sagu 1 sdm

Air 1 sdm

Bahan kering (aduk rata):

Tepung bumbu 1/2 cup

Tepung sagu 3 sdm

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung 

  1. Pertama-tama, cumi-cumi harus dicuci bersih. Setelah itu beri merica bubuk dan air jeruk. Remas-remas dan diamkan selama lima menit, lalu bilas.
  2. Masukkan cumi ke dalam campuran putih telur 1 butir, tepung sagu 1 sdm, dan air 1 sdm. Setelah itu masukkan ke bahan kering: tepung bumbu dan tepung sagu yang sudah diaduk rata. Goyangkan wadah supaya cumi terlapisi sempurna dengan tepungnya.
  3. Siapkan minyak panas dalam wajan untuk menggoreng. Kalau sudah panas, masukkan cumi dan goreng sampai warnanya berubah jadi kuning keemasan. Hati-hati jangan sampai gosong.
  4. Kalau sudah selesai angkat dan tiriskan. Sudah siap disantap. Makin nendang kalau dicocol saus sambal!

Selamat mencoba bikin resep cumi ini ya! Kalau kamu butuh ide bisnis lainnya, kamu bisa mampir ke bisnisukm.com atau kalau kamu butuh kemasan untuk bisnis kulinermu, bisa intip koleksi kemasan diKemas.com.