Yuk Cek Kekurangan dan Kelebihan Facebook Untuk Bisnis

Kekurangan dan kelebihan facebook untuk berbisbis tentu banyak dipertanyakan oleh para pelaku bisnis yang akan menggunakanya sebagai media untuk promosi. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari facebook ini tentu para pelaku bisnis akan lebih yakin dalam menggunakanya sebagai media untuk melakukan promosi.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna paling aktif diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri pengguna aktifnya mencapai lebih dari 100 juta jiwa. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa facebook hingga saat ini tetap memiliki banyak penggemar dan menjadi media sosial terfavorit.

Tidak hanya populer pada zaman dulu, kini facebook digunakan tidak hanya untuk kegiatan pribadi saja namun juga untuk kegiatan bisnis. Di era modern kini facebook semakin banyak digunakan untuk kegiatan berbisnis. Dengan memanfaatkan secara maksimal media sosial facebook ini tentunya akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Kekuatan sosial media ini mampu membantu meningkatkan penjualan hingga 2x lipat. Ditambah lagi untuk beriklan di sosial media apapun tidak dipungut biaya atau gratis. Berbeda pada zaman dulu jika mau beriklan di media cetak, televisi atau radio kita harus membayar dengan jumlah tertentu. Dengan sosial media ini semua orang bebas berkreasi mempromosikan sebanyak – banyaknya produk mereka tanpa membayar sepeser pun.

Ditambah lagi sekarang sosial media facebook semakin didukung dengan kehadiran beberapa fitur canggih yang mendukung untuk kegiatan bisnis. Tentu facebook kini banyak yang memilihnya sebagai media untuk promosi. Aplikasi facebook ini salah satu media sosial yang termasuk mudah digunakan oleh siapapun termasuk oleh orang tua.

Sehingga dengan kemudahan yang ada penggunanya kini semakin bertambah terus menerus. Namun facebook juga memiliki kekurangan serta kelebihan untuk berjualan. Nah lalu apa saja kekurangan dan kelebihan facebook ini untuk kegiatan bisnis? Kita simak ulasan berikut ini yang akan kita bahas satu per satu.

Kelebihan Facebook Untuk Bisnis

Kualitas Gambar Tidak Berubah

Berbeda dengan aplikasi lain, facebook ini memiliki kelebihan tidak mengubah kulaitas gambar ketika diupload. Kamu pun bisa mengupload beberapa foto sekaligus dalam sebuah galeri. Foto produk yang kamu upload tidak akan berubah kualitasnya.

Sehingga tidak akan lebih kecil atau menyusut, rosulisinya akan tetap sama dengan originalnya. Detail pada gambar tetap terlihat jelas sehingga akan lebih menarik. Bukankah orang akan berhenti scroll ketika melihat gambar yang menarik dan juga memiliki kualitas bagus? Nah dengan facebook ini tentu kamu akan dimudahkan dengan adanya gambar yang tetap berkualitas ketika diupload.

Facebook Memiliki Fanpage

Salah satu kelebihan dari facebook ini adalah adanya fitur fanpage untuk berjualan. Jika kamu sudah memiliki akun facebook kamu bisa membuat fanpage untuk berjualan tanpa membuat akun baru. Melalui fanpage ini kamu bisa membuat lapak untuk berjualan, kamu pun bisa mengupload gambar produk dan juga menyelipkan deskripsi produk tersebut.

Kamu pun bisa mengundang pengguna lain untuk like da mengikuti fanpagemu. Kemudian kamu juga bebas memposting konten produkmu tanpa tercampur dengan konten pribadimu. Dan yang lebih menarik lagi jumlah pengikut fanpage tidak terbatas. Dengan begitu kamu bisa mengumpulkan sebanyak – banyaknya para pengikut pengguna lain facebook.

Panjang Mengulas Detail Produk

Pada sosial media facebook ini kamu bisa mengulas informasi atau produk secara bebas tanpa terbatas karakter. Tentu ini akan memudahkan kamu untuk menulis dan menyampaikan pada konsumen tentang produk yang kamu jual secara jelas. Kamu bisa menjelaskan secara detail informasi produk, keunggulan, manfaat dan juga harga, cara pembelian dan lain sebagainya. Namun hal yang harus kamu perhatikan adalah buatlah konten gambar, video dan tulisan yang menarik.

Durasi Video Panjang

Facebook menjadi salah satu media yang paling favorit dari dulu hingga sekarang. Tentu salah satunya karena memiliki fasilitas untuk mengunggah video. Memang ini merupakan fitur standart untuk semua sosial media. Namun jika dibandingkan dengan sosial media lain facebook salah satu media yang bisa mengupload video dengan durasi yang cukup panjang.

Jika biasanya sosial media lain hanya mampu mengupload video dengan durasi pendek sekitar 15 detik hingga 1 menit saja. Lain halnya dengan facebook durasinya bisa lebih panjang dan tak terbatas. Dengan begitu kamu bisa membuat konten pada facebook yang lebih kreatif lagi dan juga menarik. Sehingga kamu bisa promosi membuat konten video dengan nyaman.

Banyak Fitur Facebook

Salah satu kelebihan dari sosial media facebook ini karena kecanggihannya. Sudah sejak tahun 2009 lalu facebook ini digunakan dan cukup populer. Namun dulu masih sebatas untuk kegiatan kegiatan pribadi. Semakin berkembang zaman dan canggihnya teknologi facebook mulai digunakan untuk berbisnis. Dari sinilah facebook semakin lengkap fiturnya, salah satunya adalah facebook ads.

Sama seperti sosial media lainnya facebook juga kini memiliki story yang mana para pelaku bisnis bisa menggunakanya untuk mempromosikan produknya melalui story yang memiliki durasi 24 jam. Melalui story ini tentunya tidak masalah jika para pelaku bisnis spam produk. Bahkan dengan mengguakan story ini postingan akan terlihat pada dinding luar dan tidak banyak tertimbun dengan postingan pengguna lain berbeda dengan feed.

Kekurangan Facebook Untuk Bisnis

Sama seperti dengan sosial media lainnya, facebook juga memiliki kekurangan dalam berbisnis. Begini beberapa kekurangan facebook untuk kegiatan bisnis.

Penjualan Hanya Mencapai FB

Apabila kamu hanya promosi dengan menggunakan facebook maka konsumen yang mengakses facebook saja yang akan mengetahui iklan produkmu. Terkhusus jika kamu hanya memiliki teman difacebook hanya 1000an maka kemungkinan hanya 1000 saja yang melihat iklanmu. Dan dari sekian banyak pengguna pastinya hanya 10-20% yang akan membeli. Ada kemungkinan pula jika dari sekian pengguna atau teman facebook ada yang sudah tidak aktif lagi.

Tidak Ada Fitur Pencarian Konten

Berbeda dengan sosial media seperti instagram yang sedang booming, kelemahan dari sosial media facebook ini karena tidak adanya fitur pencarian konten sehingga untuk menemukan produk yang dikehendaki akan sulit. Pada facebook hanya menyediakan fitur pencarian akun, grup, pengguna lain, dan halam fanpage. Sehingga untuk mencari produk yang dikehendaki pengguna lain harus mengetahui betul nama fanpage baru masuk pada halaman profil. Atau harus mencari satu per satu yang tentu akan memakan banyak waktu.

Postingan Cepat Tenggelam

Banyaknya para pengguna facebook dan teman yang mencapai hingga ribuan berkemungkinan postigan iklan produkmu akan tenggelam. Tentu karena facebook banyak untuk kegiatan pribadi menulis status. Setiap jamnya pasti ada saja yang mengupdate status.

Bahkan satu orang saja bisa mengupadate status 2-3x dalams sehari. Tentunya iklan postingan kamu akan tenggelam. Untuk mengatasi agar postinganmu tetap berada diatas haruslah diakali dengan adanya komentar dipsotinganmu. Namun jika terlalu banyak spam komentar tentu akan membuat kurang nyaman pula.

Nah sekian ulasan kita mengenai facebook beserta kekurangan dan kelebihannya untuk kegiatan bisnis. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang pemasaran online, atau sosial media online yang akan kita bahas sampai tuntas. Dan pantengin terus artikel terbaru lainnya yang membahas tentang ide bisnis, peluang bisnis dan masih banyak lagi.

Sumber gambar : https://goinstanet.wordpress.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba