Bisnis Fashion Modal Kecil Untungnya Gak Main-Main!

Bisnis fashion modal kecil bisa dilakukan oleh siapa saja. Buat kamu yang pemula atau memang sudah punya pengalaman menjalankan bisnis sebelumnya. Bisnis fashion modal kecil bisa dimulai dengan hanya 1 jutaan saja. Sistem bisnis fashion modal kecil ini sudah tentu menggunakan sistem reseller. Meski bisnis fashion dengan sistem reseller kamu tetap akan mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Bisnis Fashion Modal Kecil Untungnya Gak Main-Main!
Redaksi Bisnis UKM

Tips Memulai Bisnis Fashion Modal Kecil

Memulai bisnis fashion memang tidak semudah yang dipikirkan tapi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Perlu persiapan dan strategi bisnis yang tepat untuk menjalankan bisnis fashion supaya bisa bersaing di pasaran. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas tips untuk memulai bisnis fashion modal kecil. Simak selengkapnya di sini!

1. Tes Pasar

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah melakukan tes pasar di mana dengan melakukan tes pasar kamu bisa mengetahui dan menganalisa pasar. Seperti baju model seperti apakah yang banyak diminati oleh konsumen atau permintaannya banyak di pasaran. Tes pasar juga bisa dilakukan dengan riset sederhana misalnya dengan menanyakan ke orang-orang terdekat kamu seperti teman atau keluarga. Dalam melakukan riset sederhana ini kamu akan menghasilkan data untuk kamu jadikan pertimbangan siapa segmen pasar kamu, produk apa yang akan kamu jual, dan penyesuaian harga jual produk.

2. Tentukan Produk Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya setelah mengantongi data dari hasil riset sederhana, tentukan produk fashion yang akan kamu jual. Misalnya segmen pasar kamu adalah anak-anak remaja maka sesuaikan juga harga jualnya. Remaja adalah segmen pasar yang belum punya penghasilan sendiri, mereka masih mengkamulkan uang pemberian orang tua untuk memenuhi kebutuhannya. Maka harga jualnya juga harus disesuaikan dan terjangkau. Untuk model bajunya sudah pasti kamu harus mengikuti tren fashion di kalangan anak-anak remaja.

3. Pahami Produk

Ketika sudah mementukan segmen pasar dan produk fashion apa yang akan kamu jual, selanjutnya kamu juga harus memahami betul produk apa yang kamu jual. Kamu bisa melakukan analisa SWOT atau Strenght, Weakness, Oportunity, and Treat. Melalui analisa tersebut kamu bisa memahami dengan betul bagaimana kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman produk fashion yang kamu jual di pasaran. Dari analisa tersebut kamu juga bisa menyusun strategi untuk mengantisipasi ancaman dan kelemahan produk di tengah ketatnya persaingan dengan kompetitor bisnis fashion.

Redaksi Bisnis UKM

4. Temukan Agen yang Tepat

Memulai bisnis fashion modal kecil 1 jutaan menggunakan sistem reseller. Maka dari itu kamu harus menemukan agen atau supplier yang tetap untuk bisnis fashion yang kamu jalankan. Carilah agen yang berkualitas dan terpercaya. Untuk lebih menekan biaya pengiriman produk kamu bisa mencari agen yang ada di sekitar tempat kamu tinggal. Dengan menjadi reseller dari agen atau supplier maka kamu akan mendapatkan potongan harga yang lumayan besar dan tentu saja hal ini menguntungkan. Sudah banyak supplier atau agen yang menerapkan sistem ini kepada mereka yang ingin menjalankan bisnis fashion modal kecil.

5. Sediakan Stok yang Beragam

Mengembangkan bisnis fashion modal 1 jutaan tentu saja harus memiliki stok barang yang cukup. Jangan hanya menyediakan stok masing-masing 1 baju, usahakan untuk memiliki setidaknya lebih dari 1 baju per jenis. Stok barang sangat diperlukan ketika konsumen kamu ingin membeli banyak baju dari 1 jenis baju yang ada. Semakin beragam stok produk baju yang kamu sediakan, makin banyak juga pilihan produk yang bisa dibeli oleh konsumen.

6. Konsep Bisnis Fashion

Kamu harus menentukan bagaimana konsep bisnis fashion yang kamu jalankan. Misalnya kamu memadukan konsep bisnis fashion secara online dan offline. Keduan konsep ini memiliki keunggulan masing-masing dari strategi pemasarannya. Untuk konsep bisnis fashion offline kamu bisa memanfaatkan rumah atau tempat tinggal kamu sebagai storenya. Kalau konsep bisnis online sudah pasti kamu harus memanfaatkan multiplatform. Mulai dari media sosial sampai market place.

Redaksi Bisnis UKM

Tips Mengembangkan Bisnis Fashion Online

Menjalankan bisnis fashion dengan memanfaatkan toko online atau online shop memang sangat diminati pada saat ini. Hal ini dikarenakan bisnis online lebih mudah ditekuni pada masa sekarang daripada bisnis secara offline. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memang ingin mengembangkan bisnis fashion secara online. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Nama Bisnis Online Shop

Sebelum memasarkan produk bisnis fashion secara online, kamu harus menentukan terlebih dahulu nama toko online atau online shop kamu. Pastikan untuk memilih nama yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh konsumen. Layaknya toko offline, toko online pun harus diberi nama agar mempermudah konsumen dalam proses transaksi pembelian.

2. Logo Bisnis Online Shop

Selain nama, logo juga diperlukan untuk bisnis online shop. Logo juga berfungsi sebagai identitas bisnis online shop. Desain logo baiknya juga dibuat semenarik mungkin dan pastikan untuk meletakkan nama bisnis online shop kamu di logo tersebut. Dengan begitu logo kamu tidak akan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu logo bisnis juga berfungsi untuk branding produk. Kamu bisa memiliki plastik fashion atau paper bag untuk produk yang kamu jual.


3. Deskripsi dan Gambar Produk

Kamu harus lihat dalam menyusun kata-kata untuk mendeskripsikan baju yang akan dipasarkan. Deskripsi yang menarik tentu saja akan membuat konsumen berminat. Selain itu, deskripsi barang juga harus detail dan lengkap, seperti harga, ukuran, warna, dan lain-lain. Selain deskripsi, gambar produk juga harus menarik dan terpercaya. Kebanyakan konsumen akan lebih percaya dengan gambar barang secara real untuk menghindari penipuan online. Baiknya kamu juga harus menempelkan watermark nama online shop kamu di setiap foto produk yang diupload. Supaya tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Perbandingan dengan Kompetitor

Kamu perlu melakukan perbandingan harga dengan tujuan agar bisnis online shop yang kamu kelola tidak ditinggalkan oleh konsumen karena harganya mahal. Sebagai pelaku bisnis fashion cobalah untuk menawarkan produk kamu dengan harga yang bisa lebih dijangkau oleh berbagai kalangan. Sehingga bisnis fashion kamu tetap bisa bersaing di pasaran dan bisa semakin berkembang.

5. Gunakan Multiplatform untuk Pemasaran Bisnis Fashion

Penggunakan multiplatform memang dianggap paling efektif bagi para pebisnis online. Di era teknologi yang semakin canggih ini, hampir semua orang memiliki akun sosial media, seperti Facebook dan Instagram. Inilah mengapa sosial media memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis online. Selain media sosial kamu juga perlu memanfaatkan market place untuk memasarkan produk fashion yang kamu jual.

Itulah ulasan mengenai bisnis fashion modal kecil yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai bisnis fashion. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ! Ikuti terus artikel tentang usaha menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba